Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Berbagai pengertian hukum menurut para ahli hukum telah dikemukakan, sayangnya belum ada satupun pendapat tentang pengertian hukum yang dapat di terima oleh semua orang. Akan tetapi setidaknya harus ada unsur hukum yang wajib terkandung dalam rumusan pengertian hukum.

Dalam hal ini sebenarnya apa sih hokum itu ? Dalam pengertian sederhana, hukum adalah kumpulan peraturan hidup perintah-perintah dan larangan-larangan yang mengatur tata tertib dalam masyarakat yang seharusnya di taati oleh seluruh anggota masyarakat.

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli
Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli sudah berusaha memberikan pengertian tentang hukum, untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Prof. Dr. Van Kan

Hukum ialah segala peraturan yang mempunyai sifat memaksa yang di adakan untuk mengatur dan melindungi kepentingan orang di dalam masyarakat.

Bellfoid

Menurutnya Hukum adalah aturan yang berlaku di suatu masyarakat yang mengatur tata tertib masyarakat itu atas dasar kekuasaan yang ada pada masyarakat.

Duguit

Hukum yaitu tingkah laku anggota masyarakat, aturan yang penggunaannya di saat tertentu di acuhan oleh suatu masyarakat sebagai jaminan atas kepentingan bersama terhadap orang yang melanggar peraturan.

Plato

Hukum ialah segala peraturan yang tersusun dengan baik dan teratur yang mempunyai sifat mengikat hakim dan masyarakat.

Immanuel Kant

Menurutnya Hukum adalah semua syarat dimana seseorang mempunyai kehendak bebas, sehingga bisa menyesuaikan diri dengan kehendak bebas orang lain dan menaati peraturan hukum mengenai kemerdekaan.

Borst

Hukum yaitu semua peraturan bagi perbuatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana saat pelaksanaan dapat di paksakan dengan tujuan untuk mendapat keadilan.

Mr. E.M. Meyers

Hukum yaitu aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan. Dan Hukum ditujukan kepada perilaku manusia dalam masyarakat yang menjadi pedoman bagi para penguasa Negara dalam menjalankan tugas.

Austin

Pengertian Hukum adalah peraturan yang diciptakan guna memberi bimbingan kepada makhluk yang berakal oleh makhluk berakal yang berkuasa atasnya.

Abdul kadir Muhammad

Berpendapat bahwa Hukum adalah semua peraturan baik itu tertulis atau tidak tertulis dan mempunyai sanksi tegas terhadap para pelanggar hukum.

Abdul Wahab Khalaf

Mengemukakan bahwa Hukum adalah tuntutan Allah yang berkaitan dengan perbuatan orang yang sudah dewasa menyangkut perintah, larangan, dan boleh tidaknya untuk melaksanakan atau meninggalkan sesuatu.

Baca Juga : Pengertian Otonomi Daerah

Aristoteles

Hukum ialah kumpulan beraturan yang tidak hanya mengikat tapi juga hakim untuk masyarakat. Dimana UU akan mengawasi hakim dalam menjalankan tugasnya untuk menghukum para pelanggar hukum

Karl Max

Hukum yaitu cerminan dari hubungan hukum ekonomis suatu masyarakat di dalam suatu tahap perkembangan tertentu.

Drs. E. Utrecht, S.H

Pengertian Hukum adalah suatu himpunan peraturan yang berisi perintah dan larangan yang mengatur tata tertib kehidupan di masyarakat dan harus dipatuhi oleh setiap individu dalam masyarakat karena pelanggaran akan pedoman hidup dapat mendatangkan tindakan dari lembaga pemerintah.

Leon Duguit

Hukum ialah seperangkat aturan tingkah laku anggota masyarakat dimana aturan tersebut harus ditaati oleh masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama. Jika dilanggar maka akan mendatangkan reaksi bersama terhadap pelanggar hukum.

Ridwan Halim

Hukum adalah semua peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang intinya peraturan itu berlaku dan diakui sebagai peraturan yang wajib ditaati dan di patuhi dalam kehidupan di masyarakat.

Soerso

Menurutnya Hukum adalah himpunan peraturan yang di ciptakan oleh pihak berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat, yang mempunyai ciri perintah dan larangan bersifat memaksa dengan memberikan sanksi bagi pelanggar hukum.

Tullius Cicerco

Hukum adalah akal tertinggi yang di tanamkan oleh alam kepada diri setiap manusia untuk memutuskan segala sesuatu yang boleh di lakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

M.H. Tirtaatmidjaja

Hukum yaitu norma yang harus ditaati dalam tingkah laku dalam pergaulan hidup dengan ancaman harus mengganti kerugian jika melanggar aturan tersebut karena membahayakan diri sendiri atau harta.

Soeroso

Hukum ialah kumpulan peraturan yang diciptakan oleh pihak berwenang untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat dan memiliki ciri memerintah, melarang, atau memaksa dengan memberikan sanksi hukum bagi pelanggar nya.

Wasis Sp

Menurutnya Hukum adalah seperangkat peraturan tertulis atau tidak tertulis yang di buat oleh pihak berwenang. Dan bersifat memaksa, mengatur, dan mengandung sanksi bagi pelanggar nya. Ditujukan pada perilaku manusia agar kehidupan setiap orang dan masyarakat terjamin ketertibannya dan keamanannya.

Phillip S. James

Hukum ialah tubuh bagi aturan yang menjadi petunjuk bagi tingkah laku manusia yang mempunyai sifat memaksa.

Prof. Achmad Ali

Menurutnya Hukum adalah seperangkat asas-asas hukum, aturan-aturan hukum, norma-norma hukum yang mengatur dan menetapkan perbuatan yang dilarang dan yang benar, diakui oleh negara tetapi belum tentu di buat oleh negara, yang berlaku tetapi belum tentu dalam realitas nya berlaku karena ada faktor internal (psikologis) dan faktor eksternal (politik, budaya, sosial, ekonomi) yang jika dilanggar akan mendapatkan sanksi.

Thomas Aquinas

Menurutnya Hukum adalah perintah yang berasal dari masyarakat dan apabila terjadi pelanggar hukum, pelanggar akan diberikan sanksi oleh tetua masyarakat bersama dengan semua anggota masyarakatnya.

Montesquieu

Hukum ialah gejala sosial dan perbedaan hukum dikarenakan oleh perbedaan alam, politik, etnis, sejarah, dan faktor lain dari tatanan masyarakat. Untuk itu hukum suatu negara harus di bandingkan dengan hukum negara lain.

Wiryono Kusumo

Hukum yaitu semua peraturan baik tertulis atau tidak tertulis yang mengatur tata tertib masyarakat dan kepada pelanggar hukum akan dikenai sanksi. Tujuan hukum yaitu untuk mengadakan kebahagiaan, keselamatan, dan ketertiban dalam masyarakat.

Satjipto Raharjo

Hukum yaitu karya manusia berupa norma-norma yang berisi petunjuk tingkah laku. Hukum merupakan cerminan dari kehendak manusia mengenai bagaimana seharusnya masyakat dibina dan kemana masyarakat harus diarahkan. Pertama hukum itu harus rekaman dari ide yang dipilih oleh masyarakat tempat hukum dibuat, ide tersebut berupa ide tentang keadilan.

Hans Kelsen

Pengertian Hukum adalah ketentuan sosial yang mengelola perilaku mutual antar manusia yaitu ketentuan mengenai serangkaian peraturan yang mengelola perilaku tertentu manusia (norma). Hukum ialah ketentuan.

Demikianlah pengertian hukum menurut beberapa para ahli. Semoga bermanfaat untuk kamu yang membaaca dan semoga kamu bisa mendefinisikan apa itu pengertian hukum.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *