Pengertian Iklan Niaga Dan Non Niaga Serta Contohnya

Posted on

Pengertian iklan niaga dan non niaga. Iklan bukanlah hal asing yang pernah kita di dengar. Tentu anda pernah melihat atau mendengar nya di berbagai media bukan?. Pada umumnya iklan sering di munculkan pada berbagai media, baik cetak maupun elektronik seperti koran, majalah, internet, televisi, radio dan lain sebagainya.

Secara umum, iklan  diartikan sebagai informasi tentang suatu barang atau jasa yang di tawarkan kepada masyarakat luas, yang berisi bujukan kepada pembaca yang melihat atau mendengarnya, Sehingga merasa tertarik dengan barang atau jasa yang di tampilkan pada iklan tersebut.

Contoh Iklan Niaga Sprite
Contoh Pengertian Iklan Niaga Sprite

Pengertian Iklan Niaga dapat di kelompokan menjadi beberapa bagian. Berdasarkan sifat, tujuan dan ruangnya. Berdasarkan sifatnya iklan di kelompokan menjadi 2 jenis, yaitu iklan niaga dan iklan non niaga. Berdasarkan tujuanya iklan di bedakan menjadi, iklan penawaran iklan permintaan dan iklan pengumuman. Sedangkan berdasarkan teks ruang iklannya, iklan di bedakan menjadi iklan baris dan iklan kolom(display).

1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

Iklan Niaga

Iklan niaga sering juga di sebut dengan iklan komersial atau iklan produk, karena memiliki tujuan agar para pembaca nya dapat terpengaruh untuk membeli barang atau jasa yang di tawarkan pada iklan tersebut.

Jadi, iklan niaga adalah iklan yang memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk dari perusahaan serta mempengaruhi agar mereka menggunakan barang barang yang ada pada iklan tersebut dan ini juga bisa dikatakan pengertian teks iklan yang di pelajari di kelas XII untuk Ekonomi dan Bahasa Indonesia.

Contoh iklan niaga atau iklan produk sangat lah banyak, baik yang berupa iklan produk baru atau layanan jasa yang belum dikenal oleh masyarakat luas untuk di promosikan.

Contoh iklan produk niaga

Iklan niaga biasanya di buat dengan semenarik mungkin, dengan menambah gambar dan promo-promo murah dengan tujuan agar menambah minat bagi si pembacanya. Di bawah ini adalah 2 contoh iklan niaga.

1). Iklan produk niaga

Iklan niaga produk dapat berupa barang, makanan atau minuman.

Beberapa tagline iklan produk yang terkenal diantaranya: Indomie seleraku(Indomie), jelas lebih enak(Kapal Api), semua bisa jadi macan(Biskuat), apapun makanannya, minumnya teh botol sosro(Teh Sosro), orange No.1 di Dunia(Floridina Orange) dan lain sebagainya.

2). Iklan niaga jasa

Iklan niaga jasa menawarkan berbagai layanan jasa diantaranya: iklan penawaran jasa layanan servis komputer dan laptop, iklan penawaran jasa layanan servis mobil dan motor, iklan jasa sedot WC, iklan jasa penerjemah, iklan jasa desain arsitektur dan lain sebagainya.

Iklan Non Niaga

Iklan non niaga adalah iklan yang di buat untuk mempengaruhi masyarakat agar memiliki rasa simpati dan dukungan terhadap suatu permasalahan aspek yang di iklan kan. Iklan non niaga di sebut juga dengan “iklan layanan masyarakat”.

Isinya memuat tentang masalah-masalah sosial yang sering di jumpai dalam lingkungan masyarakat. Iklan ini dibuat untuk menyampaikan pesan-pesan sosial kepada masyarakat.  Biasanya iklan ini beredar ketika masyarakat sedang mengalami suatu masalah tertentu.

Contoh iklan layanan masyarakat : iklan tentang bahaya narkoba, iklan anjuran berhenti merokok, iklan ajakan untuk membayar pajak, iklan keluarga berencana, iklan untuk menghemat air, iklan ajakan untuk menghemat listrik, iklan untuk menjaga lingkungan dan lain sebagainya.

Iklan Non Niaga Listrik
Iklan Non Niaga Listrik

2. Jenis Iklan Berdasarkan tujuanya

Berdasarkan tujuannya, iklan di bedakan menjadi iklan permintaan atau iklan penawaran dan iklan pengumuman.

1). Iklan permintaan yaitu iklan yang di tunjukan kepada sebuah kalangan masyarakat tertentu agar mau bekerja sama dengan perusahaan atau pihak yang membuat iklan tersebut. Misalnya iklan lowongan pekerjaan.

2). Iklan penawaran yaitu iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada msayarakat luas, agar masyarakat mempunyai keinginan untuk membeli atau menggunakan nya. Misalnya, iklan produk makanan ringan atau minuman, iklan konveksi dan lain sebagainya.

3). Iklan pengumuman yaitu iklan bertujuan untuk memberi pengetahuan atau pengumuman kepada masyarakat tentang suatu peristiwa atau kabar berita. Misalnya kematian, pernikahan, kelahiran atau kesuksesan seseorang. Penggunanya kebanyakan terkait dalam ruang lingkup keluarga, dan sering kali di sebut dengan iklan keluarga. Misalnya, iklan ucapan selamat ulang tahun, iklan berita duka dan lain sebagainya.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Ruang

Jenis iklan ini, dibedakan menjadi iklan baris dan iklan kolom(display). Berikut pengertian nya.

1). Iklan baris merupakan iklan yang singkat dan terdiri atas beberapa baris dalam sebuah kolom tertentu. Iklan ini dapat di temukan pada koran atau majalah. Misalnya,iklan lowongan pekerjaan, iklan penawaran jasa, iklan rumah di jual atau di kontrakan dan lain sebagainya. Iklan baris biasanya menggunakan kata-kata yang singkat namun cukup jelas guna menghemat tempat.

2). Iklan kolom(display) merupakan iklan yang terdiri atas gambar ilustrasi atau foto yang di lengkapi dengan kata-kata sebagai kalimat iklan. Iklan ini berukuran lebih besar dan lebih menarik perhatian dari iklan baris.

Demikian penjelasan tentang pengertian iklan niaga dan non niaga beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda, terima kasih.

(Visited 1,457 times, 9 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *