Pengertian Kesehatan, Tujuan, Dasar dan Jenisnya

Diposting pada

Hai sobat Idpengertian.com yang budiman, apa kabar kalian hari ini? Semoga baik-baik aja ya. Karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Kesehatan nih, yuk simak ulasannya di bawah.

Pengertian Kesehatan, Tujuan, Dasar dan Jenisnya
Pengertian Kesehatan, Tujuan, Dasar dan Jenisnya

Pengertian Kesehatan

Definisi Kesehatan adalah kondisi optimal dari pikiran dan fisik seseorang yang memungkinkan orang tersebut dapat menjalani hidup yang berkualitas dan produktif baik secara sosial maupun ekonomi. Suatu kesehatan berorientasi pada upaya memaksimalkan potensi individu baik secara fisik, intelektual, emosional, sosial, spiritual dan lingkungan.  Dalam kondisi alami dari kesehatan adalah terbebas dari penyakit, cedera ataupun segala sesuatu yang menganggu sistem metabolik makhluk hidup terutama manusia. Suatu WHO mengkorelasikan kesehatan dan kepuasan pribadi sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Suatu pengertian kesehatan yaitu merupakan sebuah kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga manusia atau makhluk hidup lainnya pada rata-rata normal. Dan berkaitan dengan badan kesehatan tersebut sering dijuluki sebagai kesehatan jasmani yaitu jika koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Sementara kesehatan rohani merupakan kesehatan jiwa manusia atau makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran, apabila seorang tersebut memiliki koordinasi pikiran dan hati yang tenang sekaligus nyaman pada saat itu.

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

White

Di dalam mendifinisikan kesehatan, White yang seorang dokter memiliki cara untuk mengartikan kesehatan secara sederhana. Disamping itu, menurut White, kesehatan merupakan keadaan normal pada sesorang yang tidak memilikim keluhan atau absennya gejala-gejala penyakit yang diidentifikasi secara medis pada saat proses pemeriksaan berlangsung.

Baca Juga : Manfaat Sholat Bagi Kesehatan

Perkins

Selain jauh sebelum Paune mengemukakan pendapat mengenai kesehatan, Perkins, seorang ahli medis telah mengungkapkan pada tahun 1938. Bahwasannya kesehatan merupakan keseimbangan yang dinamis antara fungsi dan bentuk tubuh dalam kaitannya dengan lingkungan sekitar yang memperngaruhi kedua elemen tersebut.

Paune

Ada seorang ahli dalam dunia medis, menjelaskan bahwa kesehatan adalah kenormalan pada fungsi-fungsi organ tubuh dalam menjalankan fungsi nya tanpa gangguan rasa nyeri atau kegagalan fungsi dalam melakukan aktifitas.

Neuman

Selain berbeda dengan pendapat Paune, Perkins, mau pun White, Neuman mengartikan kesehatan sebagai bentuk keseimbangan antara fisik, psikis, sosial, spiritual, budaya dan biopsisko pada tubuh seseorang dimana dapat disimpulkan bahwa Neuman juga mengarah pada makna sehat secara jiwa.

Moltmann

Ia menyatakan bahwa kesehatan bukan karena tidak adanya penyakit atau kecacatan, tetapi kesehatan adalah kekuatan untuk bertahan terhadap penyakit dan kecacatan tersebut.

Chr. Grundmann

Beliau menambahkan bahwa pengertian kesehatan adalah kemampuan menghadapi tantangan hidup yang berbeda-beda yang menunjang kehidupan.

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

WHO mungkin terdengar asing bagi orang awam. Tetapi organisasi yang memiliki nama panjang World Health Organization ini merupakan rezim kesehatan dunia atau dengan terjemahan Lembaga Kesehatan Dunia yang diampu langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Suatu WHO memiliki tugas untuk mendefinisasikan makna kesehatan dan penyakit termasuk pengawasan terhadap penanganan penyakit endemic serta obat-obatan di seluruh dunia. Dalam pernyataannya yang dikeluarkan tahun 1947, WHO mendefinisikan kesehatan sebagai keadaan mental, fisik dan kesejahteraan sosial yang berfungsi secara normal tidak hanya dari keabsenan suatu penyakit.

Pengertian Kesehatan Menurut Depkes

Suatu Departemen Kesehatan tentu memiliki definisi tersendiri bagi warga Indonesia untuk dapat lebih memahami dan peduli pada kesehatan mereka sendiri. Sebuah Departemen kesehatan merupakan lembaga yang berada dalam naungan langsung Kementerian Kesehatan oleh karena nya pengertian kesehatan secara langsung didefinisikan oleh Kemenkes sementara Depkes hanya tinggal menyebarluaskan saja.

Dan definisi kesehatan menurut Kemenkes yang tertulis dalam UU No 23 tahun 1992 merupakan keadaan normal dan sejahtera anggota tubuh, sosial dan jiwa pada seseorang untuk dapat melakukan aktifitas tanpa ada gangguan yang berarti. Dan dimana ada kesinambungan antara kesehatan fisik, mental dan sosial seseorang termasuk dalam melakukan interaksi dengan lingkungan.

Tujuan Pembangunan Kesehatan

Guna jangka panjang pembangunan bidang kesehatan diarahkan untuk tercapainya tujuan utama sebagai berikut:

  • Untuk peningkatan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan.
  • Guna perbaikan mutu lingkungan hidup yang dapat menjamin kesehatan.
  • Peningkatan status gizi masyarakat.
  • Pengurangan kesakitan (morbiditas) dan kematian (mortalitas).
  • Untuk pengembangan keluarga sehat sejahtera, dengan makin diterimanya norma keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

Dasar-Dasar Pembangunan Kesehatan

Berikut adalah dasar-dasar pembangunan nasional di bidang kesehatan yaitu :

  • Seluruh warga negara berhak memperoleh derajat kesehatan yang optimal agar dapat bekerja dan hidup layak sesuai dengan martabat manusia.
  • Semua pemerintah dan masyarakat bertanggung jawab dalam memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan rakyat.
  • Seluruh penyelenggaraan upaya kesehatan diatur oleh pemerintah dan dilakukan secara serasi dan seimbang oleh pemerintah dan masyarakat.

Jenis-Jenis Kesehatan

Kesehatan Fisik/ Jasmani

Suatu kesehatan tubuh merupakan kesehatan yang dinilai berdasarkan dari kondisi fisik seseorang. Dan istilah fisik erat kaitannya dengan masalah fisik misalnya terbebas dari luka ataupun terbebas dari penyakit yang dapat kita lihat baik penyakit luar maupun penyakit dalam.

Kesehatan Mental atau Jiwa

Suatu kesehatan mental merupakan kesehatan yang dapat dinilai dari kondisi jiwa atau pun mental dari seseorang. Dan istilah kesehatan mental sering di lekatkan kepada masalah-masalah stress dan masalah terkait pikiran.

Usaha Seseorang Menjaga Kesehatan

Dua orang ini Kals & Cobb mengemukakan tiga jenis usaha seseorang dalam mengatasi suatu penyakit dan mempertahankan taraf kesehatannya.

Health Behavior

Merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang diyakini mampu membangun kesehatannya dengan cara mencegah suatu penyakit atau menanggulangi gangguan penyakitnya. Dan kegiatan demikian, syaratnya seseorang harus mengetahui dasar pemikiran dan manfaat dari aktivitas demikian bahwa hal itu akan memberi manfaat penting. Misalnya, makan yang berigizi atau bernutrisi, diet makanan kolesterol tinggi, pemeriksaan teratur terhadap gigi, kesehatan fisik.

Ilness Behavior

Adalah suatu aktivitas yang di lakukan oleh seseorang yang sakit, untuk memperoleh informasi, nasihat atau cara penyembunyannya agar dirinya dapat kembali ke kesehatan sebelumnya. Misalnya ia mengalami sakit perut, maka membutuhkan nasihat dokter, teman atau perawat, obat apa yang harus dikonsumsinya.

Stick Role Behavior

Merupakan aktivitas yang dilakukan oleh idividu untuk menjalani proses penyembuhan dari rasa sakitnya. Dengan taraf perilaku demikian dialami individu ini yang lebih berat dibandingkan dengan illness behavior. Perilaku demikian, individu merasa sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit (menginap) agar tak memungkinkan melakukan aktivitas harian.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Kesehatan yang telah saya rangkum untuk sobat semua. Semoga dapat menembah wawasan dan informasi ya, terima kasih.

(Visited 116 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *