Pengertian Ilmu Pendidikan Dan Tujuannya

Diposting pada

Pengertian Ilmu Pendidikan Dan Tujuannya – Perkembangan hasil pikiran atau buah pikir dari pemikiran manusia selalu berkembang ya gays. Sehingga dalam menentukan batasan mengenai makna dan pengertian pun juga selalu berubah seperti misalnya pengertian ilmu pendidikan. Ada banyak hal yang mempengaruhi perubahan pemikiran mengenai pengertian maupun maknanya, yang mana salah satunya adalah berkembangnya pemikiran para ahli.

Selain itu berkembangnya sistem pendidikan serta berkembangnya teknologi pun juga turut andil dalam perubahan yang terjadi. Salah satunya pada perubahan pemikiran mengenai pengertian atau deskripsi dari ilmu pendidikan itu sendiri.

Ilmu pendidikan sendiri bisa diartikan secara sederhana sebagai suatu kajian yang membahas secara detail mengenai pendidikan itu sendiri. Baik itu dari sisi pengertian pendidikan sampai pada sistem dan perkembangan dari pendidikan itu sendiri.

Pendidikan dalam kehidupan memang sangat penting sekali, tanpa pendidikan kita tidak akan bisa semaju saat ini, jika kita lihat 50 tahun yang lalu, pendidikan masih sangat minim sekali, apa lagi pada saat penjajahan, hanya orang yang terpilih yang mendapatkan fasilitas pendidikan ini, namun saat ini saya yakin sudah lebih dari 98% penduduk indonesia mendapatkan pendidikan yang layak.

Suatu bangsa atau negara yang maju bisa dilihat dari segi pendidikan yang mereka lakukan, semakin banyak pendidikan yang berkualitas maka akan semakin tinggi pula kemajuan negara tersebut, memang tidak bisa kita pungkiri pendidikan saat ini sudah sangat banyak, namun pengajaran dalam sekolah masih kurang tepat sasaran, kenapa kurang tepat sasaran…? karena memang masih banyak sumber daya manusia yang kurang sadar akan pentingnya pendidikan.

Pengertian Ilmu Pendidikan
Pengertian Ilmu Pendidikan

Pengertian Ilmu Pendidikan

Pengertian ilmu pendidikan tidak terlepas dari dua kata yang di padukan yaitu ilmu dan pendidikan. Menurut KBBI Pengertian ilmu ialah Pengetahuan tentang sesuatu bidang yang di susun secara bersistem menurut metode tertentu, yang bisa di gunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang itu.

Sedangkan pengertian pendidikan yaitu usaha-usaha yang sengaja di pilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani dan akhlak. Sehingga secara bertahap bisa mengantarkan anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang di lakukannya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Dengan demikian Pengertian Ilmu Pendidikan adalah suatu kumpulan ilmu pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan mempunyai metode-metode tertentu yang ilmiah untuk menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan bantuan atau didikan yang di berikan oleh orang dewasa kepada orang yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya dalam rangka mempersiapkan dirinya untuk kehidupan yang bermakna bagi dirinya, masyarakat dan Pencipta-Nya.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Secara umum atau Etimologi, kata pendidikan dalam bahasa inggris di sebut dengan education, dalam bahasa latin pendidikan di sebut dengan educatum yang tersusun dari dua kata yaitu E dan Duco dimana kata E berarti sebuah perkembangan dari dalam ke luar atau dari sedikit banyak, sedangkan Duco berarti perkembangan atau sedang berkembang. Maka, pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Menurut Ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan Nasional Indonesia mengemukakan bahwa pengertian pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Jadi pengertian pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Menurut Ahmad D. Marimba

Pengertian pendidikan adalah suatu bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.

Menurut Martinus Jan Langeveld

Mendefinisikan pendidikan adalah upaya menolong anak untuk dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri supaya dapat bertanggung jawab secara susila. Dan pendidikan merupakan usaha manusia dewasa dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan.

Menurut Gunning Dan Kohnstamm

Pengertian pendidikan adalah suatu proses pembentukan hati nurani. Dan sebuah pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.

Menurut Stella Van Petten Henderson

Mengemukakan bahwa pendidikan adalah suatu kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri dan warisan sosial.

Menurut Carter V. Good

Pengertian pendidikan adalah suatu proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap dan perilaku bermasyarakat. Dan proses sosial di mana seseorang di pengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial.

Menurut Prof. Herman H. Horn

Beliau memiliki pendapat bahwa pendidikan yaitu satu sistem dari penyesuaian lebih tinggi untuk makhluk yang sudah berkembang secara fisik serta mental yang bebas dan sadar pada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional serta tekad dari manusia.

Menurut Driyarkara

Pengertian pendidikan dapat di simpulkan sebagai satu usaha dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke skala yang insani.

Pengertian Pendidikan Menurut UU

Pendidikan menurut UU No.20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi. Untuk mempunyai kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Pendidikan merupakan satu sistem evaluasi untuk tiap-tiap individu untuk meraih pengetahuan serta pemahaman yang lebih tinggi tentang object spesifik serta khusus. Dan pengetahuan yang didapat secara resmi itu menyebabkan pada tiap-tiap individu yakni mempunyai pola fikir, tingkah laku serta akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

Fungsi Pendidikan

4 fungsi pendidikan menurut Horton dan Hunt yaitu :

  • Membantu melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.
  • Untuk menanamkan keterampilan yang di butuhkan dalam keikutsertaan dalam demokrasi.
  • Guna mempersiapkan setiap anggota masyarakat agar dapat mencari nafkah sendiri.
  • Untuk membangun mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.

5 fungsi pendidikan menurut David Popenoe adalah :

  • Memastikan terjadinya integrasi sosial di masyarakat.
  • Lembaga pendidikan mengajarkan corak kepribadian.
  • Menjadi sumber-sumber inovasi sosial di masyarakat.
  • Guna mentransfer atau pemindahan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  • Memilih dan mendidik manusia tentang peranan sosial.

Dasar Ilmu Pendidikan Menurut Undang-Undang

Pengertian Pendidikan Dan Fungsinya Lengkap
Pengertian Pendidikan Dan Fungsinya Lengkap

Yang dimaksud dengan dasar di sini yaitu sesuatu yang menjadi kekuatan bagi tetap tegaknya suatu bangunan atau lainnya. Seperti pada rumah atau gedung, maka pondasilah yang menjadi dasarnya.

Begitu pula halnya dengan pendidikan, dasar yang di maksud adalah dasar pelaksanaannya, yang mempunyai peranan penting untuk dijadikan pegangan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah-sekolah atau di lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

Berikut ini dasar pendidikan di negara Indonesia secara yuridis formal yang telah di rumuskan antara lain sebagai berikut:

  • UU tentang Pendidikan dan Pengajaran No. 4 tahun 1950, Nomor 2 tahun 1945, Yang bunyinya.: Pendidikan dan pengajaran berdasarkan atas asas-asas yang termaktub dalam Pancasila. Undang-Undang Dasar RI dan kebudayaan bangsa Indonesia.
  • Ketetapan MPRS No. XXVII/ MPRS/ 1966 Bab II Pasal 2 yang bunyinya.: Dasar pendidikan adalah falsafah negara Pancasila
  • Dalam GBHN tahun 1973, GBHN 1978, GBHN 1983 dan GBHN 1988 Bab IV bagian pendidikan bunyinya.: Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila.
  • Tap MPR Nomor II/MPR/1993 tentang GBHN dalam Bab IV bagian Pendidikan yang bunyinya. Pendidikan Nasional (yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • UU RI No 2 Tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

Dengan demikian jelaslah bahwa dasar pendidikan di Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945 sesuai dengan UUSPN No. 2 tahun 1989 dan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003.

Baca Juga : Contoh Rpp Satu Halaman Lengkap

Tujuan Ilmu Pendidikan Di Indonesia

Tujuan pendidikan yaitu suatu faktor yang amat sangat penting di dalam pendidikan. Karena tujuan merupakan arah yang ingin di capai atau yang ingin di tuju oleh pendidikan. Begitu juga dengan penyelenggaraan pendidikan yang tidak dapat di lepaskan dari sebuah tujuan yang hendak di capainya. Hal ini di buktikan dengan penyelenggaraan pendidikan yang di alami bangsa Indonesia.

Tujuan pendidikan secara umum dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Di dalam UU No 2 Tahun 1985 tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya. Yaitu yang beriman dan dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, mempunyai pengetahuan dan kerampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa.
  2. Menurut TAP MPR NO II/MPR/1993 tujuan pendidikan yaitu  Meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, maju, mandiri, cerdas, tangguh, kreatif,disiplin, terampil, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani. Dan pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan memepertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawaan sosial, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi pada masa depan.
  3. TAP MPR No 4/MPR/1975, tujuan pendidikan adalah membangun di bidang pendidikan di dasarkan atas falsafah negara pancasila dan di arahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangun yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggung jawab dapat menyuburkan sikap demokratis dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan di sertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam UUD 1945.

Baca Juga : Pengertian Koperasi

Kesimpulan Mengenai Pendidikan

Pendidikan memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, jika kita tidak mempunyai pendidikan maka tidak mungkin negara kita ini akan dapat berkembang pesat seperti sekarang ini, dengan ilmu pendidikan maka kita dapat menemukan sesuatu hal yang baru, dengan penelitian dan renungan.

Hal yang baru juga akan menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan dimasa mendatang, seperti halnya teknologi, pada tahun 2000 Indonesia belum mengenal adanya internet mungkin sudah ada namun hanya sebagian orang saja yang dapat menggunakannya, saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita.

Poin yang bisa kita ambil dari ilmu pendidikan yaitu membuat kita semakin pintar dan maju, tidak mudah di bodohi orang lain dan pastinya kita mampu bersaing dengan negara berkelas seperti australia dan lainnya.

Demikianlah artikel pengertian ilmu pendidikan dan tujuannya, semoga bermanfaat, dan dapat menambah wawasan kamu ya gays. Sampai jumpa !

“Pengertian Ilmu Pendidikan Dan Tujuannya”

(Visited 3.976 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *