Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

2 min read

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Contoh Dan Pengertian Kewajiban Asasi Manusia – Hi sobatku semua, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian.com yang baik hati dan tidak sombong. Sobat, tahukah kamu apa itu kewajiban? Jika belum, yuk simak pembahasannya di bawah ini. Pada dasarnya sebuah kewajiban adalah suatu hal yang harus dilakukan atau dibebankan kepada seseorang untuk melakukan hal atau pekerjaan tertentu untuk mendapatkan imbalan, penjelasan kewajiban ini jika kita lihat dari segi dalam pekerjaan.

Berbeda lagi jika kita lihat menurut sudut pandang Agama Islam, kata Wajib atau kewajiban adalah suatu hal yang harus dikerjakan oleh umat islam khususnya untuk mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa. Disini bisa kita ambil dari kedua sudut pandang tersebut yaitu sama-sama untuk mendapatkan sesuatu, perbedaannya pada hasil dari pekerjaan tersebut, jika kewajiban menurut umum (pekerjaan) maka jika kita kerjakan akan mendapat imbalan dan apabila jika di tinggalkan maka tidak akan mendapatkan apa-apa.

Berbeda dengan pandangan agama islam Kewajiban harus dilakukan dan jika tidak dilakukan maka akan mendapatkan dosa. Baiklah disini akan saya bahas lebih mendalam lagi tentang apa itu  kewajiban asasi manusia, silahkan simak penjelasan menurut para ahli dibawah ini. Sumber Wiki

Pengertian KAM
Pengertian KAM

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Prof. Dr. Notonegoro

Pengertian Kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Menurut Curzon

Kewajiban dikelompokan menjadi 5, yaitu:

  • Kewajiban Mutlak yaitu sebuah kewajiban yang tertuju kepada diri sendiri maka tidak berpasangan dengan hak dan nisbi melibatkan hak di lain pihak.
  • Kemudian Kewajiban Publik, Dalam hukum publik yang berkorelasi dengan hak publik ialah wajib mematuhi hak publik dan kewajiban perdata timbul dari perjanjian berkorelasi dengan hak perdata.
  • Ketiga, Kewajiban Positif, Kewajiban ini menghendaki dilakukan sesuatu dan kewajiban negatif, tidak melakukan sesuatu.
  • Lalu Kewajiban Universal atau Umum, Kawajiban yang ditujukan kepada semua warga negara atau secara umum, ditujukan kepada golongan tertentu dan kewajiban khusus, timbul dari bidang hukum tertentu, perjanjian.
  • Dan Kewajiban Primer, Kewajiban ini tidak timbul dari perbuatan melawan hukum. Dan sebagai contoh kewajiban untuk tidak mencemarkan nama baik dan kewajiban yang bersifat memberi sanksi, timbul dari perbuatan melawan hukum misal membayar kerugian dalam hukum perdata.

 

Pengertian Hak Dan Karakteristik KAM

Salah satu karakteristiknya adalah bersifat universal. Dan artinya, hak dan kewajiban asasi merupakan sesuatu yang dimiliki dan wajib dilakukan oleh setiap manusia di dunia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, ras, maupun golongan. Maka, setiap negara wajib menegakkan hak asasi manusia.

KAM atau Kewajiban Asasi Manusia adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap manusia sebagai makhluk hidup. Sedangkan Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan dan merupakan anugerah yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi. Kepada Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Hubungan Antara Hak Dan Kewajiban

Sejatinya, bila HAM dan KAM yang terdapat nilai-nilai kemanusiaan tidak dilandasi oleh nilai-nilai ketuhanan, maka akan tergelincir dan jatuh pada paham pemutlakan sesama manusia. Kemanusiaan tanpa ketuhanan akan mudah menghancurkan dirinya sendiri. Untuk itu, nilai-nilai kemanusiaan mesti dibangun di atas visi dan orientasi kepada Tuhan.

Dalam pandangan Cak Nur (Prof. Dr. Nurcholish Madjid), manusia dengan hati nuraninya mampu membedakan mana yang baik dan buruk, terpuji dan tercela, merugikan dan menguntungkan, menyelamatkan dan membahayakan. Dengan taktis dan strategis, kepentingan jangka pendek dan panjang sangat logis, kalau ia diminta pertanggungjawaban atas tingkah lakunya. Pada setiap pribadi mesti berbuat baik, berguna, bermanfaat, dan membawa kemaslahatan kepada sesamanya.

Contoh Kewajiban Yang Harus Di Penuhi

  1. Kewajiban kita terhadap Tuhan Yang Maha ESA seperti Ibadah
  2. Kewajiban kita kepada manusia, pada dasarnya sebagai manusia harus bertanggung jawab penuh atas dirinya sendiri
  3. Kewajiban atas norma-norma kehidupan, seperti atas benar salahnya perkara yang dapat diterima oleh masyarakat
  4. Kewajiban sosial atas kegiatan dan tingkah laku kita terhadap orang lain
  5. Kewajiban dikeluarga, seperti memberikan kehidupan yang layak untuk meraka
  6. Kewajiban dalam melakukan pekerjaan dan selalu bertanggung jawab atas yang dikerjakan (disiplin).

Demikianlah ulasan materi mengenai Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat ya, terima kasih.

(Visited 238.618 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

2 Replies to “Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *