Pengertian Marketing Mix Fungsi Dan Tujuannya

Posted on

Hay sobat pernahkah kamu mendengar kata kata marketing mix? Jika kalian pernah sekolah menengah kejuruan dan kalian mengambil jurusan pemasaran, tentunya kalian faham apa itu marketing mix.

Namun jika kalian belum faham tentang apa itu marketing mix mari simak Pengertian Marketing Mix Fungsi Dan Tujuannya dibawah ini yang akan saya bahas.

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah strategi pemasaran yang di lakukan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam melaksanakan elemen strategi yang terdapat dalam marketing Mix itu sendiri.

Pengertian marketing mix lainnya Menurut seorang pakar yang bernama Kotler dan Amstrong, juga mengatakan bahwa marketing mix adalah sekumpulan variabel – variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan.

Contoh Marketing Mix Fungsi Dan Tujuannya

Tentunya pengertian mix banyak sekali versinya menurut para pakar marketing dunia. Namun kesimpulannya adalah kita mengetahui bahwa marketing mix adalah strategi pemasaran yang mempunyai beberapa variabel didalamnya dan dapat kita jalankan untuk bisnis kita dengan menjalankannya secara bersamaan atau gabungan.

Komponen Marketing Mix

Di dalam menjalankan marketing mix, terdapat komponen-komponen utama. Komponen-komponen pokok marketing mix terdiri dari 4 (empat) variable, atau yang dikenal dengan istilah 4P dan ada lagi sebagai tambahan yaitu 3P. Apa itu 4P dan 3P? Simak penjelasan berikut ini :

Product (Produk)

Secara teori produk merupakan segala bentuk hasil usaha  yang di tawarkan ke pasar untuk di gunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jika kamu ingin sukses menjalankan strategi marketing mix, kamu harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas dan keunikan tersendiri. Dengan seperti itu, produk atau jasa kamu secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasaran.

Price (Harga)

Harga yang dimaksud adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh user atau klien kamu untuk mendapatkan produk yang kamu tawarkan. Dengan kata lain, seseorang akan menggunakan jasa atau membeli produk yang kamu tawarkan, jika pengorbanan yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang dia ingin dapatkan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Terkait poin ini, fokus kamu adalah bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan atau calon pembeli potensial merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia dapat.

Place (Tempat)

Konsep ini berfokus pada tempat atau lokasi di mana perusahaan kamu berdiri. Di mana, semakin strategis tempat bisnis kamu, maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis kamu, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

Promoyions (Promosi)

Strategi marketing mix ini lebih berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana cara memasarkan produk, media apa yang digunakan, dan sebagainya. Promosi merupakan salah satu strategi marketing yang mempunyai tujuan sebagai berikut :

  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
  • Mengomunikasikan produk baru.
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang sudah dikenal secara luas.
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.
  • Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk.
  • Memotivasi konsumen agar membeli suatu produk.

Setelah pengertian 4P saya akan menjelaskan penjelasan lanjutan dari 4P yaitu 3P. Apa saja poin-poin yang termasuk dalam teknik lanjutannya? Simak berikut ini :

Participants (Orang)

Faktor sumber daya manusia sangat menentukan sekali maju atau tidaknya sebuah perusahaan. Tak dapat kita pungkiri bahwa faktor ini berperan sangat penting dalam membuat suatu kemajuan atau bahkan kemunduran dari suatu perusahaan.

Inilah mengapa berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mencari kandidat pekerja terbaik, bahkan mereka rela membayar lebih untuk menyewa pihak pencari kerja independen yang sudah ahli dalam mencarikan kandidat pekerja bagi perusahaan.

Pertanyaan-pertanyaan terkait, apakah karyawan tersebut mempunyai performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya, semua itu akan ikut membantu kesuksesan sebuah perusahaan jasa di pasaran.

Faktor penting lainnnya dalam sumber daya manusia adalah attitude dan motivasi dari karyawan dalam industri jasa. Attitude dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan juga tutur kata.

Sedangkan motivasi akan menentukan sejauh apa karyawan ingin atau menyukai pekerjaan yang akan dilakukan nanti.

Process (Proses)

Proses di sini mencakup bagaimana cara perusahaan melayani permintaan setiap konsumennya, mulai dari konsumen memesan (order) sampai akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Beberapa perusahaan tertentu biasanya mempunyai cara yang unik atau khusus dalam melayani konsumennya. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas open kitchen, di mana konsumen dapat melihat setiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan.

Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Tampilan fisik tempat usaha juga akan menjelaskan bagaimana penataan bangunan dari suatu perusahaan. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, desain ruangan yang menarik perhatian, lightning system yang menarik, dan lain sebagainya.

Tentunya perusahaan akan menyadari bahwa penataan bangunan di suatu perusahaan tentu akan memengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terkesan berantakan pasti akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut.

Seharusnya bangunan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga dapat memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran

Fungsi Marketing Mix

Berikut ini beberapa fungsi marketing mix pada perusahaan, diantaranya sebagai berikut ini:

Fungsi pertukaran

Dengan marketing, konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan produk atau melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.

Fungsi distribusi fisik

Distribusi fisik pada produk di lakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan di salurkan melalui darat, air maupun udara. Lalu penyimpanan produk tersebut dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.

Fungsi perantara

Marketing ini merupakan media perantara untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Dimana pada aktivitas fungsi perantara ini seperti  contohnya pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dan lain sebagainya.

Selain fungsi-fungsi di atas, marketing juga mempunyai fungsi-fungsi yang lain dari divisi marketing suatu perusahaan seperti berikut ini:

Marketing berperan sebagai sales

Berperan sebagai sales ini mempunyai maksud bahwa tugas utama marketing bisanya yaitu menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penawaran dan penjualan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Marketing berperan sebagai promosi

Berperan sebagai promosi ini mempunyai maksud bahwa marketing berfungsi untuk memperkenalkan perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada masyarakat luas, sehingga perusahaan dan produknya dapat dikenal.

Marketing sebagai riset dan pengembangan

Berperan sebagai riset dan pengembangan perusahaan ini mempunyai maksud bahwa marketing berfungsi sebagai penyerap berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada perusahaan yang berkaitan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung dalam eskalasi kualitas maupun penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Marketing berperan sebagai perwujudan konsep marketing communication

Selanjutnya marketing yang berperan sebagai perwujudan konsep marketing communication ini mempunyai maksud bahwa marketing dapat berperan untuk membuat atau menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat atau perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

Tujuan Marketing Mix

Setelah memahami pengertian marketing mix, komponen marketing mix danfungsi marketing mix, selanjutnya kita juga perlu mengetahui apa saja tujuan dari marketing mix ini. Beberapa tujuan bauran pemasaran diantaranya adalah:

Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam marketing mix. Tujuan utama dari periklanan ini ialah untuk memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.

Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan adalah kumpulan berbagai alat intensif yang di rancang untuk mendorong pembelian suatu barang/ jasa. Kegiatan inti sebagian besar berjangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang-ulang.

Tujuan sales promotion ini ialah untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara pemberian diskon, pengadaan kontes, pemberian kupon ataupun sampel produk.

Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing ialah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. Tujuan direct marketing ialah untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap target market potensial.

Contoh Marketing Mix

Produk

Contohnya kita menjual handphone, tentu baiknya kita juga menawarkan services nya bukan?

Price

Contohnya Membeli sebuah handphone dengan harga 5 juta pasti akan berbeda dengan membeli handphone dengan harga yang 1 juta. Jadi sesuaikan harga yang tepat untuk barang/produk yang akan kita jual.

Place

Contohnya kalau kita menjual rokok di pinggir jalan, tentu tetap bisa laku. Tetapi jika kita menjual sebuah parfum asli di pinggir jalan, maka orang akan bertanya apakah barang tersebut asli atau palsu?

Jadi, tempat mengambil peran penting dalam marketing mix. Jika barang – barang yang kamu tawarkan membutuhkan servis, misalnya seperti handphone dan komputer, maka ada baiknya bukalah juga services centernya di beberapa kota di Indonesia. Ini akan menunjukkan kesungguhan kamu dalam menjual produk setelah terjual. (jadi bukan hanya ambil untung saja)

Promotion

Contohnya bulan ini ada produk yang baru launching, maka ada baiknya anda membuat sebuah promosi bila perlu besar-besaran sehingga menancapkan Brand Awareness kepada seluruh masyarakat.

Process

Contohnya kita ingin menawarkan produk Asuransi, maka kita biasanya tidak akan langsung diterima. Tapi butuh banyak pertimbangan dari si calon nasabah asuransi kan?. Tentu bagi kita ini adalah proses bukan??? Nah, ikutilah proses tersebut agar kamu bisa diterima. Mungkin awalnya kamu akan ditolak, tetapi dengan kegigihan pasti anda akan berhasil.

People

Contohnya pada produk yang kamu miliki atau buat, maka ada orang-orang yang mempunyai bagiannya masing-masing. Misalnya produk tersebut adalah produk fashion. Maka ada desainer, ada penjahit, ada sales dan marketer, ada stylish dan masih banyak lagi yang lainya. Buatlah kerjasama yang baik sehingga pada saat penawaranya dan launchingnya berjalan dengan baik sekali.

Physical evidence

Contohnya kita menjual sebuah produk pemutih wajah dengan bungkusan yang menarik dan satu lagi tanpa bungkusan yang menarik. Pastinya respon orang yang melihatnya akan berbeda, dan itu berpengaruh kepada penjualan.

Demikian pengertian marketing mix fungsi dan tujuannya semoga bermanfaat untuk kalian semua.

(Visited 25 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *