Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, 4 Teknik Dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, Teknik Dan Contohnya – Sebagai manusia tentunya kita sangat perlu memperhatikan kesehatan tubuh kita, terutama pada saat kita melakukan banyak aktivitas setiap harinya. Karena jasmani yang bugar akan menjadikan hidup kita lebih semangat.

Tahukah kalian, bahwa setiap aktivitas, kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ini memerlukan kebugaran jasmani. Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai kebugaran jasmani. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang memahami tentang apa itu kebugaran jasmani.

Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit akan menghindari tubuh yang memiliki Imun yang kuat. Untuk meningkatkan Imun, kita harus memiliki jasmani yang bugar dengan cara berolahraga, baik marathon dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya kita akan membahas pengertian kebugaran jasmani, apa saja komponennya, beberapa tekhnik rahasianya dan juga berberapa contohnya. Baiklah langsung saja pelajari poin-poin tersebut di bawah ini lengkap pokoknya.

Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, Teknik Dan Contohnya
Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, Teknik Dan Contohnya

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani ialah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Dan setelah melakukan aktivitas secara optimal, tubuh masih mempunyai cadangan tenaga untuk dapat melakukan kegiatan lainnya.

Untuk mmengetahui kebugaran jasmani seseorang,  harus dilakukan suatu tes dan pengukuran pada tes dan pengukuran terdapat sebuah prinsip dan prosedur latihan yang harus dilakuan. Yang pada akhirnya dari hasil tes dan pengukuran tersebut selanjutnya harus  diolah dan di interprestasikan supaya bisa diketahui secara artinya.

Secara umum, kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani bisa di klasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu :

Sehat, yaitu kondisi dimana tubuh (fisik dan psikis) terbebas dari semua penyakit.

Bugar, yaitu kondisi dimana tubuh mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa kelelahan yang berlebihan, dan masih punya cadangan tenaga.

Komponen-Komponen Dalam Kebugaran Jasmani

Untuk mencapai kesegaran jasmani di butuhkan beberapa komponen dan unsur-unsur yang harus di penuhi. Beberapa komponen kebugaran jasmani tersebut adalah :

Kekuatan (Strength)

Pengertian kekuatan ialah kemampuan otot dalam tubuh untuk memikul beban atau melakukan aktivitas. Setiap individu mempunyai batas kemampuan masing-masing dalam menggunakan ototnya untuk melakukan aktivitas.

Kekuatan otot bisa di tingkatkan dengan melakukan berbagai latihan fisik secara rutin dan teratur. Beberapa bentuk latihan fisik yang bisa meningkatkan kekuatan otot diantaranya:

  • Sit up, bertujuan untuk memperkuat otot perut
  • Push up, untuk memperkuat otot lengan
  • Squat jump, bertujuan untuk memperkuat otot tungkai dan perut
  • Pull up, untuk melatih kekuatan bahu dan tangan.

Daya Tahan (Endurance)       

Pengertian daya tahan ialah kesanggupan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan lain-lain, secara efektif dan efisien. Daya tahan tubuh juga bisa di latih dan di tingkatkan kemampuannya.

Akan tetapi, latihan daya tahan tubuh berbeda dengan latihan otot. Beberapa latihan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya :

  • Berjalan sehat secara rutin
  • Berlari kecil secara teratur
  • Senam kesehatan seminggu sekali
  • Berenang untuk melatih kekuatan paru-paru.

Baca Juga : Pengertian Olahraga Renang

Daya Otot (Muscular Power)

Pengertian daya otot ialah kesanggupan dan kemampuan otot dalam menghasilkan kekuatan secara semaksimal mungkin dalam waktu yang cepat. Contohnya, kemampuan seorang atlit angkat besi dalam memikul beban dalam waktu tertentu.

Kemampuan data otot bisa di tingkatkan, misalnya dengan latihan :

  • Vertical jump, untuk melatih daya otot tungkai
  • Front jump, bertujuan untuk melatih daya otot betis dan tungkai
  • Dan side jump, untuk melatih daya otot paha dan tungkai.

Kecepatan (Speed)

Pengertian kecepatan ialah kemampuan otot tubuh dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu sesingkat mungkin. Umumnya kecepatan di butuhkan dalam bidang olah raga tertentu, misalnya :

  • Balap sepeda
  • Lomba berenang
  • Lari sprint

Daya lentur (Flexibility)

Pengertian daya lentur ialah kesanggupan tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan yang memerlukan penguluran tubuh atau kelenturan. Bidang olah raga yang menuntut kelenturan tubuh yaitu senam, renang, yoga, balet, dan olah raga lainnya.

Berikut ini beberapa latihan untuk melenturkan otot tubuh:

  • Hip Flexor/ Quad Stretch (bertujuan untuk melenturkan otot pinggul, quads, dan hamstrings)
  • Bridge with Leg Reach (bertujuan untuk melenturkan otot dada, perut, pinggul, glutes, dan kaki)
  • Seated Trunk Twist (bertujuan untuk melenturkan otot punggung, perut, dan oblique)
  • Foldover Stretch (bertujuan untuk melenturkan otot leher, punggung, glutes, hamstring, dan betis)
  • Butterfly Stretch (bertujuan untuk melenturkan otot leher, punggung, glutes, hamstrings, paha)
  • Lower Back dan glutes (bertujuan untuk melenturkan otot punggung atas, bawah, dan glutes)
  • Swan Stretch (bertujuan untuk melenturkan otot bahu, punggung, dada, abs, oblique, hip flexor)
  • Reclining Pigeon (bertujuan untuk melenturkan otot punggung bawah, pinggul, glutes, dan hamstrings)
  • Quadriceps (bertujuan untuk melenturkan otot depan dan samping paha)
  • Standing Thigh Release (bertujuan untuk melenturkan otot punggung, perut, pinggul, glutes, dan quads)

Kelincahan (Agility)

Pengertian kelincahan ialah kesanggupan otot tubuh melakukan gerakan cepat pada posisi yang berbeda-beda, misalnya gerakan berpindah dari kiri ke kanan, dari depan ke belakang. Kelincahan dibutuhkan dalam beberapa jenis olah raga, misalnya bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, bola basket dan lain-lain.

Beberapa latihan yang dapat meningkatkan agility yaitu:

  • Berlari zig-zag
  • Lari cepat naik-turun tangga
  • Melompat dengan cepat

Koordinasi (Coordination)

Definisi koordinasi ialah kemampuan tubuh manusia dalam mengintegrasikan beberapa gerakan cepat secara efektif. Salah satu contoh koordinasi ialah gerakan mengontrol bola (juggling) dimana terjadi koordinasi antara gerakan kepala, bahu, kaki, dan anggota tubuh lainnya.

Keseimbangan (Balance)

Pengertian keseimbangan ialah kemampuan tubuh dalam mengontrol syaraf dan organ tubuh sehinggap dapat mengendalikan kegiatan tubuh dengan baik. Semua aktivitas manusia membutuhkan kemampuan keseimbangan.

Beberapa latihan yang bisa meningkatkan keseimbangan:

  • Berdiri dengan satu kaki
  • Berdiri terbalik dengan menggunakan tangan
  • Berjalan di atas tali, balok, atau batang bambu

Ketepatan (Accuracy)

Yang dimaksud dengan ketepatan ialah kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan membidik target dengan tepat. Beberapa olah raga yang menuntut akurasi ialah memanah, bowling, golf, bola basket, dan lain-lain.

Reaksi (Reaction)

Pengertian reaksi ialah kemampuan tubuh memberikan tanggapan dengan cepat terhadap rangsangan dari objek atau orang lain. Sebagian besar jenis olah raga membutuhkan kemampuan reaksi, contohnya reaksi untuk menyerang, menghindar, dan bertahan.

Teknik Kebugaran Jasmani

Berikut ini beberapa teknik kebugaran jasmani :

Melatih Kekuatan

Untuk melatih kekuatan maka latihan yang bisa di lakukan ialah dengan push up. Caranya, ambil sikap telungkup, kaki merapat dan luruskan. Jari–jari kaki di tempelkan di atas lantai untuk laki–laki dan untuk perempuan, kamu bisa menempelkan lutut di lantai. kemudian kedua tangan gunakan sebagai tumpuan dan letakkan di samping dada. Lalu Angkat tubuh kamu, dan turunkan. Lakukan berulang–ulang. Selain push up kamu juga bisa melakukan sit up.

Melatih Kecepatan

Untuk melatihnya kamu bisa melakukan jogging setiap pagi, dengan melakukan penargetan. Misalnya jarak 1 km di tempuh dengan waktu 20 menit dan sebagainya. Kamu juga bisa melakukan lari sprint. Jika tidak punya waktu untuk jogging, manfaatkan tangga di rumah, Anda bisa naik turun beberapa kali. Paling tidak hingga kamu mengeluarkan keringat.

Melatih Otot

Latihan otot dapat di lakukan melalui beberapa olahraga seperti senam, berenang, dan jogging. Jika kamu menyukai sepeda, bersepeda 3 kali seminggu juga bisa meningkatkan ketahanan otot Anda dan menjaga kekuatannya.

Melatih Kelentukan

Biasanya disebut juga dengan latihan fleksibilitas, cara terbaik untuk melakukan latihan ini yaitu dengan mempraktikkan beberapa gerakan mudah seperti memutar bahu ke depan dan ke belakang selama beberapa kali, melakukan latihan kelentukan sendi bahu, otot pinggang, dan togok atau cium lutut. Untuk permulaan kamu bisa melakukan pemanasan kecil terlebih dahulu sebelum olahraga.

Prinsip-prinsip Kebugaran Jasmani

Setiap idividu memerlukan kesehatan jasmani yang memadai untuk menjalankan rutinitasnya supaya lebih efisien tanpa mengalami kendala dan kasus kelelahan yang berarti. Berikut ini Prinsip-prinsip kebugaran jasmani:

1. Prinsip Overload

Prinsip latihan overload adalah suatu prinsip latihan bersama  dengan pembebanan di dalam latihan harus melebihi ambang rangsangan terhadap manfaat fisiologi yang dilatih. Dalam menjalankan latihan, porsi latihan harus bervariasi, hari-hari berat dan harus di selingi pula bersama dengan hari-hari latihan ringan.

2. Prinsip Konsistensi

Konsistensi adalah kemauan untuk jalankan latihan di dalam sementara yang lumayan lama. Untuk mencapai kondisi fisik yang baik di butuhkan latihan setidak-tidaknya tiga kali dalam seminggu. Latihan seminggu sekali tidak akan meningkatkan mutu fisik, sedangkan latihan dua kali per minggu hanya menghasilkan peningkatan kecil. Sebaliknya, latihan 5-6 kali per minggu tidak di sarankan sebab dapat menyebabkan kerusakan manfaat organ-organ tubuh.

3. Prinsip Spesifikasi

Latihan yang khusus akan meningkatkan pengaruh biologis dan mengakibatkan adaptasi atau penyesuaian dalam tubuh. Konsep spesifikasi di perkuat dengan fakta-fakta biomekanik dan masing-masing wujud atau type latihan mempunyai sumber kekuatan dan keperluan oksigen yang berbeda-beda. Yang menentukan spesifikasi  adalah macam atau wujud latihan, ukuran atau pertimbangan yang berbeda-beda dan saat latihan.

4. Prinsip Progresif

Latihan secara progresif adalah suatu latihan pembebanan yang di berikan terhadap seorang atlet harus ditingkatkan secara berangsur-angsur di sesuaikan kemajuan dan kekuatan atlet. Beban latihan yang ditingkatkan dalam waktu yang singkat dapat mempersulit proses adaptasi fisiologi dan dapat menyebkan terjadinya kerusakan fisik.

5. Prinsip tahap latihan

Respon peserta terhadap latihan terpengaruh oleh bagian latihan. Peserta pemula sebaiknya di awali bersama dengan dosis beban sedang, makin lam berlatih dosisnya makin meningkat. Pada tingkatan untuk mencapai kebugaran jasmani yang baik harus dengan dosis yang lumayan berat.

6. Prinsip Periodisasi

Periodisasi adalah progam jangka pendek bersama dengan berjangka dan bertahap (periode). Jangka dalam progam pendek harus di buat bertahap sepanjang tahun. Bentuk-bentuk latihan dan komponen-komponen yang di berikan dalam latihan haruslah menurut tingkat dan jenjang yang bertahap dalam progam latihan.

7. Prinsip Kestabilan

Pada saat awal tahun secara tertib di dalam organisasi mendapatkan suatu prestasi, prestasi dapat meningkat cepat. Namun, setelah tingkatan prestasi tertentu, mulai terasa bahwa prestasi sulit meningkat lagi.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani bukan hanya di gunakan untuk melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan gerakan atau latihan kebugaran jasmani dengan konsisten dan rutin setiap hati, makan akan ada banyak manfaat yang bisa di rasakan dan diperoleh yaitu:

  • Dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
  • Meningkatkan energi
  • Terhindar dari tulang keropos atau osteoporosis
  • Dapat meningkatkan kelenturan persendian
  • Meningkatkan kekuatan otot dan juga kecepatan
  • Meningkatkan sistem syaraf
  • Dapat mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh
  • Untuk meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh
  • Mempunyai kemampuan pemulihan organ tubuh dengan tepat
  • Mempunyai respon tubuh yang tepat dan cepat
  • Mengurangi resiko berat badan yang berlebihan atau obesitas
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Bisa untuk mengatasi depresi

Contoh Kebugaran Jasmani

Latihan daya tahan dan kekuatan termasuk dalam unsur-unsur kebugaran jasmani. Aktivitas latihan daya tahan yang bisa di lakukan antara lain: lompat tali, jalan kepiting, push up, sit up dan squat jump.

Lompat Tali

Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Posisi awal berdiri
  • Pegang tali pada kedua ujungnya
  • Letakkan Tali berada di belakang badan
  • Putar tangan ke depan hingga tali berputar ke atas dan ke bawah
  • Ketika tali berada di bawah, kaki melompat
  • Lakukan secara berulang.

Jalan Kepiting

Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Posisi awal tidur telentang
  • Kedua lutut ditekuk ke atas
  • Kedua telapak kaki bertumpu dilantai ke arah depan
  • Kemudian kedua telapak tangan bertumpu dibelakang lantai sehingga dada, perut, dan paha lurus
  • Berjalan ke depan.

Push Up

Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Sikap awal tengkurap tumpu
  • Kemudian bertumpu pada kedua telapak tangan dengan ujung kaki
  • Kedua lengan diluruskan ke atas, diantara kepala sampai kaki lurus
  • Lakukan berulang kali.

Sit Up

Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Posisi awal berbaring
  • Kedua kaki ditekuk dan dirapatkan
  • Kaitkan kedua tangan di belakang kepala
  • Lalu, temanmu memegangi kedua kakimu dengan cara menekan ke bawah dan ditahan
  • Angkat badan sampai dada menyentuh paha
  • Lakukan berulang kali.

Squat Jump

Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Posisi awal jongkok
  • Arah pandangan ke depan
  • Kaitkan kedua tangan di belakang kepala
  • Kaki kanan didepan, dan kaki kiri dibelakang
  • Gerakannya meloncat ke atas
  • Waktu gerakan meloncat ke atas, kedua kaki lurus
  • Setelah itu mendarat, yang tadinya kaki kanan di depan berganti kaki kanan yang dibelakang dengan posisi kedua kaki ditekuk.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kebugaran jasmani, komponen, teknik dan contohnya. Semoga dengan ulasan yang lengkap ini dapat memberikan bermanfaat untuk kamu.

“Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, 4 Teknik Dan Contohnya Terlengkap”

(Visited 5.627 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

2 komentar.

  1. Kebugaran jasmani menurut saya sendiri sangat penting untuk di perhatikan, apa lagi untuk kesehatan badan, tulisan ini sangat bagus dan menginspirasi saya untuk lebih giat lagi untuk berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *