Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

3 min read

pengertian manajemen menurut para ahli

Pengertian manajemen secara umum mempunyai banyak sudut pandang dan presepsi. Akan tetapi secara global ke semua pengertian manajemen akan fokus pada hal penting yaitu pembuatan keputusan.

Kata manajemen bersumber dari bahasa Inggris yaitu manage yang mempunyai arti mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan memimpin.

Pengertian manajemen umumnya dapat di definisikan sebagai sekumpulan proses untuk meraih tujuan pada organisasi melalui kerja bersama dan bekerja sama dengan sumber daya yang di punyai organisasi.

Secara lebih spesifik pengertian manajemen ialah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan sebelumnya.

pengertian manajemen menurut para ahli
pengertian manajemen menurut para ahli

Arti manajemen bisa di katakan sebagai seni. Manajemen yaitu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama tim. Kemampuan untuk melihat integritas dan totalitas pada bagian yang terpisah pada satu visi merupakan seni dari manajemen. Oleh karena itu pengertian manajemen juga bisa di katakan sebagai seni.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Definisi manajemen menurut para ahli ialah pengertian yang dikemukakan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang manajemen.

Definisi manajemen dari para ahli bisa di gunakan sebagai landasan bagi kita untuk memahami lebih jauh tentang kandungan dari manajemen.

George R. Terry

Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain. Manajemen adalah wadah di dalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen dapat di buktikan secara umum kebenarannya.

James A.F Stoner

Menurutnya Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang di tetapkan.

Ricky W. Griffin

Manajemen ialah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan bisa dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Henry Fayol

Manajemen ialah ilmu yang mengandung gagasan atau ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

Eiji Ogawa

Pengertian Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

John D. Millet

Dia berpendapat dalam bukunya yang berjudul “Managemen in the public service”, bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

Prajudi Atmosudirdjo

Pengertian Manajemen merupakan menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel

Dia menjelaskan apa itu manajemen dalam bukunya “The Principles of Management”, yaitu suatu cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.

Luther Gulick

Manajemen ialah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Joseph Massie

Pengertian Manajemen ialah proses dimana kelompok yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

Theo Haimann dan William Scott

Manajemen adalah proses sosio-teknikal yang memanfaatkan sumber daya, pengaruh, tindakan manusia dan fasilitas perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Karnadi Wargasasmita

Menurutnya Manajemen merupakan mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

Wilson Bangun

Manajemen ialah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang di lakukan oleh setiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

Drs. Oey Liang Lee

Manajemen ialah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Lawrence A. Appley

Manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

Lyndak F.Urwick

Manajemen ialah meramalkan/forecasting, perencaan pengorganisiran / planning orga-nizing, memerintahkan / commanding, pengkoordinasian / coordinationg serta pengontrollan / controlling.

Hilman

Pengertian Manajemen ialah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

Dr. Ahuja

Manajemen merupakan pihak-pihak yang menawarkan/ menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Prinsip Dan Tujuannya

Chaster Bernard

Pengertian Manajemen adalah ilmu pengetahuan yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.

Cyril O’donnel

Dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management”, di jelaskan bahwa definisi manajemen ialah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang di lakukan melalui dengan orang-orang lain.

William H. Newman

Arti manajemen ialah ilmu tentang perilaku yang meliputi beberapa aspek sosial dalam konteks perencanaan.

Thomas H. Nelson

Manajemen ialah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

Gibson, Donelly, and Ivancevich

Pengertian Manajemen adalah proses yang di lakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak bisa dicapai oleh orang itu sendiri.

Renville Siagian

Manajemen merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Manajemen yaitu ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

Koontz

Pengertian manajemen ialah suatu seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.

Robbins and Coulter

Manajemen merupakan proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain

Dr. Sp. Siagian

Dalam buku “Filsafat Administrasi”, manajemen bisa di definisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian manajemen menurut para ahli. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami apa itu manajemen.

(Visited 276 times, 1 visits today)
Loading...
Rofiana Fika Sari Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *