Pengertian Kelompok Sosial, Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Posted on

Hello sahabat Idpengertian.com semua,  hari ini mimin akan mengulas materi mengenai Pengertian Kelompok Sosial, yuk simak pembahasannya di bawah.

Pengertian Kelompok Sosial, Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya
Pengertian Kelompok Sosial, Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Kelompok Sosial

Definisi Kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi satu sama lain dan juga memiliki kesadaran pada suatu keanggotaan di sebuah kelompok bersama. Dalam kelompok sosial ini bisa tercipta karena tumbuhnya perasaan bersama lantaranya adanya interaksi yang sering terjadi di antara anggotanya. Di samping itu, jumlah dari kelompok di sosial masyarakat ini amat banyak dan dasar pembentukannya pun tidak sama.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Pakar Sosiologi

Bierstedt

Menurutnya kelompok sosial sebagai kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis, berhubungan satu dengan yang lain, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.

Robert K. Merton

Mendefinisikan bahwa kelompok sosial adalah merupakan sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola-pola yang telah mapan.

George Homans

Mengemukakan bahwa Kelompok sosial adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membuat sesuatu keseluruhan yang terorganisir dan berhubungan secara timbal balik.

Wila Huky

Menurutnya kelompok sosial adalah suatu unit yang terdiri atas dua atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

Mayor Polak

Ia mengartikan bahwa kelompok sosial sebagai sejumlah orang yang satu sama lain memiliki hubungan sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama.

Joseph S Roucek dan Roland L Warren

Mereka mendefinisikan kelompok sosial sebagai kelompok yang terdiri atas dua atau lebih manusia dan di antara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggota atau orang lain secara keseluruhan.

Baca Juga : Pengertian Lembaga Sosial

Paul B Horfon

Menurutnya kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

Soerjono Soekanto

Beliau mengatakan bahwa kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.

Ciri Kelompok Sosial

Kumpulan suatu individu dapat di sebut sebagai kelompok sosial jika masuk dalam kriteria kelompok sosial. Berikut ini persyaratannya :

  • Adanya suatu hubungan timbal balik atau feedback antara anggota satu dengan anggota lain dalam satu kelompok tersebut
  • Kemudian masing -masing individu dalam kelompok sosial menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompok tersebut.
  • Ada suatu faktor tertentu yang di miliki individu-individu dalam kelompok tersebut, sehingga ikatan yang ada di antara semakin erat. Dan faktor tersebut dapat berupa nasib yang sama, cita- cita yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, karakteristik fisik yang sama, ideologi politik yang sama dan sebagainya.
  • Adanya strukturisasi tersendiri dalam ikatan kelompok sosial, sehingga masing -masing anggotanya memiliki fungsi, peranan, serta kedudukan hierarkis jelas
  • terdapat kaidah-kaidah terkait dengan aktivitas kelompok tersebut
  • mempunyai pola perilaku dan interaksi aktif
  • Hubungan yang terjalin sudah berlangsung dalam beberapa waktu yang berarti (bisa minggu, bulan, tahun)
  • Suatu kejadian yang menimpa seorang individu, mempengaruhi perilaku individu anggota lain.
  • Adanya pergerakan atau dinamika di dalam kelompok tersebut.
  • Ada penegasan dan peneguhan norma-norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang di dalamnya mengatur interaksi serta kegiatan anggota kelompok dalam merealisasikan tujuan kelompok tersebut

Ciri-Ciri Umum Kelompok Sosial

  • Memiliki struktur sosial yang setiap anggotanya memiliki status dan peran tertentu dimana kelangsungan hidup kelompok tersebut bergantung pada kesungguhan para anggotanya dalam melaksanakan perannya.
  • Mempunyai norma dan nilai yang di berlakukan untuk mengatur hubungan diantara segenap anggotanya.
  • Merupakan kesatuan yang nyata dan dapat di bedakan dari kelompok manusia yang lain
  • Adanya interaksi dan komunikasi antar anggota
  • Ada kepentingan bersama

Fungsi Kelompok Sosial

Berikut ini adalah fungsi kelompok sosial dapat dilihat berdasarkan dampaknya, ada 2 yaitu :

Fungsi Kelompok Formal

Yaitu  sebagai saranamengerjakan tugas-tugas sulit yang saling berkaitan dan sukar dikerjakan secara individu. Dan sebagai sarana mencetuskan pikiran-pikiran baru atau sebagai pemecahan masalah yang membutuhkan kreativitas tertentu, dan juga sebagai wahana sosialisasi.

Fungsi kelompok individual

Merupakan fungsi kelompok yang berkaitan pada tiap – tiap individu yang memiliki beraneka macam kebutuhan. Dan dari kelompok inilah individu tersebut dapat memenuhi kebutuhan, seperti meliputi pemenuhan kebutuhan persahabatan, dukungan, dan kasih sayang.

Dan fungsi lain adalah sebagai sarana pengembangan, peningkatan serta penegasan rasa menegaskan rasa identitas dan pemeliharaan harga diri. Untuk sarana menguji kenyataan sosial melalui diskusi yamg dilakukan dengan orang lain, pengembangan diri dari segi perspektif, dan konsensus bersama. Guna mengurangi keragu-raguan dalam lingkungan sosial agar dapat diambil keputusan yang baik dan menguntungkan.

Fungsi Umum Kelompok Sosial

  • Meningkatkan semangat dan produktivitas di dalam berkelompok
  • Meningkatkan rasa percaya diri karena adanya perasaan mempunyai tempat bernaung
  • Membentuk kerjasama yang baik untuk dapat mengerjakan sebuah tujuan
  • Memiliki tempat untuk bercerita, berkeluh kesah, dan mencurahkan perasaan atau isi hatinya
  • Untuk sarana bertukar pikiran dan berdiskusi tentang aneka topik yang hendak dibicarakan bersama
  • Sebagai wadah pemersatu sekalipun individu -individu memiliki perbedaan latar belakang
  • Untuk meningkatkan interpersonal skill, terutama untuk berinteraksi dan mengambil tindakan yang berkaitan dengan orang lain atau orang banyak.

Dan demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Kelompok Sosial dari mimin untuk sahabat semua. Semoga menginformasi dan juga bermanfaat ya, terima kasih.

 

(Visited 8 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *