Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Makna Sila Pancasila Dan Contohnya Lengkap

2 min read

Pengertian Sila Panca Sila

Pengertian Makna Sila Pancasila Dan Contohnya Lengkap – Hello sahabat Idpengertian.com yang di lindungi Tuhan YME. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang Pengertian Makna Sila Pancasila Dan Contohnya. Oke, mimin kasih penjelasan sedikit tentang pancasila ya gaes. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa dan suatu dasar dari Negara Republik Indonesia. Juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan NKRI. Maka manusia indonesia menjadikan pengalaman pancasila sebagai perjuangan utama dalam kemasyarakatan dan kehidupan kenegaraan. Nah, karena kalian udah pada tahu nih apa itu pancasila, sekarang kita lanjut ke pokok pembahasan di bawah ini.

"<yoastmark

Pengertian Makna Sila 1 Serta Contohnya

Pengertian Makna Sila Pancasila yang pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan bentuk keyakinan yang berpangkal dari kesadaran  manusia sebagai mahlik Tuhan. Selain itu, sila pertama pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa ini mempunyai beberapa makna yaitu:

  • Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Kebebasan dalam memeluk agama berdasarkan keyakinan.
  • Toleransi antar umat beragama
  • Kebebasan dalam menjalankan ibadah menurut kepercayaan.

Contoh Sila Pertama dalam kehidupa sehari-hari:

  1. Percaya dan takwa kepada Tuhan YME sesuai dengan ajaran agama yang di anut oleh masing-masing individu.
  2. Menjalankan perintah agama sesuai dengan syariat atau ajaran yang di anut oleh masing-masing individu.
  3. Saling hormat-menghormati antar umat beragama.
  4. Tidak memaksakan kehendak seseorang memeluk agamanya.

Artikel terkait:

Penjelasan Makna Sila 2 Dan Contohnya

Sila kedua atau sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap ini mengandung cita-cita kemanusiaan yang lengkap yang bersumber pada hakikat manusia. Adapun makna pancasila sila kedua antara lain sebagai berikut:

  • Mengembangkan sikap tenggang rasa
  • Saling mencintai sesama manusia
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
  • Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan atau kegiatan sosial
  • Tidak semena-mena terhadap orang lain
  • Berani membela kebenaran dan keadilan
  • Mampu melakukan yang baik demi kebenaran
  • Menjaga kepercayaan orang lain
  • Ramah tamah dalam bermasyarakat

Contoh Sila Pertama dalam kehidupa sehari-hari:

  1. Menghargai setiap perbedaan di tengah masyarakat yang terdiri dari banyak suku, agama, ras, dan adat istiadat.
  2. Senantiasa menjaga kesopanan, kehalusan dan kebaikan budi pekerti kita dalam berbagai kondisi.
  3. Tidak melakukan diskriminasi pada siapapun yaitu pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara, entah perbedaan karena tingkat pendidikan, kondisi ekonomi dan lain sebagainya.
  4. Berani untuk menyampaikan kebenaran dan menegur kesalahan dari seseorang sesuai dengan adap yang berlaku di tengah masyarakat.
  5. Menjaga keseimbangan dalam hal pelaksanaan hak dan kewajiban. Dan jangan sampai hak dan kewajiban kita mencederai hak dan kewajiban orang lain.

Makna Sila Ke 3 Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sila ketiga Pancasila berbunyi Persatuan Indonesia. Bunyi dari sila ini tentunya mempunyai makna sila pancasila tersendiri bagi kehidupan masyarakat indonesia. Berikut ini beberapa makna yang terkandung dari sila ketiga pancasila tersebut diantaranya:

  • Persatuan bangsa adalah perioritas utama.
  • Pengorbanan diri untuk persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Pemeliharaan terhadap ketertiban umum.
  • Menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  • Pengertian Sila Ke 3 Dalam Dunia Internasional

Pengertian sila ke tiga dalam dunia internasional Adalah senantiasa menjalankan tata tertib maupun hukum yang berlaku di dunia serta  memperiotaskan agar terjaganya persatuan.

Arti Dari Sila Ke 4 Dalam Pancasila

Sila ke empat atau Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan dari pancasila ini mempunyai arti bahwa mewakili semangat demokrasi yang menjadi bentuk pemerintahan di negara indonesia. Suatu sistem demokrasi yang dijalankan di indonesia pun berbeda dengan yang ada di luar sana. Saat ini Indonesia menggunakan sistem demokrasi pancasila dalam pelaksanaan kedaulatan rakyatnya. Sila ini menginginkan segala kegiatan pemerintahan di peruntukan bagi sebesar-besarnya kepentinganrakyat sehingga dijadikanlah dari rakyat untuk mengawasi jalanya pemerintahan.

Penjelasan Sila Ke 5 Dan Contohnya

Sila keadilan bagi seluruh rakyat indonesia yaitu adanya keadilan tentunya menjadi sesuatu yang di cita-citakan oleh semua orang. Terlebih oleh segenap bangsa indonesia, karena dari sejarah kemerdekaan indonesia kita mengetahui bahwa pengalaman dijajah selama ratusan tahun membuat keadilan menjadi sesuatu yang terus di perjuangkan oleh bangsa kita. Maka dari itu, para pendiri bangsa menjadikan rumusan dari sila terakhir Pancasila seperti yang telah tertera. Adanya sila ini di harapkan dapat mewujudkan kondisi yang berkeadilan bagi rakyat maupun di tengah masyarakat.

Contoh Sila kelima dalam kehidupa sehari-hari:

  1. Senantiasa berusaha sebaik mungkin dalam membantu orang-orang yang sedang dilanda kesulitan.
  2. Meningkatkan suatu kepekaan sosial dengan mengadakan kegiatan yang dapat membantu sesama seperti bakti sosial, donor darah, konser amal, dan lain sebagainya.
  3. Berusaha adil dalam melakukan aktivitas apapun yang kita lakukan dan seperti apapun orang yang kita hadapi, jangan sampai kita memberikan perlakuan yang tidak adil pada siapapun.
  4. Tidak mau mengganggu orang lain dengan apapun yang kita lakukan dan menegur siapapun yang mengganggu ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.
  5. Menghargai karya atau hasil karsa cipta yang dimiliki oleh orang lain. Dan menghargai pula karya yang kita hasilkan sendiri.
  6. Berani memperjuangkan keadilan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain dan membantu orang lain untuyk memperjuangkan keadilan.

Pengertian Makna Sila Pancasila Dan Contohnya pada hakikatnya menyangkut semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Dan berisi tentang pribadi warga negara yang berbudi luhur. Semoga dengan penjelasan yang telah kami torehkan dapat memberi kalian semua pengetahuan dan juga dapat bermanfaat tentunya.

(Visited 39.230 times, 4 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *