Pengertian Komunitas Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Komunitas Dan Contohnya Lengkap – Di jaman sekarang ini banyak sekali komunitas-komunitas atau oraganisasi yang di bentuk dengan maksud untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah di sepakati. Bukan hanya di kehidupan dunia nyata saja komunitas dapat di bentuk, tapi di jaman yang serba instan dan canggih ini komunitas dapat di bentuk di dunia maya atau internet dengan maksud yang sama yaitu untuk mencapai tujuan.

Komunitas di bentuk untuk mencapai target atau suatu tujuan yang telah di sepakati sebelumnya sehingga komunitas yang terbentuk tetap pada jalur yang telah di tetapkan agar tujuan dapat tercapai.

Pengertian Komunitas Dan Contohnya Lengkap
Pengertian Komunitas Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok sosial yang terdiri dari beberapa organisme di berbagai lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam masyarakat manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, resiko, mengumbar dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari communitas latin yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat di turunkan dari communis yang berarti “sama, publik, di bagi oleh semua atau banyak”.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Adapun pengertian komunitas menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

George Hillery Jr.

Menurut George Hillery Jr. Komunitas adalah sekelompok orang yang bertempat atau tinggal di daerah dan memiliki hubungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Christensson dan Robinson

Menurut Christensson dan Robinson, komuitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.

Fairi

Menurut Fairi, komunitas adalah sebuah hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah skala kecil dan terlibat di tempat yang di tunjuk.

Zakapedia

Menurut Zakapedia, komunitas adalah suatu kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang berinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas memiliki tingkat integrasi yang lebih kompleks dari pada individu dan populasi. Dalam masyarakat, semua organisme merupakan bagian dari masyarakat dan antar komponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksi mereka.

Tempat hewan atau tumbuhan yang di sebut habitat. Aktivitas organisme dalam pemanfaatan suatu sumber daya alam dan bagaimana sumber daya dan bagaimana organisme alami mempengaruhi organisme lain, berkaitan dengan niche atau ceruk. Ekologi Charles Elton menjelaskan tentang relung ekologis dari suatu organisme sebagai jabatan fungsional di masyarakat.

Vanina Delobelle

Menurut Vanina Delobelle, komunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan bersama, komunitas yang di bentuk oleh 3 faktor yaitu:

  • Keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama.
  • Basecamp atau suatu wilayah di mana mereka biasanya berkumpul.
  • Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir.

Jenis-jenis Komunitas

Komunitas Pedesaan

Orang-orang memberikan pengertian tentang desa di dasarkan pada sudut pandang masing-masing. Di tinjau dari sudut administrasi, desa adalah suatu wilayah yang di tempati sejumlah penduduk sebagai  kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah di bawah kepemimpinan seorang kepala desa dan berhak untuk menyelenggarakan rumah tangga sendiri dalam ikatan suatu negara.

Secara geografis, desa adalah hasil dari perpaduan antara kegiatan kelompok manusia dengan lingkungan nya. Hasil dari perpaduan itu adalah suatu wujud atau penampakan di muka bumi yang di timbulkan oleh unsur-unsur fisiografi, sosial, ekonomi, politik dan kultural yang saling berinteraksi dalam hubungannya dengan daerah lain.

Komunitas Perkotaan

Para sarjana sosiologi memberikan pengertian atau definisi tentang kota secara berbeda-beda sesuai dengan sudut pandang masing-masing.

  • Max Weber suatu tempat di sebut kota apabila penduduk atau masyarakatnya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal.
  • Wright Kota adalah pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, serta di huni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya. Akibatnya hubungan sosial akan menjadi longgar, acuh tak acuh dan tidak bersifat pribadi.
  • Haris dan Ulman Kota merupakan suatu pusat dari pemukiman dan pemanfaatan bumi oleh manusia. Kota-kota sekaligus merupakan paradoks. Pertumbuhan nya cepat dan luasnya kota-kota menunjukan keunggulan dalam mengeksploitasi bumi. Di pihak lain, akan berakibat munculnya lingkungan miskin bagi manusia.

Komunitas Religius

Komunitas religius adalah suatu bentuk kehidupan bersama yang di dasarkan atas motif keagamaan. Setiap aspek kehidupan  di landasi nilai-nilai yang bersumber dari ajaran agama. Berikut ini ciri-ciri yang tampak dalam komunitas religius:

  • Sikap dan perilaku yang di wujudkan dalam tindakan dan interaksi sosial senantiasa memperhatikan norma-norma yang sesuai dengan agama yang di anutnya.
  • Simbol-simbol yang di gunakan dalam pakaian, tempat ibadah serta benda lain di warnai ajaran agamanya.
  • Menciptakan suatu keseimbangan antara kepentingan dunia dan kepentingan akhirat.
  • Bertempat tinggal pada suatu lingkungan tempat-tempat ibadah atau tempat menuntut ilmu keagamaan.

Komunitas Ekonomi

Komunitas ekonomi adalah suatu bentuk hidup bersama yang sebagian besar kegiatan penduduknya berorientsasi di bidang ekonomi. Setiap aspek kehidupan di landasi dengan hal-hal yang memiliki nilai ekonomi.

Komunitas ekonomi ini umumnya berada di kawasan perindustrian, perdagangan dan jasa. Contohnya pada masyarakat Cibaduyut di kota Bandung, hampir seluruh anggota masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin sepatu (home industry).

Manfaat Komunitas

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari komunitas, di antaranya seperti di bawah ini:

  • Misalnya kita membentuk komunitas bisnis, di dalam komunitas kita akan mendapatkan info mengenai bisnis. Atau contoh lainya kita membentuk komunitas otomotif, di sanapun kita akan mendapatkan berbagai macam informasi mengenai otomotif.
  • Dapat menjalankan progam dengan arah yang sama dan dapat saling memberikan informasi ter-update satu sama lain.
  • Lalu dapat menjalin sebuah hubungan yang baik dengan orang-orang yang memiliki pemikiran dan tujuan yang sama.
  • Bisa mengetahui dan mewaspadai terhadap progam maupun tawaran yang sifatnya menipu. Misalnya kita menjalankan suatu bisnis di internet karena dunia maya dapat di jadikan lahan bisnis, dan di sana juga bnyak orang yang mencoba untuk melakukan penipuan. Dengan berkomunitas atau saling berinteraksi satu sama lain kita dapat saling memperingati dan membagi pengalaman.

Contoh Komunitas

  1. Komunitas sosial

Contoh yang bisa di sebutkan dalam komunitas sosial  misalnya saja adalah tentang bantuan yang di berikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Untuk mengakomodirnya pada saat ini banyak masyarakat yang membentuk sikap kepedulian bersama-sama, upaya ini di lakukan dengan memberikan pertolongan kepada masyarakat melalui saluran distribusi bantuan yang di berikan.

  1. Komunitas Ekosistem

Kepedulian terhadap lingkungan mendorong berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem yang baik, upaya ini di lakukan dengan melahirkan komunitas yang melakukan kajian serta kemudian menginformasikan kepada masyarakat. Misalnya saja adalah komunitas pecinta alam yang melakukan kajian terhadap kerusakan pegunungan.

  1. Komunitas Hewan

Contoh lainya yang bisa di sebutkan adalah komunitas berdasarkan hobi, lahir dari hakekat manusia yang memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut seringkali dapat di pertandakan dengan adanya hobi, misalnya saja komunitas pencinta kucing yang saat ini ini sedang beredar di internet.

  1. Komunitas di Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan di indonesia juga di temukan banyak komunitas, kondisi ini di lakukan guna menciptakan kebersamaan antar masyarakat. Contoh komunitas dalam sekolah, misalnya Komunitas Penulis Muda.

  1. Komunitas Religius

Contoh terbentuknya komunitas juga seringkali di lakukan dalam agama, setiap agama memiliki karakteristik tertentu dalam pengendalian penyimpangan sosial. Tindakan ini misalnya saja dengan adanya komunitas Anti Pacaran, yang mana Pacaran dalam Islam itu di larang.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Komunitas Dan Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi segenap sahabat IDpengertan.com yang sedang mendalami arti Komunitas. thank you so much and good luck.

(Visited 30 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *