Pengertian Iman, Islam, Dan Ihsan Lengkap

Diposting pada

Pengertian Iman, Islam, Dan Ihsan Lengkap_Sahabat Idpengertian yang budiman, Iman, Islam dan juga Ikhsan adalah dasar Agama. Malaikat jibril datang menemui rosulullah saw dan membenarkan tiap kali selesai di jawab oleh nabi. Dalam hal ini malaikat jibril as ingin mengajari sahabat lewat tanya jawab antara malaikat jibril dan rosulullah.

Pengertian Iman, Islam, Dan Ihsan Lengkap
Pengertian Iman, Islam, Dan Ihsan Lengkap

IMAN

Pengertian Iman dari bahasa Arab yang artinya percaya. Selain itu menurut istilah pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan di amalkan dengan tindakan (perbuatan).

Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaannya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dngan amal perbuatan secara nyata.

Jadi, ketika seseorang dapat di katakan sebagai seorang mukmin (orang yang beriman) yang sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan di atas. Dan apabila seseorang mengakui dalam hatinya tentang keberadaan Allah, kemudian di ikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan.

Sebab, ketiga unsur keimanan tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan tudak dapat dipisahkan.

Firman Allah

Beriman kepada Allah adalah suatu kebutuhan yang sangat mendasar bagi seseorang. Karena Allah memerintahkan agar umat manusia beriman kepada-Nya, sebagaimana firman Allah yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman. Tetaplah beriman kepada Allah dan RosulNya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al Qur’an) yang diturunkan kepada RosulNya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Dan barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rosul-rosulNya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh.”(Q.S.An Nisa : 136)

Dari ayat di atas, kita bisa simpulkan bahwa bila kita ingkar kepada Allah maka akan mengalami kesesatan yang nyata. Dan orang yang tersesat tidak akan bisa merasakan kebahagiaan dalam hidup. Oleh karenanya, beriman kepada Allah sesungguhnya adalah untuk kebaikan manusia.

Baca juga: Pengertian Iman Kepada Kitab Allah

ISLAM

Pengertian Islam secara etimologi atau secara bahasa berarti tunduk, patuh, atau berserah diri. Adapun menurut syariat (terminologi), apabila di mutlakan berada pada dua pengertian yaitu:

Yang pertama: apabila disebutkan sendiri tanpa diiringi dengan kata iman, maka pengertian islam mencakup seluruh agama, baik ushul (pokok) maupun furu’ (cabang), juga seluruh masalah aqidah, ibadah, perkataan dan perbuatan.

Kedua, apabila kata islam di sebutkan bersamaan dengan kata iman, maka yang di maksud islam adalah perkataan dan amal-amal lahiriyah yang dengannya terjaga diri dan hartanya, baik dia meyakini islam atau tidak. Sedangkan kata iman berkaitan dengan amal hati.

IHSAN

Kataa Ihsan berasal dari bahasa Arab yaitu ahsan-yuhsinu-ihsanan yang artinya kebaikan atau berbuat baik. Dan pelakunya disebut muhsin.

Sedangkan menurut istilah ihsan adalah perbuatan baik yang dilakukan oleh seseorang dengan niat hati beribadah kepada Allah swt.

Ihsan atau kebaikan tertinggi adalah seperti yang di sabdakan Rasulullah Saw. “Ihsan hendaknya kamu beribadah kepada Allah swt seolah-olah kamu melihatnya, dan jika kamu tidak dapat melihatnya, sesungguhnya dia melihat kamu.” (HR. Bukhari).

Penggolongan Ihsan oleh Para Ulama

Para ulama menggolongkan ihsan menjadi 4 bagian yaitu:

  • Ihsan kepada Allah
  • Kepada diri sendiri
  • Sesama manusia
  • Bagi sesama mahluk

Al-Ghazali memberikan pendapat bahwa orang yang mau berhubungan langsung dengan Allah maka harus terlebih dahulu memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia.

Untuk mengenal Allah swt maka sebelumnya perlu mengenal diri sendiri, karena pada diri sendri setiap manusia ada unsur ketuhanan. Sedangkan cara untuk mengenal diri adalah dengan mengetahui proses kejadian manusia itu sendiri.

Kaitan Iman, Islam dan Ihsan

Barang siapa yang telah bersifat islam, maka ia dinamakan muslim, dan siapa yang bersifat iman, maka ia dinamai orang mukmin. Dan sungguh islam dan iman itu tidak dapat dipisahkan.

Dengan demikian, apabila seorang islam tetapi tidak iman, maka ia tidak mendapat faedah di akhirat, walaupun dilahirkan islam. Karena inilah yang disebut dengan kafir zindiq dan akan berada di dalam siksa neraka selama-lamanya.

Begitu juga sebaliknya, jika seorang beriman tetapi tidak islam, maka ia tidak selamat dari siksa neraka yang amat dahsyat, mereka itu bukanlah mu’min muslim asli tetapi mu’min muslim tabai, yang beriman dan berislam karena mengikuti kedua orang tuanya atau nenek moyangnya.

Antara iman, islam dan ihsan, ketiganya tidak bisa dipisahkan oleh manusia di dunia ini, kalau diibaratkan hubungan diantara ketiganya adalah seperti segitiga sama sisi yang sisi satu dan sisi lainya berkaitan erat. Segitiga ini tidak akan terbentuk kalau ketiga sisinya tidak saling mengait. Jadi manusia yang bertakwa harus bisa meraih dan menyambungkan antara iman, islam dan ihsan.

Demikian penjelasan singkat mengenai. Pengertian Iman, Islam, Dan Ihsan, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk mampir ke artikel Idpengertian lainnya, karena akan ada banyak referensi untuk kalian.

(Visited 10.847 times, 73 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *