Pengertian Majas Perbandingan Dan Contohnya

Posted on

Hay gays, pada dasarnya,Majas terbagi menjadi 4 jenis ya, yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Tapi dalam prakteknya, majas yang paling sering di gunakan adalah majas perbandingan.

Karena itulah disini saya akan mengulas tentang pengertian majar perbandingan. Akan tetapi bukan hanya pengertiannya saja ya, tapi serta contohnya juga biar kamu makin paham ya gays, yuk langsung saja simakpenjelasan berikut ini !

Pengertian Majas Perbandingan

Majas perbandingan adalah kelompok majas yang mengungkapkan sesuatu dengan membandingkannya dengan yang lain untuk menguatkan kesan makna dari sesuatu yang ingin di utarakan. Majas sebenarnya sering kita dengar dan temui dalam keseharian, dalam lirik lagu, isi ceramah, bahkan dalam percakapan antara kamu dengan dia, sering sekali menggunakan majas guna untuk menekankan maksud dan tujuan dari maksud pembicaraannya.

Pengertian Majas Perbandingan Dan Contohnya
Pengertian Majas Perbandingan Dan Contohnya

Dengan demikian kalimat yang diutarakan mempunyai kesan yang lebih kuat hingga mendapat perhatian dari lawan bicara atau pendengar atau pembaca. Majas perbandingan dapat di bedakan lagi menurut cara membandingkanny yaitu ada delapan majas yang di kelompokkan dalam majas perbandingan. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut !

Majas Perumpamaan (Asosiasi)

Yaitu gaya bahasa yang mengungkapsan dengan membandingkan dua hal yang berbeda namun dianggap sama. Ciri khas pada majas ini menggunaan kata pembanding: seperti, bagaikan, layaknya, bagai.

Contoh :

  • Hatinya lebut bagaikan salju.
  • Rupanya cantik laksana bidadari kayangan .

Majas Metafora

Majas metafora adalah majas yang menggunakan gabungan dua kata atau lebih untuk mengungkapkan sesuatu dengan membandingkannya dengan yanng lain yang mempunyai makna yang bukan sesungguhnya, hanya sebagai perumpamaan.

Contoh:

  • Buku adalah Jendela Dunia
  • Istriku adalah Belahan Jiwaku
  • Rumahku Surgaku.

Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang mengungkapkan sesuatu dengan menggunakan benda-benda mati seolah-olah hidup dan melakukan aktivitas seperti manusia. Tujuannya untuk menarik perhatian dari pembicaraannya.

Contoh:

  • Api itu melalap rumah warga.
  • hembusan angin dengan lembut menyapaku.
  • Lahar merapi itu terus meronta ingin keluar.

Majas Alegori

Majas alegori adalah majas yang mengungkapkan sesuatu dengan kiasan atau perlambangan. Alegori membandingakan dua hal yang saling terkait satu sama lain menjadi suatu keutuhan. Dan majas ini digunakan untuk mengungkapkan suatu maksud yang memiliki nilai moral.

Contoh:

Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir menyusuri tebing-tebing, yang kadang-kadang sulit di tebak kedalamannya, yang rela menerima segala sampah, dan yang pada akhirnya berhenti ketika bertemu dengan laut.

Baca Juga : Pengertian Hikayat, Ciri-Cirinya, Unsur, Serta Jenisnya

Simbolik

Majas simbolik adalah majas yan menggunakan hewan, tumbuhan, atau benda mati sebagai simbol untuk membandingkan sesuatu yang dimaksud.

Contoh:

  • Jangan sampai kita terjerat jebakan buaya darat itu
  • Dasar Lelaki hidung belang
  • Ia adalah kembang desa di kampung ini

Metonimia

Majas metonimia adalah majas yang mengungkapkan sesuatu dengan membandingkannya dengan suatu label, merek, ciri khas, atau atribut yang merupakan penggambaran kata yang dimaksud.

Contoh:

  • Di kantongnya selalu terselib gudang garam. (artinya rokok gudang garam)
  • Setiap pagi Ayah selalu menghirup kapal api. (maksudnya kopi kapal api)
  • Ibu pulang dari luar negeri naik garuda (maksudnya pesawat)

Sinekdot

Sinekdot yaitu majas yang membandingkan sesuatu dengan menyebutkan suatu bagian tertentu untuk menggantikan bagian lain baik secara keseluruhan atau hanya sebagian. Majas ini dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Pars pro toto

Yaitu majas sinekdot yang mengungkapkan sebagian untuk merujuk pada keseluruhan.

Contoh:

  • Sampai detik ini dia belum kelihatan batang hidungnya.
  • Per kepala mendapat Rp. 400.000.

Totem parte pro

Yaitu kebalikan dari pars pro toto. Majas ini menyebutkan keseluruh bagian yang menunjuk pada sebagian.

Contoh:

  • Dalam pertandingan final bulu tangkis Rt.04 melawan Rt. 07.
  • Indonesia akan memilih idolanya malam nanti.

Simile

Yaitu majas yang mengumpamakan sesuatu dengan membandingknnya dengan sesuatu yang lain secara eksplisit. Pada majas ini juga di gunakan kata pembanding, seperti, bak, dan bagai.

Contoh:

Kau ibarat air aku bagai minyaknya, bagaikan Qais dan Laila yang dimabuk cinta berkorban apa saja.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Majas Perbandingan Dan Contohnya, semoga bermanfaat.

(Visited 21 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *