Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli – Berbicara masalah ilmu kalam, pasti akan mengarah dan menekankan pada suatu pemikiran untuk mempertahankan Islam dari berbagai ancaman maupun tantangan dari luar.

Pengertian Ilmu Kalam

Secara etimologi ilmu kalam terdiri dari dua perkataan, yaitu pertama ilmu kalam berarti pengetahuan dan arti yang kedua kalam mempunyai arti atau percakapan. Umumnya ilmu kalam  di gunakan sebagai nama dari ilmu yang membahas aqidah-aqidah dalam Islam. Ilmu kalam merupakan ilmu yang membicarakan bagaimana menetapkan kepercayaan-kepercayaan keagamaan dengan bukti-bukti yang yakin. Ilmu kalam juga biasa digunakan untuk membahas soal keimanan.

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli
Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli

Para ahli ilmu kalam menjadikan persoalan teologi sebagai pokok kajian. Beberapa ahli kalam menjelaskan tentang pengertian ilmu kalam. Berikut ini penjelasannya, yuk langsung saja simak !

Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian ilmu kalammenurut para ahli :

Syekh Muhammad Abduh

Ilmu kalam itu sebagai suatu ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang di sifatkan bagi-Nya, dari sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya, dan juga membahas tentang rasul-rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz yang di hubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang di hubungkan kepada diri mereka.

Ibnu Kholdun

Ilmu kalam adalah sebagai ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan-kepercayan iman dengan menggunakan dalil-dalil pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunnah. Menurutnya, ilmu kalam berpijak dari rukun iman yang harus di percayai oleh setiap muslim agar memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat. Rukun iman ini harus dibuktikan dengan cara rasional.

Mustafa Abdul Raziq

Menjelaskan bahwa ilmu kalam adalah sebagai ilmu yang sangat erat hubungannya dengan keyakinan iman atau aqidah seseorang yang berasal dari argumen-argumen yang rasional.

Al-Farabi

Beliau merupakan seorang tokoh muslim yang jenius pada masa kejayaannya. Beliau mengemukakan bahwa ilmu kalam sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang ketauhidan atau keesaan zat Allah dan sifat-sifatnya beserta eksistensi-eksistensinya, mulai yang berkenaan dengan masalah dunia hingga masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrin Islam.

Ilmu kalam juga sering disebut dengan ilmu tauhid atau ushuludin. Pokok bahasan ilmu tauhid fokus pada keesaan Allah baik dzat maupun keesaan-Nya. Ilmu kalam juga disebut dengan Ilmu Aqidah atau Ilmu Ushuludin. Karena banyak yang membicarakan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan kepercayaan-kepercayaan dan dasar-dasar ajaran agama. Bagi orang Kristen, ilmu kalam disebut sebagai ilmu theologi.

Baca Juga : Pengertian Qada Dan Qadar Menurut Islam

Macam-Macam Ilmu Kalam

Ilmu Tauhid

Yaitu merupakan ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat Allah, yang membahas tentang dalil-dalil untuk membuktikan adanya Dzat yang mewujudkan, dan membahas dalil-dalil sam’iyat untuk mempercayai sesuatu dengan yakin.

Ilmu Aqa’id

Ialah simpulan atau buhul yang berarti kepercayaan yang tersimpul dalam hati atau pendangan yang ebrsemayam dalam jiwa manusia dan diyakini kebenarannya sehingga tidak mudah dilepaskan.

Ilmu Usuluddin

Ilmu Usuluddin yaitu merupakan ilmu yang membahas tentang prinsip-prinsip dasar agama dengan menggunakan dalil-dalil Qat’iyyah dan logika.

Fungsi Ilmu Kalam

  1. Untuk menjaga kemurnian dasar-dasar agama dan memberikan dasar-dasar argumentasi yang kuat di hadapan para penentangnya
  2. Memberikan arahan dan petunjuk kepada orang-orang yang membutuhkan nasihat. Khususnya jika Islam bersinggungan dengan teologi agama yang lain dalam masyarakat yang heterogen
  3. Ilmu kalam berfungsi untuk menopang dan menguatkan sistem nilai ajaran islam yang terdiri dari 3 pilar, yaitu :
  • Iman sebagai landasan akidah
  • Islam sebagai manifestasi syariat, ibadah dan muamalah
  • Ihsan sebagai aktualisasi akhlak
  1. Menjadi pijakan bagi ilmu-ilmu syariah
  2. Menjaga kesucian niat dan keyakinan yang merupakan dasar dalam perbuatan untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat untuk kamu.

(Visited 1.433 times, 12 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *