Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli – Di jaman sekarang ini banyak sekali komunitas-komunitas atau organisasi yang dibentuk dengan maksud untuk mencapai tujuan yang sebelumnya sudah disepakati. Bukan hanya di kehidupan dunia nyata saja komunitas bisa di bentuk, tapi di jaman yang serba instan dan canggih ini komunitas juga bisa dibentuk di dunia maya atau internet dengan maksud yang sama yaitu untuk mencapai tujuan.

Komunitas dibentuk untuk mencapai target atau suatu tujuan yang sudah di sepakati sebelumnya sehingga komunitas yang terbentuk tetap pada jalur yang sudah di tetapkan agar tujuan dapat tercapai.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli
Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

George Hillery Jr.

Komunitas adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah dan mempunyai hubungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Paul B. Horton & Chaster L. Hunt

Komunitas adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai kesadaran akan keanggotaannya & saling berinteraksi.

Kertajaya Hermawan (2008)

Komunitas ialah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

Christensson dan Robinson

Komunitas ialah orang-orang yang hidup di suatu darah yang secara geografis itu terbatas, mereka melakukan komunikasi satu dengan yang lain dan mempunyai ikatan batin antar sesama yang tinggal disitu dan dengan wilayah tempat tinggalnya tersebut.

Etienne Wenger

Menurutnya pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang mempunyai habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya.

Hendro Puspito

Pengertian komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

Soenarno

Komunitas ialah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang di bentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

Contoh Komunitas

Berikut ini beberapa contoh komunitas diantaranya :

Komunitas Sosial

Contoh yang dapat disebutkan dalam komunitas sosial misalnya saja adalah tentang bantuan yang diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Untuk mengakomodirnya pada saat ini banyak masyarakat yang membentuk sikap kepedulian bersama-sama, upaya ini dilakukan dengan memberikan pertolongan kepada masyarakat melalui saluran distribusi bantuan yang di berikan.

Komunitas Ekosistem

Kepedulian terhadap lingkungan mendorong berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem yang baik, upaya ini dilakukan dengan melahirkan komunitas yang melakukan kajian serta kemudian menginformasikan kepada masyarakat. Contohnya saja adalah komunitas pencinta alam yang melakukan kajian terhadap kerusakan pegunungan.

Komunitas Hewan

Contoh lainnya yang dapat disebutkan adalah komunitas berdasarkan hobi, lahir dari hakekat manusia yang mempunyai perbedaan. Perbedaan tersebut seringkali dapat dipertahankan dengan adanya hobi, misalnya saja Komunitas Pencinta Kucing yang saat ini sedang beredar banyak di internet.

Komunitas di Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia juga ditemukan banyak komunitas, kondisi ini dilakukan karena untuk menciptakan kebersamaan antar masyarakat. Contoh nyata dalam komunitas di sekolah adalah Komunitas Penulis Muda.

Komunitas Religius

Contoh terbentuknya komunitas juga seringkali dilakukan dalam Agama, setiap agama mempunyai karakteristik tertentu dalam pengendalian penyimpangan sosial. Tindakan ini misalnya saja dengan adanya Komunitas Anti Pacaran, yang mana Pacaran dalam Islam itu tidak dibolehkan.

Komunitas Yang Terlarang

Komunitas yang hekakatnya dilarang oleh berbagai pihak terutama di Indonesia ialah komunitas yang melanggar norma dan hukum. Bentuk komunitas ini misalnya tentang Komunitas LGBT yang tentu saja berdirinya persatuan ini tidak akan diterima oleh masyarakat sampai kapanpun.

Komunitas Blogger

Komunitas ini adalah komunitas yang muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia blogging. Biasanya para anggotanya ialah orang yang aktif di dunia maya dan saling memberikan dukungan satu sama lain, baik dalam hal teknis maupun non teknis di bidang blogging.

Komunitas Seni

Komunitas seni terbentuk karena adanya ketertarikan di bidang seni, baik itu dari seni musik, tari, lukis, dan lainnya. Dan komunitas ini juga digunakan untuk menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang seni.

Komunitas Photography

Komunitas ini terbentuk karena adanya ketertarikan para anggotanya pada bidang photography. Dan komunitas ini bisa dimanfaatkan sebagai media untuk belajar, berbagi tips, dan saling bertukar informasi di bidang photography.

Baca Juga : Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Manfaat Komunitas

Tujuan pembentukan komunitas pasti mempunyai manfaat bagi para anggotanya. Berikut ini beberapa manfaat komunitas diantaranya :

  • Sarana informasi, penyebaran informasi tertentu bisa menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Contohnya komunitas pecinta burung, semua informasi yang berhubungan dengan burung akan cepat beredar di dalam komunitas ini.
  • Menjalin hubungan, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas maka antar sesama anggota bisa menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya.
  • Saling mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga bisa membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Demikianlah Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan keilmuan kalian semua.

“Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli”

(Visited 227 times, 4 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *