Pengertian Molekul, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Diposting pada
Loading...

Hello sobat  Idpengertian.com senang sekali rasanya saya bisa menyapa kalian semua. Sobatku, kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Molekul, yuk  simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Molekul, Jenis Dan Contohnya Lengkap
Pengertian Molekul, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Molekul

Definisi Molekul adalah kumpulan dua atom atau bahkan lebih yang ada di dalam suatu susunan tertentu yang terikat oleh gaya kimia atau ikatan kimia. Molekul terbentuk dari adanya dua atom atau bahkan lebih yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dan juga memiliki unsur-unsur yang sama, misal O2 yang ada pada sebuah oksigen atau pada atom yang mempunyai unsur yang berbeda yang sering di sebut dengan sebutan molkul senyawa. Contoh H2O yang terdiri dari dua atom H dan juga satu atom yaitu O. Atom-atom itu harus berhubungan dengan kuat, sebab atom yang tidak kovalen tidak akan bisa di anggap sebagai molekul tunggal. Molekul juga sering di sebut sebagai salah satu dari bagian atom yang paling kecil dan tidak bisa di pecahkan dari senyawa kimia. Dan terdiri dari dua atom atau bahkan lebih yang berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Molekul unsur

Adalah suatu molekul yang terbentuk atau berasal dari hasil kombinasi unsur atau atom yang satu jenis. Molekul unsur pada intinya merupakan molekul yang terdiri dari satu jenis atom atau unsur saja. Di samping itu, molekul unsur sendiri saling berkaitan dengan jumlah unsur penggabung yang di gunakan.

Dan dengan kata lain, Molekul Unsur hanya memiliki satu jenis unsur/ atom saja. Kemudian berbicara mengenai Molekul Unsur, ternyata ada penamaan tersendiri mengenai jumlah unsur penggabungnya.

  • Dwiatom : Molekul yang terbentuk dari 2 atom
  • Kemudian Triatom : Molekul yang terbentuk dari 3 atom
  • Dan Tetraatom : Molekul yang terbentuk dari 4 atom

Untuk molekul yang terdiri dari 3 atau lebih atom, sering di sebut dengan molekul poliatomik.

Baca Juga : Pengertian Ikatan Kimia

Contoh Molekul Unsur
  • O2 (Oksigen)
  • O3 (Ozon)
  • P4 (Posfor)
  • N2 (Nitrogen)
  • H2 (Hidrogen)

Molekul senyawa

Lain halnya dengan molekul unsur, pengertian molekul senyawa sendiri adalah molekul yang terbentuk dari beberapa unsur atau atom. Definisi molekul senyawa lainnya adalah molekul yang di hasilkan dari penggabungan unsur atau atom dengan jenis yang berbeda. Jika penamaan molekul unsur sangat sederhana karena terdiri dari banyaknya unsur atau atom yang di gunakan. Penamaan molekul senyawa sedikit lebih rumit karena terdiri dari beberapa unsur berbeda yang di jadikan satu.

Contoh Molekul Senyawa
  • CO2 (Karbon Dioksida), CO2 merupakan hasil penggabungan 1 atom Karbon dan dua atom Oksigen. Dan di sini kita bisa lihat bahwa atom H berbeda dengan atom O.
  • Pada CO (Karbon Monoksida), Terdiri dari 1 atom Karbon dan 1 atom Oksigen.
  • H2O (Air), Terdiri dari 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen.
  • CO(NH2)2 (Urea), Terdiri dari 1 atom karbon, 1 atom Oksigen, 2 atom N, dan 4 atom Hidrogen.
  • Pada CaO (Kalsium Oksida), Terdiri dari 1 atom Kalsium dan 1 atom Oksigen.
  • C6H12O6 (Gula/Glukosa), Terdiri dari 6 atom karbon, 12 atom Hidrogen, 6 atom Oksigen.
  • CaCO3, Terdiri dari 1 atom Kalsium, 1 atom Karbon dan 3 atom Oksigen.
  • H2SO4, Terdiri dari 2 atom Hidrogen, 1 atom Sulfur (Belerang), dan 4 atom Oksigen.
  • NH3 (Amonia), Terdiri dari 1 atom N dan 3 atom Hidrogen.
  • HCL (Hidrogen Klorida)

Dan contoh lain dari Molekul dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja pada saat kita bernapas. Kemudian pada proses respirasi (bernapas), kita melibatkan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa tanpa kita sadari. Adapun Reaksi Kimianya yaitu :

C6H12O6 + 6O2 —– > Energi + 6CO2 +6H2O

Pada Zat Makanan (Glukosa) + Oksigen —– > Energi + Karbondioksida + Uap Air

Dan reaksi kimia di atas menunjukkan bahwa proses respirasi memerlukan oksigen untuk menguraikan glukosa yang terdapat pada zat makanan (karbohidrat) menjadi uap air, karbondioksida dan energi. Energi inilah yang di gunakan untuk melakukan aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Molekul hari ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua ya, terima kasih.

(Visited 1.506 times, 19 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *