Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Integrasi, Jenis, Syarat Dan Contohnya

1 min read

Hy sobat Idpengertian.com semua, senang sekali rasanya saya bisa menyapa kalian semua. Sobat, kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Integrasi secarara lengkap. Yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Integrasi Dan Disintegrasi

Pengertian umum Integrasi adalah sebuah sistem yang mengalami pembauran hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. Dan Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Sedangkan Disintegrasi adalah keadaan tidak bersatu padu yang menghilangnya keutuhan atau persatuan serta menyebabkan perpecahan.

Pengertian Integrasi, Jenis, Syarat Dan Contohnya
Pengertian Integrasi, Jenis, Syarat Dan Contohnya

Pengertian Integrasi Menurut Para Ahli

Soedjati Djiwandono

Mendefinisikan bahwa Integrasi nasional sebagai cara bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri.

Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Mengemukakan bahwa Integrasi nasional merupakan proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

Yron Weiner

Menurutnya Integrasi nasional adalah proses penyatuan dari berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional.

Safroedin Bahar

Mengemukakan bahwa Integrasi nasional adalah mengintegrasikan yang berarti membuat untuk atau menyempurnakan  dengan jalan menyatukan unsur-unsur bangsa yang semula mula terpisah-pisah.

Howard Wriggins

Menurutnya integrasi nasional adalah penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan atau kesatuan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.

Baca Juga : Pengertian Gotong Royong

Jenis-Jenis Integrasi

Integrasi Nasional

Sebagaimana suatu proses penyesuaikan antara  berbagai unsur yang berbeda-beda dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam bentuk nasional sehingga akan muncul satu pola kehidupan baru yang fungsinya serasi dalam kehidupan masyarakat itu tadi.

Integrasi Bangsa

Merupakan golongan yang beranekaragam dan tidak bisa di rumuskan secara eksak. Kdan kebanyakan bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain.

Integrasi Sosial

Adalah suatu penyusaian antar unsur-unsur yang saling berbeda di dalam kehidupan sosial sehingga dapat menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi bagi masyarakat tersebut.

Integrasi Kebudayaan

Merupakan suatu  hal yang saling mempersoalkan keserasian fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Integrasi Masyarakat

Adalah suatu proses perpaduan dan penyatuan di antara unsur-unsur dalam masyarakat yang meliputi pranata, kedudukan sosial, dan peranan sosial.

Syarat Berhasilnya Integrasi

  • Di dalam meningkatkan integrasi sosial, Maka kita pada diri masing-masing yang seharus mengendalikan perbedaan maupun konflik yang ada pada satu kekuatan bangsa dan bukan malah sebaliknya.
  • Pada tiap masyarakat pasti ada yang merasa saling atau dapat mengisi kebutuhan antara satu, maupun antar kebutuhan yang lain dalam pengertian integrasi.

Contoh Integrasi

Berikut ini adalah contoh dari integrasi sosial dan integrasi sosial yaitu :

Integrasi Sosial

Terjadinya konflik sampit antara suku Dayak asli dan warga migran Madura di Kalimantan. Dan konflik tersebut pecah pada 18 Februari 2001 ketika dua warga Madura diserang oleh sejumlah warga Dayak. Kemudian konflik Sampit mengakibatkan lebih dari 500 kematian, dengan lebih dari 100.000 warga Madura kehilangan tempat tinggal.

Integrasi Nasional

POLRIdan juga TNI menghadapi gerakan-gerakan separatis yang mengancam persatuan Indionesia, mulai dari RMS tahun 1950, sampai masalah GAM di Aceh dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua.

Baca Juga : Pengertian Intregasi Nasional

Dan Squad, menarik sekali ya mempelajari Integrasi Nasional. Lalu sebagai warga negara yang baik, yuk kita selalu berusaha untuk menjaga integrasi nasional! Dan jangan lupa ya, Squad, walaupun berbeda-beda kita tetap satu bangsa, bangsa Indonesia.

Demikianlah ulasan materi singkat mengenai Pengertian Integrasi , semoga dengan tulisan yang sederhana ini bisa menambah informasi dan pengetahuan sobat semua. Dan semoga dapat berfaedah ya, terima kasih dan jngn lupa share.

(Visited 10.295 times, 2 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *