Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Posted on

Hi sobatku semua, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian.com yang baik hati dan tidak sombong. Sobat, tahukah kamu apa itu kewajiban asasi manusia? Jika belum, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pada dasarnya sebuah kewajiban adalah suatu hal yang harus dilakukan atau dibebankan kepada seseorang untuk melakukan hal atau pekerjaan tertentu untuk mendapatkan imbalan, penjelasan kewajiban ini jika kita lihat dari segi dalam pekerjaan.

Berbeda lagi jika kita lihat menurut sudut pandang Agama Islam, kata Wajib atau kewajiban adalah suatu hal yang harus dikerjakan oleh umat islam khususnya untuk mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa.

Disini bisa kita ambil dari kedua sudut pandang tersebut yaitu sama-sama untuk mendapatkan sesuatu, perbedaannya pada hasil dari pekerjaan tersebut, jika kewajiban menurut umum (pekerjaan) maka jika kita kerjakan akan mendapat imbalan dan apabila jika di tinggalkan maka tidak akan mendapatkan apa-apa.

Berbeda dengan pandangan agama islam Kewajiban harus dilakukan dan jika tidak dilakukan maka akan mendapatkan dosa. Baiklah disini akan saya bahas lebih mendalam lagi tentang apa itu kewajiban dan kewajiban asasi manusia, silahkan simak penjelasan menurut para ahli dibawah ini.

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli
Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Kewajiban Menurut Para Ahli

Prof. Dr. Notonegoro

Kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Menurut Curzon

Kewajiban dikelompokan menjadi 5, yaitu:

  • Kewajiban Mutlak yaitu sebuah kewajiban yang tertuju kepada diri sendiri maka tidak berpasangan dengan hak dan nisbi melibatkan hak di lain pihak.
  • Kemudian Kewajiban Publik, Dalam hukum publik yang berkorelasi dengan hak publik ialah wajib mematuhi hak publik dan kewajiban perdata timbul dari perjanjian berkorelasi dengan hak perdata.
  • Ketiga, Kewajiban Positif, Kewajiban ini menghendaki dilakukan sesuatu dan kewajiban negatif, tidak melakukan sesuatu.
  • Lalu Kewajiban Universal atau Umum, Kawajiban yang ditujukan kepada semua warga negara atau secara umum, ditujukan kepada golongan tertentu dan kewajiban khusus, timbul dari bidang hukum tertentu, perjanjian.
  • Dan Kewajiban Primer, Kewajiban ini tidak timbul dari perbuatan melawan hukum. Dan sebagai contoh kewajiban untuk tidak mencemarkan nama baik dan kewajiban yang bersifat memberi sanksi, timbul dari perbuatan melawan hukum misal membayar kerugian dalam hukum perdata.

Baca Juga : Pengertian Demokrasi Pancasila

Karakteristik Kewajiban Asasi Manusia

Salah satu karakteristik kewajiban asasi manusia adalah bersifat universal. Dan artinya, hak dan kewajiban asasi merupakan sesuatu yang dimiliki dan wajib dilakukan oleh setiap manusia di dunia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, ras, maupun golongan. Maka, setiap negara wajib menegakkan hak asasi manusia.

Pengertian Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia

KAM atau Kewajiban Asasi Manusia adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap manusia sebagai makhluk hidup. Sedangkan Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan dan merupakan anugerah yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi. Kepada Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Hubungan Antara Hak Dan Kewajiban

Sejatinya, bila HAM dan KAM yang terdapat nilai-nilai kemanusiaan tidak dilandasi oleh nilai-nilai ketuhanan, maka akan tergelincir dan jatuh pada paham pemutlakan sesama manusia. Kemanusiaan tanpa ketuhanan akan mudah menghancurkan dirinya sendiri. Untuk itu, nilai-nilai kemanusiaan mesti dibangun di atas visi dan orientasi kepada Tuhan.

Dalam pandangan Cak Nur (Prof. Dr. Nurcholish Madjid), manusia dengan hati nuraninya mampu membedakan mana yang baik dan buruk, terpuji dan tercela, merugikan dan menguntungkan, menyelamatkan dan membahayakan. Dengan taktis dan strategis, kepentingan jangka pendek dan panjang sangat logis, kalau ia diminta pertanggungjawaban atas tingkah lakunya. Pada setiap pribadi mesti berbuat baik, berguna, bermanfaat, dan membawa kemaslahatan kepada sesamanya.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Menurut Oemar Seno Adji

HAM ialah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan dari ciptaan Tuhan YME yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun (manusia / kelompok lain).

Kemudian Kevin Boyle dan David Beetham

mendefinisikan bahwa HAM adalah hak-hak individual dan berasal dari berbagai kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

Menurut Miriam Budiarjo

HAM adalah hak yang dimiliki setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia, hak itu sifatnya universal sebab dipunyai tanpa adanya perbedaan kelamin, ras, budaya, suku, agama maupun sebagainya.

Peter R. Baehr

pengertian HAM adalah hak dasar yang mutlak dan harus dimiliki setiap insan untuk perkembangan dirinya.

Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto

definisi dari HAM adalah suatu hak yang sifatnya asasi atau mendasar. Dan hak-hak yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya yang pada dasarnya tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

Lalu, Leah Kevin

Konsepsi tentang hak-hak asasi manusia mempunyai dua makna dasar. Dan yang pertama adalah bahwa hak-hak hakiki dan tak terpisahkan menjadi hak seseorang hanya karena ia merupakan manusia. Lalu, hak-hak itu merupakan hak-hak moral yang berasal dari keberadaannya sebagai manusia dari setiap umat manusia. Dan makna kedua dari hak-hak asasi manusia ialah hak-hak hukum, baik secara internasional atau nasional.

Kemudian menurut Franz Magnis Suseno

HAM adalah hak-hak yang sudah dipunyai pada setiap manusia dan bukan karena diperoleh dari masyarakat (manusia lain). Dan bukan karena hukum positif yang berlaku, tapi atas martabatnya sebagai seorang manusia. Manusia mempunyai HAM karena ia merupakan manusia.

Muladi

HAM adalah segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.

Menurut C. de Rover

suatu HAM adalah hak hukum yang sama kepada setiap manusia baik kaya atau miskin, laki-laki maupun wanita. Biarpun hak-hak yang telah mereka langgar akan tetapi ham mereka tetap tidak dapat dihilangkan. Hak asasi adalah hukum, yang mesti terlindungi dari aturan nasional agar semuanya terpenuhi sehingga ham dapat ditegakkan, dijunjung tinggi serta dilindungi.

Kemudian Haar Tilar

mendefinisikan HAM adalah hak hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia. Hak tersebut diperoleh sejak lahir ke dunia.

Lalu, menurut Jack Donney

HAM adalah hak-hak yang dimiliki oleh manusia semata-mata dikarenakan dia sebagai seorang manusia. Dan umat manusia memilikinya bukan karena yang diberikan kepadanya oleh masyarakat atau mengacu pada hukum positif, melainkan itu berdasar pada adanya martabat sebagai seorang manusia dan Hak tersebut merupakan suatu pemberian Tuhan YME.

Kemudian Austin-Ranney

mendefinisikan bahwa HAM adalah ruang kebebasan bagi setiap individu yang dirumuskan dengan rinci dan jelas dalam konstitusi serta sudah dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.

Juga menurut Mahfudz M.D

HAM adalah hak yang melekat pada martabat setiap manusia yang mana hak tersebut dibawa sejak lahir ke dunia sehingga pada hakikatnya hak tersebut bersifat kodrati.

Definisi John Locke

bahwa HAM adalah hak-hak yang langsung diberikan Tuhan kepada manusia sebagai hak yang kodrati. Dan oleh karenanya, tidak ada kekuatan apapun di dunia yang bisa mencabutnya. Maka HAM ini sifatnya mendasar (fundamental) bagi kehidupan manusia dan pada hakikatnya sangat suci.

Menurut A.J.M. Milne

HAM adalah suatu hak yang sudah dimiliki oleh semua umat manusia di dunia, di segala masa, dan juga di segala tempat karena keutamaan keberadaannya adalah sebagai manusia.

Demikianlah ulasan materi mengenai Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Para Ahli. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat ya, terima kasih.

(Visited 937 times, 10 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *