Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Pengertian Musik Ansambel, Jenis Serta Fungsinya

2 min read

Pengertian Musik Ansambel, Jenis Serta Fungsinya

Pengertian Musik Ansambel, Jenis Serta Fungsinya – Hay gays berjumpa lagi dengan mimin, pada kesempatan kali ini mimin mau menjelaskan tentang pengertian musik ansambel. Tapi bukan hanya pengertiannya aja ya gays, tapi jenis-jenisnya, serta fungsinya ya.. Langsung aja yuk simak penjelasan berikut ini !

Pengertian Musik Ansambel

Kata Ansambel berasal dari bahasa Perancis yaitu “ensamble”, yang artinya bersama-sama. Dari pengertian di atas, kata ansambel bisa diartikan permainan musik secara bersama-sama, baik menggunakan alat musik sejenis, maupun alat musik campuran.

Pengertian Musik Ansambel, Jenis Serta Fungsinya
Pengertian Musik Ansambel, Jenis Serta Fungsinya

Musik ansambel bukan hanya sekedar membunyikan alat musik secara bersama-sama, namun bunyi yang diatur keselarasannya dengan membaca partitur. Ansambel musik ialah penyajian musik secara bersama-sama dengan beberapa alat musik, yang di bunyikan secara harmonis kemudian alat musik yang di gunakan adalah non elektrik. Dalam penyajian alat musik ansambel memerlukan seorang deligent atau konduktor sebagai pemimpin agar lebih kompak.

Baca Juga : Pengertian Seni Teater, Unsur-Unsurnya Serta Jenis-Jenis Seni Teater

Jenis Musik Ansambel Dan Penjelasannya

Musik ansambel dapat di kelompokan menjadi tipe 3 macam/jenis.. Adapun 3 macam pengelompokan musik ansambel ialah tergolong berdasarkan penyajian musiknya, berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik dan berdasarkan golongan alat musiknya. Berikut penjelasannya :

Berdasarkan penyajiannya

Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel di kelompokkan menjadi 2 yaitu :

Musik ansambel sejenis

Musik ansambel homogen yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang memakai alat-alat musik sejenis. Contoh dan Penjelasan musik ansambel homogen yaitu ansambel rekorder.

Musik ansambel campuran

Ialah bentuk penyajian musik ansambel yang memakai beberapa jenis alat musik atau majemuk jenis alat musik. Contoh dan Penjelasan musik ansambel campuran adalah pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin dan juga simbal.

Berdasarkan peranan dan fungsinya

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang di gunakan musik ansambel di kelompokkan menjadi 3 macam yaitu :

Ansambel melodis

Adalah alat musik yang dipakai berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang ialah melodi lagu. Contoh dan Penjelasan ansambel melodis yaitu piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin dan harmonica.

Ansambel ritmis

Ialah alat musik yang dipakai berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh dan Penjelasan ansambel ritmis yaitu tamborin, drum set, triangle, gong dan gendang.

Ansambel harmonis

Ialah alat musik yang dipakai berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu.

Berdasarkan golongannya

Berdasarkan golongan alat musik, ansambel dibagi menjadi 2 macam yaitu di lihat dari aspek sumber bunyi, cara memainkan dan peranannya dalam musik ansambel.

Sumber bunyi

Akrofon

Akrofon ialah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang ada. Contoh dan Penjelasan akrofon adalah seruling dan terompet.

Membranofon

Membranofon yaitu alat musik yang mendapat sumber suara dari plastik. Contoh dan Penjelasan membranofon adalah gendang, rebana dan drum.

Kordofon

Kordofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya didapatkan dari dawai atau tali. Contoh dan Penjelasan kordofon adalah gitar, kecapi dan biola.

Idiofon

Idiofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya terletak di suara alat itu sendiri apabila dimainkan. Contoh dan Penjelasan idiofon adalah angklung dan gong.

Elektrofon

Elektrofon yaitu alat musik yang bunyinya bersumber di tegangan listrik. Contoh dan Penjelasan elektrofon adalah organ listrik dan gitar listrik.

Cara dan metode memainkan alat musik

Dipukul

Contoh dari  alat musik yang dipukul adalah drum, bongo, gendang dan saron.

Dipetik

Contoh dari alat musik yang dipetik adalah gitar dan kecapi.

Ditiup

Contoh dari alat musik yang ditiup adalah terompet, seruling dan klarinet.

Digoyangkan/digetarkan

Contoh dari alat musik yang digoyangkan/digetarkan adalah angklung.

Digesek

Contoh dari alat musik yang digesek adalah biola, rebab dan selo.

Fungsi Musik Ansambel

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang di gunakan, musik ansambel di kelompokan menjadi 3 macam :

Kelompok alat musik Ritmis

Alat musik ritmis berfungsi untuk memberikan irama misalnya alat musik Triangel, gendang dan ketipung.

Kelompok alat musik Melodis

Alat musik melodis ialah alat musik yang berfungsi membawakan melodi suatu lagu. Oleh karena itu , alat musik ini mempunyai nada–nada sehingga dapat mengeluarkan rangkaian nada misalnya alat musik Rebab dan Mandalion.

Kelompok alat musik Harmonis

Alat musik Harmonis ialah lat musik yang berfungsi sebagai pengiring dan dpat mengeluarkan paduan nada sekaligus. Contohnya alat musik Sampek dan Sasando.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian musik ansambel, jenis serta fungsinya. Semoga bermanfaat untuk kamu.

“Pengertian Musik Ansambel, Jenis Serta Fungsinya”

(Visited 4.966 times, 1 visits today)
Loading...
Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *