Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Lengkap

Posted on

Hay gays kali ini saya akan mengulas pengertian manajemen menurut para ahli dan secara umum. Tentunya kata manajemen sudah tidak asing lagi buat kamu ya. Namun karena sangat banyak sekali pengertian-pengertian dari manajemen menurut para ahli diluar sana, saya hanya akan menuliskan beberapa saja dan saya yakin nantinya kamu dapat memahami dengan detail mengenai apa itu manajemen setelah membaca artikel ini. Mari kita simak pengertian berikut ini !

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Pengertian Menajemen Menurut Para Ahli

Para ahli dan pakar mempunyai pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa yang dimaksud dengan manajemen. Berikut ini pengertian manajemen menurut para ahli secara lengkap.

Encylopedia Of The Social Science

Pengertian manajemen adalah suatu proses yang di dalam pelaksanaan tujuanya ,direncanakan, dilaksanakan dan juga diawasi.

James A.F Stoner

Mengemukakan bahwa manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Mary parker follet

Definisi manajemen ialah suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain. Pengertian ini mempunyai arti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Henry Fayol

Pengertian manajemen adalah ilmu yang mengandung gagasan atau ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

Eiji Ogawa

Manajemen ialah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

Manullang

Menurutnya manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Joseph Massie

Pengertian manajemen adalah proses dimana kelompok yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

Wilson Bangun

Definisi manajemen ialah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

Lawrence A. Appley

Mengemukakan bahwa arti manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

Richard L.Daft (2002:8)

Definisi manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.

Lyndak F.Urwick

Manajemen adalah meramalkan, perencaan pengorganisiran , memerintahkan , pengkoordinasian serta pengontrollan.

Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39)

Manajemen yaitu merupakan suatu metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.

Peterson dan Plowman

Menurutnya manajemen adalah proses dimana cara tertentu digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Chaster Bernard

Manajemen ialah ilmu pengetahuan yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.

Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2)

Pengertian manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

Hani Handoko (2000:10)

Menurutnya pengertian manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

William H. Newman

Mengemukakan bahwa arti manajemen adalah ilmu tentang perilaku yang meliputi beberapa aspek sosial dalam konteks perencanaan.

Thomas H. Nelson

Pengertian manajemen adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

Gibson, Donelly, and Ivancevich

Manajemen ialah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.

Renville Siagian

Manajemen yaitu salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Definisi manajemen yakni  ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

Koontz

Pengertian manajemen ialah suatu seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.

Kimball and Kimball (1951)

Menurutnya manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

Robbins and Coulter

Manajemen ialah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain

Fredrik Winslow Taylor

Mengemukakan bahwa manajemen sebagai seni mengetahui apa yang ingin kamu lakukan, kemudian melihat bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan cara yang sebaik dan semurah mungkin.

The Liang Gie (1982)

Pengertian manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran

Pengertian Manajemen Menurut Umum

Secara umum pengertian manajemen mempunyai banyak sudut pandang dan presepsi. Namun secara global semua pengertian manajemen akan fokus pada hal yang penting yaitu pembuatan keputusan.

Kata manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu “manage” yang mempunyai arti mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan memimpin.

Di samping itu pengertian manajemen pada umumnya dapat di artikan sebagai sekumpulan proses untuk meraih tujuan pada organisasi melalui kerja bersama dan bekerja sama dengan sumber daya yang dimiliki organisasi.

Secara lebih spesifiknya pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Arti manajemen dapat juga dikatakan sebagai seni. Karena manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama tim. Dan mempunyai kemampuan untuk melihat integritas dan totalitas pada bagian yang terpisah pada satu naungan visi yang merupakan seni dari manajemen. Oleh sebab itu pengertian manajemen juga dapat dikatakan sebagai seni.

Di samping itu seni manajemen mencakup kemampuan visi tersebut. Dan berbagai aspek dalam manajemen seperti perencanaan, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan berhubungan dengan unsur manusia tentang cara pendekatan manajemen seni.

Kemudian pada tahap penerapan, manajemen memiliki subyek dan obyek. Subyek yaitu orang yang mengatur yang biasa disebut manajer. Sedangkan obyek ialah segala sesuatu yang diatur.

Pada intinya pengertian manajemen adalah sebagai ilmu. Karena manajemen merupakan ilmu yang sangat luas dan saling berhubungan dengan ilmu lain, seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia. Penerapan manajemen bisa digunakan pada manajemen organisasi bisnis, sistem informasi manajemen ataupun pada manajemen keseharian.

Demikian artikel tentang pengertian manajemen menurut para ahli dan secara umum, semoga bermanfaat untuk kamu semua.

(Visited 22 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *