Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap

2 min read

Pengertian ekonomi menurut para pakar dan ahli

Pengertian ilmu ekonomi – Salah satu mata pelajaran yang saya dan Anda pelajari di sekolah adalah pelajaran ekonomi.

Secara garis besar, mendengar kata ekonomi disebut, dalam pikiran kita akan terngiang keuangan. Entah itu cara mendapatkan uang, cara mengelola keuangan dengan baik dan kapan harus membelanjakannya.

Faktanya, banyak dari kita yang mengalami masalah keuangan. Ada yang terbelit hutang dan ada yang sampai harus menjual aset karena pengelolaan keuangan yang kurang maksimal.

Pengertian ekonomi menurut para pakar dan ahli
Pengertian ekonomi menurut para pakar dan ahli

Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, cara sederhana yang bisa kita tempuh adalah dengan mempelajari ilmu ekonomi.

Sebelum itu, memperjelas pemahaman mengenai pengertian ilmu ekonomi adalah hal penting yang harus kita lakukan. Berikut pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam KBBI, dijelaskan bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses produksi, distribusi, dan proses konsumsi.

Selain itu, kata ekonomi berkaitan dengan pemanfaatan waktu, tenaga, dan uang agar memiliki manfaat dan nilai yang optimal.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Wikipedia

Dalam ensiklopedi bahasa Indonesia, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana upaya yang dilakukan untuk mewujudkan kemakmuran dalam hidup.

Adapun masalah yang dihadapi terkait dengan ekonomi adalah terbatasnya alat pemenuh kebutuhan dibandingkan dengan keinginan manusia yang sifatnya tidak terbatas.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ensiklopedi Bahasa Indonesia

Pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari mengenai usaha yang dilakukan manusia untuk sampai pada titik kemakmuran sesuai dengan harapan, termasuk di dalamnya adalah interaksi yang timbul dan juga reaksi timbal balik dari usaha untuk mencapai kemakmuran itu.

Artikel Terkait : Pengertian Akuntansi Lengkap

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles, filsuf Yunani Kuno, yang dimaksud dengan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari mengenai suatu cabang ilmu pengetahuan dimana sesuatu (benda atau yang lain) di dapatkan atau dibeli yang kemudian dipakai sendiri atau ditukarkan dengan barang yang lain.

Singkatnya, ilmu ekonomi menurut pandangan filsuf yang satu ini ada dua kegunaan, yaitu nilai pakai dan nilai tukar.

Nilai pakai berhubungan dengan aktivitas konsumtif penggunaan barang, sedangkan nilai tukar berhubungan dengan produksi dan distribusi.

Semisal, barang-barang tersebut diproduksi untuk ditukarkan dengan uang.atau dengan barang lain yang nilainya sama.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Suherman Rosydi

Menurutnya, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana gejala masyarakat yang timbul sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan.

Atau, sebagai usaha untuk mempelajari gejala yang muncul dalam masyarakat sebagai upaya yang mereka lakukan untuk mencapai kemakmuran dan memenuhi kebutuhan.

Singkatnya, menurut ahli Suherman Rosydi, pengertian ilmu ekonomi tidak lepas dari gejala yang ditimbulkan untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran finansial.

Gejala yang ditunjukkan masing-masing individu atau sekelompok masyarakat tentu berbeda satu dengan yang lain.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Prof. Anthony Samuelson

Menurut ahli yang satu ini, definisi ilmu ekonomi cukup sederhana. Menurutnya, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia sehari-hari dan bagaimana cara mereka mendapatkan (kecukupan finansial) dan menikmati kehidupannya.

Menurut  Profesor yang satu ini, ilmu ekonomi tidak lepas dari adanya aktivitas untuk menikmati kehidupan.

Manusia punya hak untuk hidup enjoy (yang salah satunya adalah dengan berusaha dan bekerja untuk mendapatkan kemakmuran finansial sehingga kebutuhan sehari-harinya terpenuhi.

Saat seseorang itu kebutuhan setiap harinya terpenuhi, maka hidupnya akan lebih nyaman dan lebih tenang.

Lain halnya dengan mereka yang berada di bawah himpitan masalah ekonomi seperti hutang piutang, hidupnya akan jauh dari kata enjoy.

Artikel Terkait : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Case and Fair

Menurut kedua ahli ini, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya agar sumber daya yang tersedia dan jumlahnya langka itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan bisa dibagi dengan generasi yang hidup sebelum dan setelahnya.

Disini, pengertian sumber daya yang dimaksud bisa jadi sumber daya alam yang manfaatnya tidak hanya untuk kepentingan masa kini saja tetapi juga masa yang akan datang.

Itulah tadi cuplikan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli. Ilmu ekonomi adalah ilmu praktis yang harus kita pahami agar pengelolaan pendapatan berjalan dengan baik.

Seperti yang kita tahu banyak masalah bersumber dari masalah ekonomi saat ini, seperti contoh dollar melambung tinggi sampai menyentuh angka Rp.15.700,00

(Visited 181 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *