23 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Posted on

23 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Dan Secara Umum – Indonesia mempunyai beragam budaya, dari mulai sabang sampai merauke terdapat banyak sekali kebudayaan yang setiap daerahnya berbeda-beda dan pastinya setiap kebudayaan mempunyai ciri khas masing-masing.

Namun apakah kamu tau ciri khas dari kebudayaan tersebut…? yuk simak beberapa penjelasan mengenai ciri khas budaya dan pengertianya lengkap.

Setelah sering mendengar kata budaya, tahukah kamu apa itu budaya ? Jika kamu belum tahu apa itu budaya simaklah pengertian budaya di bawah ini.

Pengertian Budaya Secara Umum

Budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu budhayah yang mempunyai arti segala sesuatu yang berkaitan dengan akal atau budi manusia.

Penjelasan mengenai Budaya adalah suatu adat atau cara hidup seseorang yang digunakan oleh masyarakat secara turun temurun.

Budaya yang digunakan sampai zaman sekarang tentunya mempengaruhi perkembangan zaman. Contohnya pakaian yang digunakan pada zaman dahulu dengan zaman sekarang sangat jauh berbeda.

Pada zaman dahulu menggunakan pakaian yang lebih sopan dibandingkan zaman sekarang yang lebih memperlihatkan auratnya.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Budaya merupakan suatu kebiasaan, adat, serta cara hidup seseorang, sedangkan kebudayaan merupakan hasil dari adat kebiasaan serta cara hidup seseorang. Namun para ahli mempunyai pengertian yang berbeda-beda tentang budaya.

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Para ahli mengemukakan pendapatnya tentang pengertian budaya. Adapun dibawah ini pengertian budaya menurut para ahli :

Josen dan Trenholm pengertian budaya diartikan sebagai seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode.

Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan mengemukakan bahwa suatu kebudayaan merupakan hasil karya cipta & rasa masyarakat.

R. Seokmono menerangkan bahwa budaya adalah hasil kerja atau hasil usaha manusia yang berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya.

Effat Al-Syarqawi mendefinisikan budaya berdasarkan sudut pandang agama islam, ia menjelaskan bahwa budaya adalah khazanah sejarah sekelompok masyarakat yang tercermin di dalam kesaksian dan berbagai nilai menggariskan bahwa suatu kehidupan harus memiliki makna dan tujuan rohaniah.

Ki Hajar Dewantara budaya merupakan hasil dari apa yang sudah dilakukan oleh masyarakat dan berpengaruh terhadap perubahan zaman. Perubahan yang terjadi memberi manfaat bagi masyarakat pada zaman sekarang untuk memanfaatkan perubahan budaya yang terjadi.

Kluckhohn dan Kelly budaya merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit, irasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Lengkap

Linton budaya merupakan keseluruhan dari sikap dan perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

Geert Hofstede budaya merupakan pemrograman bersama atas pikiran yang membedakan anggota-anggota satu kelompok orang dengan kelompok lainnya.

Edward T Hall budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya.

Francis Merill kebudayaan adalah semua perilaku dan produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.

Djojodigono (1958) kebudayaan adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

Lehman, Himstreet dan Batty budaya sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada masyarakat mereka sendiri.

Pengertian budaya menurut Parsudi Suparian apabila seseorang memahami budaya maka mereka juga dapat memahami mengenai segala perkara yang berhubungan dengan pengalaman yang pernah terjadi selama masa hidupnya.

Drs. Mohammad Hatta kebudayaan ialah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

Herskovits kebudayaan adalah sesuatu yang turun menurun dari satu generasi ke generasi lain yang kemudian disebut sebagai superorganik.

KKBI budaya berarti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa arti kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara berfikir manusia.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Terpopuler

E.B. Taylor budaya adalah suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.

Andreas Eppink mengemukakan pendapat bahwa suatu kebudayaan mengandung seluruh pengertian norma sosial, nilai sosial, dan juga ilmu pengetahuan beserta seluruh struktur sosial.

Robert H Lowie kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat yang mencangkup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik dan kebiasaan makan.

Budaya menurut Crydon (1973:4) adalah suatu sistem pola terpadu yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran namun semua yang mengatur perilaku manusia seperti senar di manipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

Dawson dalam bukunya yang berjudul Age of the gods kebudayaan merupakan cara hidup bersama.

Drs, Sidi Gazalba kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan waktu.

Raymond Williams (1961:16) budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

Demikianlah artikel tentang pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Dan Secara Umum. Semoga bermanfaat buat kamu. Dan bisa mengembangkan budaya-budaya yang ada di indonesia.

(Visited 468 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *