Pengertian Interaksi Sosial Dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Hay gays sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan interaksi sosial (social interactions)? Secara umum, pengertian interaksi sosial ialah suatu hubungan timbal balik antara individu dengan individu lainnya maupun kelompok atau antara kelompok dengan kelompok lainnya.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan suatu hubungan yang ada di antara dua atau bahkan lebih dari individu manusia. Yang mana perbuataan dari individu ini akan mengubah, mempengaruhi bahkan dapat memperbaiki kelakuan dari individu yang lainnya.

Interaksi sosial juga tidak sekedar berbicara mengenai tindakan tapi tindakanlah yang dapat mempengaruhi individu yang lainnya.

Pengertian Interaksi Sosial Dan Contohnya Lengkap

Lebih dari itu hubungan tersebut tidak hanya berlangsung secara timbal balik, akan tetapi juga terdapat unsur saling mempengaruhi satu sama lain setiap individu yang terlibat dalam kegiatan interaksi sosial tersebut.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Social interactions mempunyai karakteristik yang bisa terlihat di tengah masyarakat. Adapun ciri-ciri interaksi sosial adalah sebagai berikut:

  • Terdapat pelaku sosial yang lebih dari satu Proses social interactions hanya bisa terjadi ketika terdapat lebih dari satu orang
  • Terjadi proses komunikasi antar pelaku sosial dengan menggunakan simbol-simbol
  • Komunikasi antar pelaku interaksi bisa dilakukan dengan cara lisan, isyarat, dan gestur tubuh
  • Terdapat dimensi waktu (masa lampau, kini, masa depan) yang dapat menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung. Dengan kata lain proses social interactions pernah terjadi di masa lalu, masa kini, dan juga pada masa yang akan datang
  • Interaksi dilakukan karena ada tujuan-tujuan tertentu yang ingin di

Jenis dan Bentuk Interaksi Sosial

Interaksi sosial mempunyai berbagai macam bentuk serta dapat di kelompokkan dengan berdasarkan bentuk, subjek dan juga cara.

  • Interaksi sosial antar individu merupakan interaksi pada saat dua individu bertemu dengan cara langsung serta melakukan sebuah interaksi satu sama lain meskipun itu termasuk ke dalam bentuk yang sangat sederhana. Contohnya adalah saling menyapa dan juga tersenyum pada saat berpapasan di jalan.
  • Interaksi antar kelompok, dimana ini merupakan sebuah interaksi pada saat 2 kelompok yang berbeda saling bertemu. Komunikasi yang terjalin juga bukan lagi berkaitan dengan hal yang mempunyai sifat pribadi melainkan dengan kepentingan kelompok. Contohnya adalah pertemuan antara ormas dan lain sebagainya.
  • Interaksi individu dan juga kelompok, yaitu merupakan sebuah interaksi dari seseorang berkomunikasi dengan beberapa kelompok orang. Contohnya saja pada saat orang melakukan orasi di podium.

Baca Juga : Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Contoh Interaksi Sosial

Berikut ini adalah salah satu contoh dari interaksi sosial :
Contoh interaksi sosial dalam lingkungan masyarakat

Interaksi di dalam lingkungan masyarakat sangat beragam. Interaksi bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, mulai dari warung kopi, pasar, jalanan dan lain sebagainya. Dan interaksi ini bukan hanya dapat terjadi di lingkungan rumah, antar tetangga. Akan tetapi juga mempunyai cangkupan yang lebih luas.

karena siapa saja adalah bagian dari sebuah lingkungan masyarakat. Sedangkan bentuk interaksinya juga sangat bermacam-macam. salah satu contohnya adalah gotong-royong, yang menunjukan status dan peran sebagai masyarakat.

Contoh interaksi dalam lingkungan keluarga

Sebuah keluarga dari formasi silsilah keluarga dimana ada yang tertua hingga ada yang termuda. Biasanya dalam sebuah keluarga yang tinggal di bawah satu atap. Pasti kamu mengenal yang namanya ayah, ibu, kakak dan adik. Dan inilah yang dimaksud dengan interaksi dalam lingkungan keluarga.

Dalam lingkungan keluarga Interaksi terjadi setiap hari. Contohnya antara orang tua dan anak, dimana orangtua mempunyai aturan yang harus di patuhi dan anak mempunyai tugas untuk mematuhi aturan tersebut.

Tujuan Interaksi Sosial

Seperti menjalin sebuah hubungan interaksi sosial juga mempunyai tujuannya sendiri, baik tujuan individu maupun kelompok kepentingan. Berikut ini adalah tujuan interaksi sosial yang harus diketahui :

  • Menjalin hubungan persahabatan. Hubungan jenis ini dapat dibangun di lingkungan mana saj baik keluarga, masyarakat atau lingkungan kerja.
  • Menjalin hubungan usaha. Tujuan dari terjalinnya hubungan ini adalah agar tercipta sebuah kerjasama yang baik dan berkualitas. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mencari Mitra usaha.
  • Mendiskusikan gagasan. Setiap individu mempunyai ide, gagasan atau pemikiran yang butuh di sampaikan kepada orang lain yang mengerti akan hal tersebut. Dan salah satu tujuan dari Interaksi yaitu untuk mengungkapkan gagasan dan mendapatkan feedback.

Demikianlah Pengertian Interaksi Sosial Dan Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat buat kalian semua..

(Visited 113 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *