Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Menurut Para Ahli – Selamat pagi sobat pembaca yang budiman semoga masih selalu dalam lindunganNYA Amin.

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pembahasan mengenai Koperasi Simpan Pinjam dinilai oleh para ahli, namun sebelum melangkah ke pembahasan maka perlu sekali untuk mengetahui terlebih dahulu, Apa sih yang dimaksud dengan Pengertian Koperasi, atau mungkin ada pertanyaan seperti jelaskan pengertian koperasi.

Penjelasan Mengenai Koperasi Simpan Pinjam Lengkap
Penjelasan Mengenai Koperasi Simpan Pinjam Lengkap

Seperti yang sudah saya jelaskan pada pertemuan sebelumnya, bahwa arti koperasi adalah suatu bentuk usaha yang di kembangkan oleh kelompok.

Baik kelompok tersebut berupa Sekolah formal maupun non formal seperti madrasah atau pondok pesantren.

Pada dasarnya koperasi dapat berjalan jika memenuhi syarat tertentu, yang juga sudah saya bahas di pertemuan sebelumnya diartikel koperasi sekolah.

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Apa yang dimaksud dengan koperasi simpan pinjam…? Koperasi simpan pinjam adalah suatu kelompok yang mengutamakan kegiatannya dibidang penghimpunan dana.

Adapun dana tersebut mempunyai tujuan tertentu, tujuannya menghimpun dana yaitu untuk kepentingan bersama anggotanya, menyalurkan dana dengan tambahan pengembalian atau bunga yang lebih murah di bandingkan dengan Bank dan sejenisnya.

Koperasi semacam ini juga disebut dengan koperasi kredit dan para anggotanya juga bergabung tanpa ada paksaan apapun alias secara sukarela.

Untuk pengelolaan koperasi ini bisa dibilang sangat mandiri dan demokrasi, bagaimana tidak semua anggota dapat menikmati kemudahan yang diberikan koperasi.

Selain pendapat di atas ada juga yang menganggap bahwa koperasi adalah suatu lembaga keuangan yang lebih kecil dari Bank, adapun kegiatannya sebagai wadah penerimaan dana dan atau memberikan pinjaman kepada para anggotanya.

Pendapat Menurut Para Ahli Tentang Koperasi Simpan Pinjam

Pendapat Ninik Widiyanti & Sunindhia

Kedua pakar koperasi diatas mengemukakan bahwa koperasi simpan pinjam yaitu suatu usaha yang bergerak dalam bidang pengumpulan modal dengan cara tabungan dan pinjaman dari anggotanya.

Tujuan pengumpulan dana tersebut yaitu untuk memudahkan para anggotanya agar mendapatkan modal usaha yang pruduktif dan menambah kesejahteraan.

Menurut Suryanto Dan Nurhadi

Tidak jauh beda dengan pendapat yang dikemukakan oleh Ninik Dan Sunindhia bahwa koperasi simpan pinjam adalah

Bentuk usaha yang bertujuan Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lingkungan umumnya dan khususnya untuk para anggota koperasi tersebut, dengan cara kredit.

Adapun kredit ini sangat mudah, murah, dan sangat terjangkau dengan bunga yang sangat ringan jika dibandingkan dengan Bank.

Pendapat Oleh Rudianto

Menurut Rudianto koperasi simpan pinjam adalah sebuah unit usaha yang bergerak dalam pengumpulan dana anggota, yang bertujuan untuk dipinjamkan kepada anggota yang membutuhkan modal usaha.

Ketentuan Koperasi Simpan Pinjam

Dalam setiap koperasi simpan pinjam pasti mempunyai ketentuan masing-masing, dalam menjalankan tugas mereka sebagai penyaluran dana dari anggota ke anggota yang lainnya.

Adapaun ketentuan yang umum digunakan dan layak untuk digunakan yaitu sebagai berikut.

Koperasi Simpanan Pokok (KSP)

KSP adalah simpanan dana dari anggota pada saat mereka pertama kali mendaftar, dana tersebut tidak bisa ditarik selama masih menjadi anggota koperasi tersebut.

Masyarakat yang telah tergabung menjadi anggota, hanya akan menyetorkan dana pendaftaran saja sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Selama masih menjadi anggota koperasi maka dana pendaftaran tersebut tidak dapat di ambil.

Namun jika sudah tidak menjadi anggota lagi maka dana tersebut akan dikembalikan kepada anggota secara bertahap sesuai dengan pengembalian dana.

Simpanan Wajib

Simpanan wajib adalah dana yang wajib disetorkan kepada pihak koperasi dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Adapun jumlah dana yang wajib disetorkan tidak ditentukan besar kecilnya.

Dengan tata cara seperti ini anggota dapat menabung sesuai dengan kekuatan yang dimilikinya.

Dengan Simpanan wajib ini anggota dapat menariknya kapan saja sesuai dengan kebutuhan selama masih menjadi anggota.

Adapun simpanan wajib tidak begitu ketat aturannya, hanya anggota mempunyai kewajiban untuk menyetorkan dana berapapun dalam waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan kekuatan masing-masing.

Tabungan Koperasi

Tabungan koperasi adalah dana yang disetorkan oleh anggota kepada koperasi selama menjadi anggota, Setelah menyetorkan dana maka anggota akan mendapatkan buku tabungan, semua transaksi akan dicatat baik itu setoran maupun pengambilan.

Dana yang telah disetorkan dapat diambil kapan saja oleh anggota koperasi tersebut atau juga bisa dikuasakan.

Waktu pengambilan bisa kapan saja sesuai dengan jam kerja koperasi simpan pinjam.

Simpanan Berjangka

Simpanan berjangka adalah dana yang disetorkan kepada pihak koperasi sampai waktu yang telah ditentukan untuk pengambilannya.

Sebelum menyetorkan dana simpanan berjangka maka ada beberapa syarat yang harus disepakati bersama antara anggota dan koperasi.

Untuk aturan tersebut biasanya sudah ditetapkan oleh koperasi yang di tanda tangani oleh ketua koperasi dan dewan pengawas.

Contoh Koperasi Simpan Pinjam

Ada banyak sekali contoh dalam kehidupan kita sehari-hari mengenai koperasi ini, di bawah ini beberapa contoh koperasi simpan pinjam yang perlu kamu ketahui.

KUD (Koperasi Simpan Pinjam Unit Desa)

KUD adalah jenis koperasi yang dikelola oleh pedesaan yang mempunyai fungsi untuk memenuhi kebutuhan anggota masyarakat dipedesaan tersebut.

KSU (Koperasi Serba Usaha)

KSU adalah koperasi yang dikelola oleh siapa saja yang sangat utama yaitu di kota-kota besar.

Kehadiran KSU ini sangat penting sekali untuk menunjang perekonomian perkotaan karena kebutuhan usaha dan hidup dikota semakin tinggi.

KPS (Koperasi Pasar)

KPS adalah bentuk koperasi yang dikelola oleh pasar yang dimana perannya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pedagang.

Tidak hanya itu saja KPS juga sangat berpengaruh dalam menyatukan anggota pasar dan juga lainnya seperti tukang parkir, tukang becak, kuli panggul dan lainnya.

KKD (Koperasi Kredit)

KKD juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat, adapun tujuannya untuk memudahkan dan membantu para anggota didalamnya.

Biasanya KKD ini berbentuk kelompok kecil seperti yang sering kita ikuti yaitu Arisan dan sifat dari koperasi ini tidak tetap.

Baiklah demikian artikel dan makalah pengertian koperasi simpan pinjam menurut para ahli yang dapat admin sampaikan, semoga dengan ulasan diatas bisa memberikan ilmu dan pemahaman seputar koperasi untuk kalian semuanya.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang tentunya sangat menarik sekali untuk dibaca.

(Visited 83 times, 2 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

2 thoughts on “Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Menurut Para Ahli

  1. Halo hanya ingin memberi Anda kepala cepat
    dan memberi tahu Anda bahwa beberapa gambar tidak dimuat dengan benar.
    Saya tidak yakin mengapa, tetapi saya pikir itu adalah masalah penautan. Saya sudah mencobanya di dua browser web berbeda dan keduanya menunjukkan hasil yang sama

    1. Terimakasih atas masukannya dan laporannya, untuk gambar sudah saya perbaiki dan sekarang sudah bisa di akses kembali, selamat membaca semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *