Pengertian Identitas Nasional, Unsur, Fungsi dan Kararakteristiknya

Posted on

Selamat siang sobat Idpengertian.com semua, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian yang akan memberi informasi untuk kalian. Sahabat Id pada kesempatan kali ini mimin akan  mengulas materi mengenai Pengertian Identitas Nasional untuk kalian semua. Langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini ya.

Pengertian Identitas Nasional

Pengertian Identitas Nasional adalah suatu jati diri yang khas dimiliki oleh suatu bangsa dan tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Identitas sendiri di ambil kata Identitu, yang memiliki arti tanda-tanda, ciri-ciri, atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain.

Jadi, Pengertian Identitas Nasional adalah kumpulan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan. Dan dari ratusan suku yang dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar dan arah pengembangannya.

Pengertian Identitas Nasional, Unsur, Fungsi dan Kararakteristiknya
Pengertian Identitas Nasional, Unsur, Fungsi dan Kararakteristiknya

Pengertian Identitas Nasional Menurut Para Ahli

Koenta Wibisono (2005)

Suatu Identitas Nasional merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa (nasion) dengan ciri khasnya, yang membuat berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.

Dean A Mix dan Sandra M Hawley

Identitas Nasional adalah suatu bangsa yang mempunyai bangunan politik seperti ketentuan-ketentuan perbatasan teritorial pemerintah yang sah, pengakuan bangsa lain, dan sebagainya.

Koerniatmante Soepraptowiro

Menurutnya secara hukum peraturan tentang kewarganegaraan merupakan suatu konsekuensi lnagsung dari perkembangan nasionalisme.

Baca Juga : Pengertian Kewarganegaraan

Berger

Mengemukakan dalam bukunya yang berjudul “The Capitalis Revolution” ideologi kapitalislah yang akan menguasai dunia serta mengubah masyarakat satu persatu menjadi sistem internasional yang menentukan nasib bangsa-bangsa dibidang sosial, politik, dan kebudayaan.

Toyanbee

Mengatakan bahwa ciri khas suatu bangsa yang ialah lokal genius dalam menghadapi tantangan dan respon. Bila tantangan besar sementara respon kecil maka bangsa tersebut akan punah. Tetapi apabila tantangan kecil sementara respon besar maka bangsa tersebut akan berkembang menjadi bangsa yang kreatif.

Unsur-unsur identitas nasional

Suku bangsa

Adalah golongan sosial yang khusus dan bersifat askriptif. Yang artinya, individu memilikinya sejak lahir dan bukan kuasanya untuk memilih. Contohnya, kamu sebagai orang Minang, saya orang Asmat. Minang dan Asmat adalah identias masing-masing kita.

Agama

Merupakan golongan sosial yang klasifikasinya berdasarkan agama atau aliran kepercayaan. Seorang ndividu sejak lahir biasanya sudah berafiliasi ke salah satu agama. Yang pertama atas arahan orang tua yang punya ’hak prerogatif’ menentukan apa agama anaknya.

Bahasa

Adalah suatu golongan sosial yang didasarkan pada aspek simbolik yang secara arbiter dibentuk sebagai sarana interaksi. Seorang individu mempelajari simbol-simbol yang membentuk bahasa sejak lahir. Dan kemajuan bahasa sangat berhubungan dengan kemajemukan budaya karena bahasa merupakan bagian dari budaya.

Fungsi Identitas Nasional

Suatu identitas nasional memiliki tujuan dan fungsi sebagai berikut ini yaitu :

Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Yang menjadi tujuan utama adanya identitas nasional adalah sebagai alat untuk mempersatukan bangsa. Dan seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam suku, agama dan kebudayaan. Suatu identitas nasional digunakan sebagai merek untuk mempersatukan keberagaman Indonesia tersebut. Di samping itu, hal ini juga digunakan untuk memperkenalkan akan Indonesia kepada bangsa lainnya.

Sebagai Pembeda Dengan Bangsa Lainnya

Dan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa identitas nasional merupakan suatu ciri – ciri, tanda – tanda dan ciri khas akan suatu negara tersebut. Dengan hal inilah yang akan membuat negara tersebut berbeda dengan negara lainnya. Dan pastinya dengan adanya identitas nasional akan menjadi pembeda suatu bangsa lebih khusus dan spesifik.

Merupakan Landasan Negara

Suatu identitas nasional merupakan suatu landasan negara. Yang artinya identitas nasional digunakan sebagai panduan, pemersatu dan merupakan pegangan agar bisa mewujudkan cita – cita dan tujuan negara tersebut. Di samping itu, identitas nasional digunakan untuk gambaran akan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh negara tersebut. Itu di sebabkan karena setiap negara berbeda satu sama lainnya.

Identitas Negara Tersebut

Dan fungsi paling penting dari identitas nasional adalah identitas atau jati diri suatu negara. Yang di mana dengan adanya identitas nasional bisa membuat suatu negara lebih menonjol di bandingkan dengan negara lainnya. Semua ini tentunya menjadi suatu ciri khas tertentu akan sebuah negara dengan adanya identitas nasional tersebut.

Karakteristik Identitas Nasional

Suatu karakteristik akan identitas nasional bisa dikatakan sebagai ciri khusus, kebiasaan atau pola hidup masyarakat yang menempati wilayah tersebut. Dan untuk Indonesia sendiri ada 8 karakteristik identitas nasional yang dimiliki, seperti berikut ini :

Kesatuan Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terluas di dunia. Sebab itu, setiap pulau di Indonesia memiliki adat istiadat, bahasa dan kebudayaan yang berbeda – beda. Dari Sabang sampai Merauke. Dan kesatuan Indonesia ini merupakan karakteristik identitas nasional Indonesia yang sangat berharga dan unik. Sampai-sampai menjadi suatu ciri khas tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Persamaan Nasib

Semua hal ini di buktikan dengan sejarah yang menegaskan bahwa Indonesia di jajah oleh bangsa asing dalam waktu yang cukup lama. Suatu kondisi tersebut di rasakan hampir seluruh rakyat Indonesia pada masa itu. Dan hal ini tercermin dalam identitas nasional yang ada pada pembukaan UUD 1945.

Keinginan Untuk Merdeka

Seluruh penduduk Indonesia memiliki keinginan untuk sama – sama terbebas dari belenggu penjajahan, baik penjajahan fisik maupun mental. Sampai-sampai hal ini sudah tercantum di UUD 1945 yang berbunyi “segala bentuk penjajahan di muka bumi ini harus dihapuskan”.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Identitas Nasional yang telah saya rangkum untuk sahabat Id semua. Semoga dapat menginformasi dan juga memberi manfaat ya, terima kasih.

(Visited 17 times, 8 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *