Pengertian Jaringan Komputer, Macam, Manfaat dan Fungsinya

Posted on

Assalamualaikum sobat Idpengertian.com semua, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian. Sobatku semua, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk mengulas materi mengenai Pengertian Jaringan Komputer. Simak pembahasanya di bawah ya.

Pengertian Jaringan Komputer, Macam, Manfaat dan Fungsinya
Pengertian Jaringan Komputer, Macam, Manfaat dan Fungsinya

Pengertian Jaringan Komputer

Mungkin kata jaringan komputer sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, dan mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Suatu jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain. Dengan melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Secara istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Salah satu dari tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Sebuah jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Dan selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Wikipedia

Berpendapat bahwa jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari banyak komputer (lebih dari satu komputer). Dan juga sengaja didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya atau resources, saling berkomunikasi satu sama lain, dan juga bisa saling mengakses informasi satu sama lain.

Techi Wire House

Mengemukakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain, yang mempunyai suatu koneksi tertentu.

Izaas El Said

Berpendapat bahwa Jaringan Komputer ialah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling bisa berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyai nya.

Baca Juga : Pengertian WWW

Jafar Noor Yudianto (2007)

Menyatakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri atas sebuah komputer-komputer yang didesain untuk bisa berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web).

Madcoms

Mengemukakan bahwa Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari beberapa buah komputer dan suatu peralatan penunjang lainnya, yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lainnya.

Zymon Machajewski

Berpendapat bahwa jaringan komputer ialah suatu seperangkat komputer yang saling terkoneksi secara bersamaan satu sama lainnya dengan tujun utama, yakni untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Dan salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer ialah sumber daya internet.

Macam-Macam Jaringan Komputer

LAN (Local Area Network)

Suatu jaringan ini memiliki lokasi jangkauan yang hanya 100 meter. Dan disebut juga jaringan yang khas dengan perusahaan, di mana di dalam perusahaan yang menggunakan jaringan LAN memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagi data rahasia.

MAN (Metropolitan Area Network)

Mempunyai lebih besar jangkauannya daripada jaringan LAN, yakni maksimal 10 sampai dengan 50 kilometer. Dan biasanya, jaringan MAN digunakan oleh perusahaan yang memiliki beberapa cabang namun cabang tersebut masih di dalam satu kota.

WAN (Wide Area Network)

Suatu jaringan WAN yakni jaringan komputer yang memiliki jangkauan antarbenua, dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.

Internet (Interconnected Network)

Adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan hingga seluruh pelosok di dunia ini. Dan seringkali dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global meliputi pendidikan, hiburan, teknologi, dan lain sebagainya.

Wireless

Adalah jaringan yang paling praktis karena tidak membutuhkan kabel. Karena di mana di dalam pengoperasiannya hanya mengandalkan teknologi radio (frekuensi). Dan disebut juga jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wi-Fi.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut ini merupakan beberapa manfaat jaringan computer yaitu :

  • Sebagai Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Contohnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Dan hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  • Kemudian sebagai Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Contohnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Jadi, bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
  • Dan Menghemat uang, Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Suatu komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Namun, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Karena ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.

Fungsi Jaringan Komputer

Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari jaringan computer yaitu :

Keamanan

Suatu jaringan komputer yang termasuk kedalam sistem memberikan sebuah layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain, sehingga terlindungi dari pengambilan hak cipta.

Biaya

Semua sumber daya hardware dapat di hemat karena dapat antara hardware dan komputer dapat berbagi. Dalam membangun jaringan dengan komputer kecil juga lebih murah daripada menggunakan mainframe. Dan terutama dengan menggunakan sistem client-server.

Kehandalan tinggi

Seluruh sumber alternatif dapat tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. Misalnya seperti aplikasi pada sebuah bank, yang mana ketika satu mesin saja tidak bekerja, maka kinerja lainnya dapat terganggu karena sumber mesin satu dengan lainnya adalah sama.

Kecepatan

Suatu jaringan komputer akan membuat kerjaan menjadi lebih cepat melalui fasilitas sharing nya yang memungkinkan dan memudahkan perpindahan (transfer) data antara dua komputer atau lebih.

Manajemen pemusatan aplikasi

Dalam sebuah jaringan komputer, dapat dilakukan pemusatan program aplikasi, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga untuk menginstalasi program pada masing-masing komputer. Di karenakan semua aplikasi yang hendak diinstal dapat di programkan melalui pusat (central)nya.

Skalabilitas

Suatu kinerja dapat ditingkatkan dengan cara menambah komputer server maupun client dengan mudah dan tanpa mengganggu kinerja komputer server atau client yang sudah ada lebih dulu.

Media komunikasi

Dalam jaringan komputer memungkinkan kerjasama antara orang-orang yang terpisah dengan jarak. Baik untuk berkomunikasi, bahkan bertukar data.

Akses informasi

Seluruh informasi yang dapat diakses lebih luas, bahkan informasi bisa diakses dan didapatkan dari jarak yang jauh sekalipun.

Berbagi sumber

Hal ini disebut juga dengan resource sharing, yaitu seluruh program, peralatan dan data yang digunakan oleh setiap orang yang termasuk kedalam sistem tanpa dipengaruhi oleh lokasi client dan servernya.

Hiburan interaktif

Suatu jaringan komputer juga memungkinkan orang-orang dapat mendapatkan hiburan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Jaringan Komputer, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua ya, terima kasih.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *