Pengertian Nilai Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Hello gays, kembali lagi dengan saya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah artikel yang berisi tentang Nilai. Mulai dari pengertian nilai secara umum sehingga pengertian nilai menurut para ahli.

Baiklah, mari kita simak dan baca dengan seksama penjelesan tentang pengertian nilai menurut umum dan para ahli berikut ini !

Pengertian Nilai Secara Umum

Pengertian nilai secara umum, adalah suatu alat yang memberikan suatu alasan utama bahwa cara melakukan atau keadaan akhir tertentu lebih di minati secara sosial jika di bandingkan dengan cara melakukan atau keadaan akhir yang berlainan atau saling menyimpang.

Pengertian Nilai Secara Umum Dan Menurut Para Ahli
Pengertian Nilai Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Dalam suatu nilai pasti terdapat unsur pertimbangan yang berkaitan dengan ide-ide individu manusia tentang suatu hal yang di inginkan, baik, maupun benar. Jika kita lihat Nilai akan memberikan pengaruh yang sangat besar di dalam sikap dan perilaku seseorang.

Pengertian Nilai Menurut Ahli

Selain pengertian nilai secara umum, ada juga pengertian nilai menurut para ahli dalam bidangnya. Para ahli tersebut sudah memberikan definisi atau pengertian nilai dengan sudut pandang yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah definisi nilai menurut para ahli tersebut :

Notonagoro

Berdasarkan pendapatnya definisi nilai adalah suatu hal yang mempunyai tiga unsur utama, yaitu nilai rohani, nilai vital, dan nilai materil.

Danandjaja

Pendapat Danandjaja tentang definisi nilai ialah suatu pengertian yang ada pada seseorang mengenai suatu hal yang lebih penting maupun hal yang tidak terlalu penting, yang baik atau yang kurang baik, serta yang benar ataupun yang salah sekalipun.

Horrocks

Definisi nilai menurut Horrocks ialah suatu yang bisa membuat individu atau organisasi sosial memberikan keputusan tentang apa yang ingin diraih atau sebagai suatu yang diperlukan.

Mulyana

Definisi nilai menurutnya yaitu suatu keyakinan dan rujukan yang berguna untuk membuat suatu keputusan.

Spranger

Menurut pendapat Spranger, definisi nilai yaitu sebuah tatanan yang dapat di gunakan sebagai panduan oleh seseorang untuk membandingkan dan membuat pilihan alternatif dalam kondisi sosial tertentu.

Gordon Allport

Definisi nilai adalah suatu keyakinan yang dapat memberikan pengaruh kepada individu untuk melakukan suatu tindakan yang sesuai dengan pilihannya.

Kluckhohn

Berdasarkan pendapatnya definisi nilai adalah suatu konsepsi dari sesuatu yang kita inginkan dan dapat memberikan pengaruh kepada seseorang untuk memilih tindakan terhadap tujuan dan cara yang ingin dicapai.

Purwodarmito

Nilai dapat di jelaskan menjadi lima hal diantaranya adalah harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu kualitas, dan juga sifat-sifat penting.

Baca Juga : Pengertian Ham Menurut Umum

Koentjaraningrat

Nilai adalah suatu bentuk budaya yang mempunyai fungsi sebagai sebuah pedoman bagi setiap manusia dalam masyarakat. Bentuk budaya ini di kehandaki dan bisa juga di benci, tergantung dari pada anggapan baik dan buruknya dalam masyarakat.

Alvin L Bertrand

Nilai ialah kesadaran yang disertai gagasan atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini bisa baik dan bisa juga buruk. Oleh karenanya setiap masyarakat harus mampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang di jalaninya.

Robert Lawang

Nilai adalah gambaran mengenai apa yang di inginkan, berharga, pantas, dan juga dapat memengaruhi perilaku sosial setiap individu yang memiliki nilai tersebut. Nilai ini juga menjadi ceriminan serta menjadi pedoman tata tertip kehidupan masyarakat.

Karel J. Veeger

Nilai adalah suatu kiteria yang di berikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang di lakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat di berikan pemahaman bahwa di pertimbangkan berdasarkan moral.

Hendropusptio

Nilai yaitu segala sesuatu yang masyarakat dapat hargai karena nilai mempunyai daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.

Nursal Luth dan Dainel Fernandez

Menurutnya nilai ialah perasaan-perasaan tentang apa yang di inginkan atau tidak di inginkan yang memengaruhi perilaku sosial dari orang yang mempunyai nilai itu. Nilai bukanlah soal benar atau salah,akan tetapi soal di kehendaki atau tidak,di senangi atau tidak. Nilai juga merupakan kumpulan sikap dan perasaan-perasaan yang selalu di perlihatkan melalui perilaku oleh manusia.

Sidi Gazalba

Nilai ialah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah yang menuntut pembuktian empirik, melainkan penghayatan yang dikehendaki dan tidak di kehendaki.

Chabib Thoha

Menurutnya nilai merupakan sifat yang melekat pada sesuatu (sistem kepercayaan) yang telah berhubungan dengan subjek yang memberi arti (manusia yang meyakini). Jadi nilai ialah sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia sebagai acuan tingkah laku.

Laboratorium Pancasila IKIP Malang

Pengertian nilai ialah sesuatu yang berharga, berguna, indah, yang memperkaya batin, dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mengarahkan sikap, mendorong, dan perilaku manusia.

Soerjono Soekanto

Nilai ialah konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini di kerenakan nilai dapat dianggap baik dan dapat pula dianggap sebagai jelek. Karena nilai baik selalu menjadi simbul kehidupan yang dapat mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan dampak yang berarati seperti halnya dampak yang terjadi pada konflik.

Wood

Nilai ialah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, petunjuk ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, yakni nilai baik dan buruk.

Demikianlah artikel tentang pengertian nilai secara umum dan menurut para ahli lengkap, semoga bermanfaat buat kamu.

(Visited 86 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *