Pengertian Kelangkaan, Faktor dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Hai sobat Idpengertian.com yang budiman, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian yang akan berbagi informasi menarik untuk kalian semua. Sobatku, hari ini mimin akan mengulas materi mengenai Pengertian kelangkaan nih, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Kelangkaan, Faktor dan Cara Mengatasinya
Pengertian Kelangkaan, Faktor dan Cara Mengatasinya

Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan adalah suatu keadaan di mana jumlah barang yang di minta lebih banyak dari jumlah barang yang di tawarkan atau yang tersedia. Masalah kelangkaan merupakan masalah sebagaimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidup yang banyak dan beraneka ragam dengan sumber daya yang di miliki.

Faktor Penyebab Kelangkaan

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya suatu kelangkaan yaitu :

Keterbatasan Sumber Daya Alam

Suatu lingkungan alam menjadi salah satu sumber daya yang melimpah yang mampu menyediakan kebutuhan manusia. Tetapi, meski berlimpah sumber daya alam ini ada yang merupakan sumber daya yang dapat diperbarui dan ada juga yang tidak dapat diperbarui.

Sebuah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui inilah yang jumlahnya sangat terbatas sehingga penggunaannya harus benar –benar dikontrol. Namun, jumlah sumber daya alam secara keseluruhan dapat semakin berkurang akibat sifat manusia yang serakah dan eksploitatif. Dan hasilnya, sumber daya alam, baik yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui pun bisa mengalami kelangkaan.

Perbedaan Letak Geografis

Karena letak suatu geografis yang berbeda –beda dapat menyebabkan persebaran sumber daya menjadi tidak merata. Dan akibatnya, ada wilayah yang memiliki tanah subur dan kaya akan barang tambang,  namun ada pula wilayah yang tandus dan minim sumber daya alam, bahkan kekurangan air bersih.

Di samping itu, akibat adanya perbedaan letak geografis inilah, maka dapat timbul kelangkaan sumber daya. Dan kelangkaan sumber daya karena letak geografis ini umumnya lebih sulit untuk dihindari.

Ketidakseimbangan Pertumbuhan Penduduk

Ada seorang pakar demografi dan ekonomi politik Inggris bernama Thomas Robert Malthus. Yang menyatakan bahwa laju pertambahan penduduk lebih cepat daripada laju pertumbuhan produksi. Tapi masalahnya, laju pertambahan jumlah penduduk yang cepat ini pada kenyataannya tidak diikuti dengan hasil produksi.  Dan akibatnya, hasil produksi yang ada pun tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang beragam dan semakin bertambah.

Baca Juga : Pengertian Pembangunan Ekonomi

Rendahnya Kemampuan Produksi

Suatu ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia bisa terpenuhi ketika terdapat orang atau badan yang melakukan produksi. Hal itu di sebabkan karena kemampuan produksi ini berpengaruh secara langsung terhadap ketersediaan barang dan jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan.

Tapi sayang, kemampuan produksi yang terbatas dapat mengakibatkan rendahnya kapasitas produksi ini. Dan rendahnya kapasitas produksi ini pin di sebabkan oleh rendahnya kemampuan sumber daya manusia yang di gunakan dalam proses produksi.

Lambatnya Perkembangan Teknologi

Sebuah teknologi juga menjadi faktor penentu dalam upaya mamusia memenuhi kebutuhan hidup. Akan tetapi, teknologi yang di gunakan produsen dalam proses produksi ini sering tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Seorang produsen membutuhkan waktu yang relatif panjang untuk menerapkan teknologi produksi yang baru.

Sebenarnya, kebutuhan hidup manusia terus mengalami perkembangan, baik itu dalam segi kualitas maupun kuantitas. Dengan lambatnya perkembangan dan penerapan teknologi inilah yang kemudian menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia atau menyebabkan kelangkaan.

Terjadinya Bencana Alam

Suatu bencana alam juga menjadi salah satu faktor alam yang dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya bencana alam secara langsung dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Dan akibatnya, kelangsungan hidup manusia pun ikut terpengaruh.

Misalnya saja, bencana alam banjir dapat menghambat kelancaran distribusi barang dan jasa. suatu keterlambatan ini yang kemudian menyebabkan masyarakat tidak dapat segera mengkomsumsi barang dan jasa sehingga menimbulkan kelangkaan.

Cara Mengatasi Kelangkaan

Berikut ini adalah cara atau usaha yang dapat di lakukan manusia untuk mengatasi kelangkaan sumber daya yaitu :

Menyusun Skala Prioritas
  • Guna untuk menyusun skala prioritas coba perhatika hal-hal berikut ini :
  • Tingkat Urgensi/ kepentingan
  • Kesempatan yang dimiliki
  • Pertimbangan masa depan.
  • Kemampuan diri.
  • Memakai barang pengganti, contohnya minyak tanah diganti dengan arang atau kayu bakar.
  • Melakukan penghematan penggunaan sumber daya.
Pemanfaatan Sumber Daya Secara Efektif Dan Efisien

Berikut ini adalah cara pemanfaatan sumber daya secara efektif dan juga efisien yaitu :

  • Dapat mengubah bentuk benda untuk meningkatkan nilai hasil.
  • Bisa mengkombinasikan kegunaan benda.
  • Dengan memperbaiki barang yang rusak.
  • Dapat mendaur ulang barang bekas untuk di jadikan barang yang bernilai guna.
  • Dengan mengadakan tebang pilih dalam pemanfaatan hasil hutan dan mengadakan reboisasi.
  • Bisa dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Dengan mengelola dan mendayagunakan sumber daya secara cepat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Kelangkaan yang telah mimin sajikan untuk kalian semua. Semoga dapat menambah reverensi sobat semua dan juga dapat bermanfaat tentunya, dan tak lupa mimin ucapkan terima kasih.

(Visited 156 times, 3 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *