Pengertian Kerjasama Internasional Asas Serta Tujuannya

Diposting pada

Hay gays berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian kerjasama internasional. Yuk simak penjelasan berikut ini !

Pengertian Kerjasama Internasional

Pengertian kerjasama internasional ialah kerjasama yang di lakukan antara satu negara dengan negara lainnya, yang mempunyai tujuan bersama dan saling menguntungkan namun tetap berpedoman dengan politik dan ekonomi dari negara-negara yang menjalin kerjasama.

Umumnya kerjasama internasional meliputi beberapa bidang, mulai dari kerjasama di bidang ekonomi, pertahanan, pendidikan, teknologi serta keamanan. Kerjasama internasional juga di lakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang sudah di sepakati oleh negara yang bekerjasama. Selain itu kerjasama sama dapat di lakukan oleh semua negara tanpa pengecualian berdasarkan kebutuhan dari negara tersebut.

Pengertian Kerjasama Internasional Asas Serta Tujuannya

Selain akan berdampak terhadap keuntungan negara masing-masing, kerjasama internasional nantinya akan mempererat hubungan diplomasi yang sangat baik dari negara yang mengikuti atau menjalani kerjasama.

Untuk anggota yang mengikuti kerjasama tidak ada batasan berapa banyak anggota yang akan mengikuti kerjasama. Hal tersebut tergantung dari kesepakatan yang di setujui oleh negara-negara yang melakukan kerjasama. Kerjasama Internasional juga memiliki tujuan yang positif.

Asas Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional adalah hubungan antar negara di dunia. Hubungan ini tentu sudah diatur dan berdasar pada suatu asas. Adapun asas-asas yang melandasi di lakukannya hubungan internasional antara lain sebagai berikut:

Asas Teritorial

Asas teritorial ialah asas yang di dasarkan pada kekuasaan negara atas daerah atau wilayahnya. Negara memperlakukan hukum dan juga peraturannya untuk semua hal baik orang maupun barang yang ada di bawahnya. Sementara itu untuk luar daerah atau wilayahnya berlaku hukum asing.

Asas Kebangsaan

Ialah asas yang di dasarkan kekuasaan negara yang tetap berlaku untuk warga negaranya yang berada di luar wilayahnya atau berada di luar negeri. Asas ini juga disebut dengan asas ekstrateritorial.

Asas Kepentingan Umum

Ialah asas yang di dasarkan pada kekuasaan negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan kehidupan warganya. Menurut asas ini, negara dapat mengatur hukum yang sesuai dengan keadaan  dan peristiwa yang bersangkutan dengan kepentingan umum, serta tidak terbatas hanya pada wilayahnya saja.

Baca Juga : Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli Lengkap

Tujuan Kerjasama Internasional

Ada banyak sekali tujuan kerjasama internasional, baik secara umum tujuan dari kerjasama internasional ialah mewujudkan perdamaian dunia serta kemakmuran dunia.  Namun tujuan tersebut dapat di jabarkan kembali ke dalam uraian yang lebih rinci. Adapun beberapa tujuan dari kerjasama internasional antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memacu pertumbuhan ekonomi setiap negara
  • Mewujudkan pengertian antar bangsa dalam membina serta menegakkan perdamaian dunia
  • Menciptakan keadilan dan kesejahteraan yang merata untuk seluruh rakyatnya
  • Memperluas lapangan kerja
  • Memperkuat rasa persahabatan

Manfaat Kerjasama Internasional

Setiap hubungan dengan pihak lain pasti akan memberikan dampak positif. Setiap dampak positif kita rasakan sebagai manfaatnya, seperti halnya dengan kerjasama internasional. Kerjasama internasional merupakan hubungan yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang akan akan kita dapatkan dari kerjasama internasional antara lain sebagai berikut:

Saling menguntungkan masing-masing negara dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi

Kerjasama internasional beberapa di antaranya  bergerak dalam bidang ekonomi. Hal ini tentu saja bisa menguntungkan negara-negara yang menjalin kerjasama. Dengan melakukan kerjasama internasional kita dapat saling melakukan promosi produk ke negara lain.

Selain itu kita mendapatkan barang-barang yang tidak di produksi oleh negara kita sendiri dari negara lain. Contohnya kita mengimpor pisang dari negara penghasil pisang terbesar di dunia, mengimpor kopi dari negara penghasil kopi terbesar di dunia, dan lainnya. Dengan seperti itu kesejahteraan rakyat akan semakin meningkat.

Mewujudkan ketertiban dan kedamaian dunia

Kerjasama Internasional mempunyai misi untuk mewujudkan perdamaian dunia sehingga kehidupan akan menjadi tenteram dan damai. Sehingga dengan adanya kerjasama internasional maka kehidupan di dunia akan lebih tenang, permasalahan antar negara akan bisa di selesaikan secara lebih bijak.

Menanggulangi hal- hal yang dapat merusak budaya

Kerjasama internasional juga bisa menjadi benteng untuk menanggulangi berbagai kemungkinan yang bisa merusak budaya serta hal-hal yang bertentangan dengan ideologi suatu negara.

Meningkatkan penerapan IPTEK

Dengan adanya kerjasama internasional, maka negara berkembang yang notabebe mempunyai teknologi yang biasa saja dapat belajar dari negara yang lebih maju mengenai penetapan teknologi ini.

Meningkatkan sektor pertahanan dan keamanan

Kerjasama internasional juga akan membantu suatu negara untuk meningkatkan pertahanan serta keamanan suatu negara.

Mempererat hubungan antar negara

Selain menambah keuntungan negara, manfaat kerjasama internasional yang lainnya ialah mempererat hubungan antar negara. Hubungan antar negara seperti halnya hubungan persahabatan. Dengan menjalin kerjasama internasional maka akan semakin banyak peluang untuk suatu negara untuk meningkatkan berbagai hubungan lainnya di luar hubungan kerjasama tersebut.

Saling menghormati ideologi negara

Kerjasama internasional juga akan menjadikan negara-negara di dalamnya untuk saling menghormati ideologi negara satu dengan negara yang lainnya. Tidak dapat di pungkiri terkadang memang suatu negara mengalami sengketa karena ketidakcocokan ideologi. Namun hal ini dapat di atasi apabila kita melakukan kerjasama internasional

Demikianlah Pengertian Kerjasama Internasional Asas Serta Tujuannya. Semoga bermanfaat untuk kalian.

(Visited 266 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *