Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi Dan Contohnya

Posted on

Hello sobat Idpengertian.com tahukah kmu apa itu lembaga sosial? Lembaga sosial adalah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam melakukan hubungan antar manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Dan terbentuknya lembaga sosial berawal dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan kehidupan bersama.

pengertian lembaga sosial
pengertian lembaga sosial

Untuk lebih jelasnya lagi mari simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Robert Mac Iver dan CH Page

Mengemukakan bahwa lembaga sosial merupakan sebuah prosedur tatacara yang mengatur hubungan antara manusia dalam suatu kelompok masyarakat.

Mayor Polak

Menurutnya lembaga sosial adalah sebuah sistem peraturan dan juga adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai penting dalam masyarakat.

Paul Hartono dan Chester L. Hunt

Mengemukakan bahwa lembaga sosial adalah sebuah prosedur-prosedur tertentu yang hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia beserta sistem norma, hubungan-hubungan penyatuan nilai.

Hamilton

Menjelaskan bahwa lembaga sosial merupakan tatacara kehidupan sebuah kelmpok masyarakat dengan derajat sanksi.

Peter L Berger

Menurutnya Lembaga sosial adalah proedur yang membuat perbuatan manusia dikendalikan oleh pola tertentu yang kemudia dipaksa bergerak sesuai dengan keinginan masyarakaat.

Koentjaraningrat

Berpendapat bahwa Lembaga sosial merupakan suatu tata kelakuan dalam kehidupan masyarakat yang menjadi pusat aktifitas sosial dalam memenuhi kebutuhan khusus masyarakat yang kompleks.

Leopold Von Weise dan Becker

Mengatakan bahwa pengertian lembaga sosial merupakan sebuah jaringan proses hubungan antara manusia dan kelompok, yang memiliki fungsi memelihara hubungan minat kepentingan individu maupun kelompoknya beserta pola-polanya.

Baca Juga : Pengertian Hubungan Sosial

Contoh Jenis/Macam Lembaga Sosial

Lembaga Keluarga

Merupakan suatu unit sosial yang paling kecil di dalam masyarakat dan merupakan lembaga sosial pertama yang menaungi seseorang ketika mereka lahir. Dalam keluarga terdiri dari beberapa anggota keluarga dimana masing-masing anggota keluarga saling tergantung satu dengan yang lain.

Lembaga Pendidikan

Merupakan Sebuah lembaga yang berperan sebagai tempat berlangsungnya pendidikan atau pembelajaran yang ditempuh seseorang yang bertujuan untuk mengubah dan mengatur tingkah lakunya menjadi individu yang lebih baik. Dan dalam bisnis, lembaga pendidikan berpengaruh dalam terciptanya suatu inovasi yang didasari kemampuan analisis yang baik.

Lembaga Ekonomi

Adalah sebuah lembaga yang menangani kegiatan yang berhungan dengan ekonomi untuk tujuan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dan lembaga ekonomi menangani langsung kegiatan yang berkaitan dengan produksi, promosi, distribusi dan pelayanan terhadap barang atau jasa yang diperlukan masyarakat.

Lembaga Politik

Merupakan lembaga yang diciptakan untuk menangani permasalahan administrasi, tata tertib dan aturan–aturan tertulis lainnya untuk mencapai keamanan dan ketentraman di dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat saat krisis moneter di tahun 1998, kerumitan sistem politik memberikan pengaruh buruk terhadap bisnis yang berkembang di masyarakat karena adanya lonjakan harga bahan baku.

Lembaga Agama

Merupakan lembaga sosial dalam masyarakat dimana di dalamnya terdapat praktek kepercayaan suatu agama dan hal-hal yang dianggap suci. Lembaga ini dibuat bertujuan untuk mempersatukan umat beragama.

Lembaga Hukum

Merupakan alat pengatur hubungan masyarakat, mewujudkan keadilan sosial, baik lahir maupun batin, serta sebagai alat untuk menyelesaikan sengketa dalam kehidupan masyarakat berbagai kalangan.

Fungsi Lembaga Sosial

  • Sebagai pedoman yang dapat digunakan oleh setiap anggota masyarakat untuk beretika, bersikap, dan berprilaku menghadapi atau menyelesaikan permasalah yang ada dimasyarakat.
  • Sarana untuk menjaga keutuhan masyarakat serta anggota yang ada di dalamunya. Dalam menjaga keutuhan masyarakat diperlukan adanya norma atau nilai yang memberikan batasan, kewajiban, hak, dan wewenang bagi setiap anggota masyarakat tersebut.
  • Pengendali atau pengawas terhadap sikap, prilaku, dan tingkah para anggota yang ada dalam naungan lembaga sosial. Maka dengan begitu, akan terciptanya suasana kehidupan yang harmonis dalam masyarakat tersebut.

Menurut Huky

  • Mengingatkan keberadaan dan loyalitas anggota
  • Menyiapkan partisipasi aktif anggota sesuai dengan peran masing-masing
  • Mewujudkan perolehan kebutuhan utama manusia
  • Pedoman tingkah laku
  • Petunjuk dalam kontrol sosial
  • Menjamin keutuhan lembaga itu

Menurut Paul B.Horton dan Hunt

  • Sebuah Manifest adalah fungsi yang diharapkan dapat dipenuhi oleh lembaga. Misalnya: keluarga merawat anak, sekolah mendidik siswa.
  • Laten adalah fungsi sebagai konsekuensi yang ditim- bulkan dan tidak dikehendaki atau diramalkan.

Karakteristik Lembaga Sosial

Pada suatu lembaga sosial pasti mempunyai suatu karakteristik atau ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan sebuah sistem norma yang bukan lembaga sosial. Dan hal ini diperkuat oleh pendapat John Lewis Gillin dan John Philip Gillin pada pembahasan tentang Lembaga sosial  mengenai karekteristik lembaga sosial. Guna untuk memahami aktivitas dalam lembaga sosial , mari kita pahami tentang karekteristik dari lembaga sosial.  Dan karekteristik lembaga sosial diantaranya adalah :

Memiliki lambang /Simbol

Pada umumnya lembaga sosial mempunyai lambang-lambang atau simbol-simbol yang ter-wujud dalam tulisanoyan yang biasanya berupa sem, gambar atau patung makhluk tertentu yang memiliki makna serta menggambarkan tujuan dan fungsi pranata yang bersangkutan.

Memiliki Tata Tertib dan Tradisi

Suatu aturan-aturan yang menjadi tata tertib serta tradisi-tradisi yang tertulis maupun tidak tertulis yang akan menjadi acuan serta pedoman bagi setiap anggota masyarakat yang ada di dalamnya. Tetapi tidak ada aturan tertulis yang baku tentang deskripsi sikap hormat tersebut. Dan sementara itu dalam lembaga pendidikan ada aturan-aturan tertulis yang wajib dipatuhi oleh semua warga lembaga pendidikan yang bersangkutan.  Pada aturan- aturan tertulis itu tertuang dalam bentuk tata tertib untuk para siswa.

Memiliki Usia Lebih Lama dari warga masyarakat yang bersangkutan

Pada lembaga sosial umumnya memiliki umur lebih lama daripada umur warga masyarakatnya. Dan lembaga sosial pada umumnya tidak mudah berganti atau berubah. Lalu hal tersebut terbukti dengan banyaknya pranata sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi. Kemudian lembaga sosial yang telah diterima oleh masyarakat akan melembaga pada setiap diri anggota masyarakat dalam jangka waktu relatif lama sehingga dapat ditentukan memiliki tingkat kekekalan tertentu.

Lembaga sosial memiliki idiologi.

Suatu ideologi dalam sebuah lembaga sosial merupakan dasar pemikiran yang dimiliki secara bersama dan dianggap ideal bagi para pendukung lembaga.

Lembaga sosial memiliki kekebalan dan daya tahan

Yang di maksudkan adalah lembaga sosial yang sudah terbentuk tidak akan lenyap begitu saja. Dan lembaga sosial terbentuk dalam waktu lama dan umumnya bertahan dalam waktu yang lama. Dari berbagai pandangan dan perilaku masyarakat akan menjadi bagian dari lembaga sosial setelah berlangsung dalam waktu yang lama.

Demikianlah uraian singkat mengenai Pengertian Lembaga Sosial semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat ya, terima kasih.

(Visited 36 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *