Pengertian Hormon Dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

Hy sobatku semua, jumpa lagi dengan saya admin Idpengertian.com yang baik hati dan sedikit sombong hhhe. Sobat, kali ini saya akan mengulas materi mengenai Hormon, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Hormon Dan Fungsinya Lengkap
Pengertian Hormon Dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Hormon

Hormon berasal dari bahasa Yunani hormein, yang berarti “memacu” atau “menggalakkan”. Di dalam kamus kesehatan, Pengertian Hormon adalah senyawa yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu, yang bekerja memacu fungsi organ tubuh tertentu sehingga akan terlihat hasilnya. Artinya, meskipun dibutuhkan dalam jumlah terbatas, namun fungsinya cukup menentukan. Hormon di tubuh kita dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Dan kelenjar tersebut tidak memiliki saluran khusus sehingga hormon yang dihasilkan langsung diedarkan oleh darah. Proses pengeluaran hormon dari kelenjarnya disebut inkresi.

Hormon memiliki peran yang sangat penting dalam metabolisme tubuh manusia, seperti hal nya enzim. Tapi bedanya, kalau enzim memiliki kemampuan untuk mempercepat suatu reaksi metabolisme, sedangkan hormon mempunyai peranan penting untuk mengontrol fungsi tubuh dan menentukan tingkat metabolisme.

Fungsi Hormon

Suatu hormon sangat bermanfaat karena dari fungsi yang dilakukan hormon pada organ tertentu. Fungsi hormon adalah sebagai berikut.

  • Bisa mempengaruhi dalam metabolisme glukosa, protein dan lemak pada seluruh tubuh
  • Mengendalikan tekanan darah
  • Merangsang dalam pembentukan sel darah merah
  • Dapat mengendalikan dalam perkembangan ciri seksual dan sistem reproduksi
  • Juga mengendalikan pembentukan dan pelepasan hormon oleh korteks adrenal
  • Merangsang pembentukan dan pelepasan dari kelenjar tiroid
  • Mempertahankan homeostasis, keseimbangan keadaan tubuh dengan lingkungan sekitarnya

Baca Juga : Pengertian Gen

Seperti yang kita tahu didalam tubuh manusia terdapat 9 kelenjar endokrin yang berfungsi menghasilkan hormon, yaitu :

Hipotalamus

Ini terletak di otak depan dan berfungsi penting dalam pengaturan homeostasis. Hipotalamus mempunyai sel-sel saraf khusus yang memproduksi neurohormon. Neurohormon ada yang berfungsi sebagai faktor pencetus dan ada pula yang berfungsi sebagai faktor penghambat. Hormon yang berperan sebagai faktor pencetus akan dihasilkan dan dibawa melalui pembuluh darah portahipotalamohipofisis menuju ke hipofisis. Dan jika hormon itu tiba di hipofisis, maka hipofisis akan mengeluarkan hormon yang sesuai.

Dan berikut ini adalah hormon yang dihasilkan hipotalamus beserta fungsinya:

  • Hormon pencetus kortikotropin atau Corticotrophic Releasing Factor (CRF) à Merangsang lobus anterior hipofisis agar mensekresi Adenocorticotropic Hormone (ACTH)
  • Lalu, Hormon pencetus hormon pertumbuhan atau Growth Hormone Releasing Faktor (GRF) à Merangsang pengeluaran hormon pertumbuhan Somatotrophic Hormone (STH)
  • Kemudian Hormon pencetus tirotropik atau Tyrotrophic Releasing Factor (TRF) à Merangsang lobus anterior agar mensekresi Thyroid Stimulating Hormone (TSH)
  • Hormon pencetus hormon FSH atau Follicle Stimulating Hormone Releasing Factor (FRF) à Merangsang lobus anterior mensekresi FSH (Follicle Stimulating Hormone)
  • Dan Hormon pencetus hormon LH atau Luteinizing Hormone Releasing Factor (LRF) à Merangsang lobus anterior mensekresi LH (Luteinizing Hormone)

Hipofisis (Kelenjar Pituitari)

Kelenjar hipofisis terletak di dasar otak besar. Dan kelenjar hipofisis dibagi menjadi 3 bagian (lobus), yaitu bagi anterior, tengah, dan posterior. Pada lobus tengah hanya terdapat pada saat kita bayi, kemudian akan hanya tinggal sisa saat sudah beranjak dewasa. Dan kelenjar hipofisis memegang peranan penting dalam koordinasi kimia tubuh, sehingga kelenjar ini disebut “master of glands” karena sekresinya digunakan untuk mengontrol kegiatan kelenjar endokrin lainnya. Pada kelenjar endokrin lain baru mensekresi hormon setelah mendapat kiriman sinyal dari kelenjar hipofisis.

Kelenjar Pineal

Kelenjar pineal terletak di otak tengah. Dan kelenjar ini menghasilkan hormon yang bernama melatonin. Konsentrasi melatonin dalam darah naik-turun sesuai siklus diurnal. Dan kadar melatonin paling tinggi terjadi dimalam hari sehingga membuat kita mengantuk; sedangkan pada siang hari kadarnya hanya sedikit. Pada kelenjar pineal diduga membantu mengatur siklus proses fisiologi siang dan malam sehingga mempengaruhi pola tidur, selera makan, dan suhu tubuh.

Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid atau kelenjar gondok terdiri dari dua lobus yang terletak di sebelah kanan dan kiri trakea. Pada sekresi kelenjar tiroid diatur oleh sebuah hormon dari lobus anterior kelenjar hipofisis, yaitu hormon tirotropik. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin yang berfungsi mengatur reaksi metabolisme karbohidrat, mengatur penggunaan O2 dan CO2, mempengaruhi perkembangan tubuh dan mental.

Kelenjar Anak Gondok (Paratiroid)

Pada setiap sisi kelenjar tiroid terdapat sepasang kelenjar kecil, yaitu kelenjar anak gondok atau disebut juga dengan kelenjar paratiroid. Dan kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan hormon paratiroid untuk mengatur kandungan ion fosfat (PO4) dan ion kalsium (Ca) dalam darah dan tulang. Kerja hormon ini sinergis dengan vitamin D . Dan jika seseorang mengalami defisiensi (kekurangan) hormon paratiroid akan mengakibatkan tetani, dengan gejala kejang pada tangan dan kaki, gelisah, susah tidur, dan merasa kesemutan.

Kelenjar Anak Ginjal (Adrenal)

Suatu kelenjar anak ginjal atau kelenjar suprarenal terletak di atas (kutub) setiap ginjal. Dan kelenjar ini terdiri dari bagian luar berwarna kekuningan yang disebut korteks dan bagian dalam yang disebut medula. Setiap bagian tersebut menghasilkan hormon yang berbeda,

  • Pada bagian Medula: Hormon adrenalin (epinefrin) à mempercepat kerja jantung, menaikkan tekanan darah, mempercepat pengubahan glikogen menjadi glukosa pada hati, menaikkan gula darah, dan mengubah glikogen menjadi asam laktat pada otot. Hormon noradrenalin (norepinefrin) à menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Biasanya adrenalin dan noradrenalin bekerja antagonis
  • Bagian Korteks: Hormon Glukokortikoid (kortisol, kortikosteron) à menurunkan metabolisme hidrat arang dan lemak, meningkatkan metabolisme protein dan lemak, serta mengurangi kekebalan. Pada Hormon Mineral kortikoid (aldosteron) à Regulasi Na+ dan K+, meningkatkan metabolisme hidrat arang, menahan Na+ dan Cl- dalam tubuh, dan regulasi air.

Pankreas

Bagian pankreas terdapat kelompok sel yang disebut dengan pulau Langerhans. Dan pulau Langerhans berfungsi sebagai kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon insulin. Dapat membantu mengubah gula menjadi glikogen pada hati dan otot lurik. Kekurangan hormon ini akan mengakibatkan gula darah tidak dapat diubah menjadi glikogen untuk disimpan di dalam otot sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit kencing manis. Selain menghasilkan insulin, pankreas juga menghasilkan hormon glukagon yang berfungsi menaikkan gula darah dengan mengubah glikogen menjadi glukosa.

Ovarium

Bagian ini berbentuk seperti buah kenari dan terletak di kanan dan kiri uterus. Selain menghasilkan ovum, ovarium juga menghasilkan hormon. Ada dua macam hormon yang dihasilkannya, yaitu :

  • Estrogen, dihasilkan oleh folikel Graff. Pembentukan estrogen dirangsang oleh FSH. Dan fungsi hormon estrogen adalah merangsang pertumbuhan ciri-ciri kelamin sekunder pada wanita dan perilaku seksual.
  • Progesteron, dihasilkan oleh korpus luteum. Pembentukan progesteron dirangsang oleh LH. Mempunyai fungsi untuk memelihara kehamilan, perkembangan, dan pertumbuhan kelenjar air susu.

Testis

Merupakan organ reproduksi laki-laki, berfungsi untuk menghasilkan spermatozoa dan hormon testosteron. Sekresi hormon ini dirangsang oleh LH. Sekresi hormon testosteron bertambah pada masa pubertas. Pada hormon testosteron berpengaruh terhadap perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder pada pria dan perilaku seksual.

Demikianlah ulasan materi mengenai hormon, semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi ya, terima kasih.

(Visited 979 times, 6 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *