Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Kerajinan, Jenis Kerajinan Serta Contohnya

2 min read

Kreatifitas Kerajinan Tangan

Hello sobat, kita ketemu lagi ni, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang pengertian kerajinan dan apa sih jenis-jenis dan contohnya. Tentu kalian pernah melihat atau membuat suatu kerajinan tangan dirumah bukan? dan buat kalian yang belum tau dan belum pernah membuat, mari kita ulas lebih dalam mengenai pengertian kerajinan,  fungsi, serta contonya.

Kreatifitas Kerajinan Tangan
Kreatifitas Kerajinan Tangan

Pengertian Kerajinan

Pengertian Kerajinan Adalah suatu karya seni yang proses pembuatanya menggunakan keterampilan tangan manusia. Dan biasanya hasil dari sebuah kerajinan dapat menghasilkan sesuatu yang cantik dan indah, dengan sentuhan seni tinggat tinggi serta benda siap pakai.

Kerajinan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan, kecekatan, kegigihan, berdedikasi tinggi dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya (Kadjim 2011:10).

Jadi, kesimpulan nya kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).

Pengertian Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan adalah kegiatan menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahansehingga memiliki nlai jual. Kerajinan tangan yang memiliki kualitas tinggi tentu harganya akan mahal, jika kalian memiliki keterampilan dan berusaha untuk membuat suatu produk mungkin dengan kerajinan yang akan anda memiliki bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan.  Contoh Kerajinan Tangan: Sulam, seni lipat, renda, bordir, seni dekoratif dan sebagainya.

Kerajinan tangan mempunyai 2 fungsi, yaitu fungsi pakai dan fungsi hias.

  • Fungsi pakai adalah kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda kerajinan tersebut dan memiliki keindahan sebagai tambahan agar menjadi menarik.
  • Fungsi hias adalah kerajinan yang hanya mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan guna dari barang tersebut, contoh kerajinan ini seperti miniatur, patung, dan lain-lain yang hanya menjadi kenikmatan bagi siapa saja yang melihatnya.

Kerajinan Tangan jika dilihat dari segi bahan di bagi menjadi 2 yaitu:

  • Kerajinan bahan keras

Produk kerajinan dari bahan keras yaitu produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras. Beberapa bahan keras yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dapat dibagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut.

  1. Bahan keras alami, yaitu bahan yang diperoleh di lingkungan sekitar kita dan kondisi fisiknya keras. Misalnya; kayu, bambu dan rotan.
  2. Bahan keras buatan, yaitu bahan-bahan kerajinan. Misalnya; berbagai jenis logam dan fiberglass.
  • Kerajinan bahan lunak

Kerajinan bahan lunak merupakan suatu produk kerajinan yang menggunakan bahan bersifat lunak sebagai dasar pembuatannya. Bahan lunak terbagi ke dalam 2 jenis yakni bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

  1. Bahan lunak alami, merupakan bahan lunak yang diperoleh dari alam. cara pengolahanya pun alami tidak dicampur dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami; tanah liat, serat alam dan kulit hewan.
  2. Bahan lunak buatan, merupakan bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Contoh bahan lunak buatan; bubur kertas, gips, fiberglass, lilin, sabun, spons dan lain-lain.

Berbagai macam produk kerajinan dari bahan lunak:

Produk kerajinan yang di buat dari bahan alami atau buatan sangatlah beraneka ragam, mulai dari bentuk, warna atau fungsinya. Hasil karya kerajinan yang digunakan memiliki 2 fungsi yaitu; fungsi pakai dan fungsi hiasan. Berikut adalah aneka kerajinan dari bahan lunak beserta penjelasanya.

  1. Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat yang sering kita kenal dan bahkan dikenal banyak orang yaitu disebut dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah sebuah karya yang menggunakan bahan baku tanah liat sebagai bahan dasar utamanya. Dalam pembuatanya, kerajinan keramik terdapat proses-proses sedemikian rupa yang diantaranya adalah dipijit, dipilin, butsir, pembakaran dan glasir. Sehingga dengan melalui proses tersebut menghasilkan sebuah barang atau benda pakai dan benda hias.

Contoh kerajinan dari tanah liat atau kerajinan keramik:

  • Gerabah
  • Vas bunga
  • Guci
  • Piring
  • Gelas, dll
  1. Kerajianan Serat Alam

Berbagai macam-macam jenis kerajinan yang dihasilkan dari bahan-bahan serat alam juga melimpah dan beraneka ragam. Contohnya adalah dompet, tas tempat lampu, alas meja, topi dal lain-lain. Sebagian besar dalam pembuatan kerajinan dari serat alam ini menggunakan tehnik anyaman.

  1. Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit merupakan salah satu kerajinan yang bahan dasarnya menggunakan kulit yang sudah matang atau masak, kulit mentah atau kulit sentetis. Hasil karya dari kerajinan dari kult ini salah satunya adalah tas, dompet, sepatu, jaket, wayang dam lain sebagainya. Biasanya kerajinan kulit ini, bahan dasarnya berasal dari kulit hewan seperti kulit sapi, kulit kambing, kulit kerbau, kulit buaya, kulit ular dan kulit-kulit hewan lainya yang bagus dijadikan kerajin.

Itulah tadi pengertian kerajinan beserta contoh-contohnya.  Terima kasih sudah mau membaca artikel ini, semoga dapat menambah wawasan dan informasi buat kalian semua . See you .

Baca Juga :

Pengertian Batik Tulis

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Kerajinan Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Menggambar

(Visited 65.242 times, 4 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *