Pengertian Hoax Asal-Usul Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Hoax Asal-Usul Dan Contohnya Lengkap – Kata hoax seringkali kita dengar belakangan ini baik melalui internet, televisi maupun dari media social lainya. Bagi pembaca yang belum tahu apa itu pengertian hoax dan arti kata hoax, sebaiknya simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Hoax Asal-Usul dan Contohnya

 

Pengertian Hoax

Berita Hoax adalah sebuah pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.

Biasanya seorang yang menyebarkan berita hoax secara sadar melakukan suatu kebohongan dan menyebarkan informasi tidak benar. Hal ini bertujuan untuk menggiring opini dan kemudian membentuk persepsi terhadap suatu informasi. Saat ini hoax cukup erat kaitanya pada isu politik. Biasanya ini dilakukan untuk menyebarkan rumor agar menguntungkanpihak tertentu. Namun tak jarang hoax ditemukan pada kasus-kasus lain.

Asal-Usul Kata Hoax

Apa arti hoax tersebut? Banyak situs yang mengatakan bahwa kata Hoax pertama kali digunakan oleh para netizen berkebangsaan Amerika. Ini mengacu pada sebuah judul film The Hoax pada tahun 2006 yang di sutradarai oleh Lasse Hallstrom. Film ini mengandung banyak kebohongan, sejak saat itu istilah Hoax muncul setiap kali ada sebuah pemberitaan palsu.

Robert Nares, menurutnya kata Hoax muncul sejak abad 18 yang merupakan kata lain dari hocus yakni permainan sulap.

Diluar dari asal-usul kata tersebut saat ini banyak media pemberitaan yang menyebarkan hoax atau pemberitaan palsu. Sebagai netizen yang baik diharapkan agar lebih selektif dan berhati-hati dengan segala informasi yang tersebar. Dan diharapkan pula untuk tidak langsung percaya dan menggali informasi lebih jauh, jangan mudah terprofokasi dan jadilah netter sekaligus warga indonesia yang cerdas.

Contoh Dan Ciri Ciri Berita Hoax

Dizaman teknologi informasi ini, berita dam informasi membanjiri masyarakat. Berita-berita palsu atau Hoax semakin hari semakin banyak bertebaran tak hanya di media sosial, membuat banyak orang terprofokasi dan mengguncang situasi politik di indonesia.

Berikut 9 berita hoax 2016 yang berpengaruh besar pada situasi politik di indonesia:

  1. Hoax Rush Money

Bersamaan dengan adanya rencana aksi demonstrasi jilid III terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Muncul isu gerakan rush money atau menarik uang dari Bank secara bersamaan pada tanggal 25 november.

Hal ini di bantah oleh Kapolri Irjen Tito Karnavian. “Saya menyatakan bahwa berita itu adalah Hoax karena sumbernya tidak jelas, faktanya juga tidak jelas,” ujar Tito dalam Kompas.

  1. Hoax gambar Palu Arit di uang rupiah cetakan baru

Cetakan uang baru bulan November di kabarkan menampilkan simbol palu arit yang di identikkan dengan gerakan Komunis. Gambar ini viral di sebarkan di berbagai media sosial. Namun itu bukan gambar palu arit namun unsur-unsur pengaman atau yang biasa di sebut security features. Namanya adalah ‘gambar saling isi’, atau di kenal dengan istilah rectroverso. Jika di terawang ia menunjukan simbol BI, bukan simbol palu arit.

Hoax gambar Palu Arit di uang rupiah cetakan baru

“Jadi Rectoverso pada bagian belakang uang kertas Rupiah tahun 2014 adalah TIDAK BENAR merupakan ornamen/lambang Palu & Arit”, terang Kepala Devisi Penanggulangan Uang Palsu Hasiholan Siahaan.

  1. Hoax tentara Cina

Sebuah informasi mengenai kedatangan puluhan WNA yang disebut sebagai tentara Cina ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta pada jumat (28/10) tersebar di berbagai media sosial. Hal ini di bantah oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyawan.

“Itu adalah hoax, Kapolres Bandara langsung mengecek informasi itu dan tidak ada,” ujar Awi di Mapolda Metro Jaya, Senin (31/10) pada Tribunnews.

  1. Hoax Turki dukung demo 411

Sebelum aksi demo 411 yang menuntut Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di bawa ke meja hukum atas tuduhan penistaan agama di media sosial tersebar gambar Wakil Menteri Pertahanan Turki, H.E.Suay Alpay yang melihat-lihat demo dan di tuduh merupakan dukungan Turki atas aksi demo 411. Hal ini di bantah dan langsung di klarifikasi oleh Kedubes Turki.

“Apa yang di lakukannya kemarin tak ada hubungannya dengan rencana demonstrasi di Jakarta hari ini,” ujar Kedubes.

“Republik Turki tak punya maksud untuk mencampuri isu Domestic di Indonesia yang kita memiliki level hubungan diplomatik yang baik,” tegas Kedubes.

  1. Hoax Panglima TNI akan diganti

Beredar kabar Panglima TNI akan diganti pada awal-awal November 2019 di media sosial. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun segera membantahnya. Jokowi bahkan memerintahkan Kapolri Jendral Tito Karnavian untuk mengusut penyebaran informasi bohong mengenai pencopotanjabatan Panglima TNI tersebut.

“Ini saya mengajak panglima karena itu. Berseliweran informasi-informasi seperti itu. Isu berseliweran kanan-kiri seperti itu. Sehingga saya tadi mengajak Panglima untuk menyampaikan, menegaskan. Tidak ada penggantian Panglima TNI, tidak ada,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (9/11) dilansir dari Okezone.com

  1. Hoax Pungutan Keamanan Terkait Demo 411

Beredar surat edaran di grup pesan singkat, dari RW 08 Kelurahan Kelapa Gading, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara yang meminta dana kepada masyarakat setempat yang mengatasnamakan kepolisian untuk pengamanan sebagai akses demo 4/11 lalu. Hal ini dibantah tegas oleh aparat polisi.

“Surat edaran itu tidak betul. Selama ini mulai dari tanggal 4 kita sudah melakukan pengamanan ibu kota ini dan tidak ada akses sama sekali, kalau ada surat edaran itu, berarti itu tidak betul,” tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/11/2016).

  1. Hoax Sertifikassi Halal diambilalih Kemenag

Beredar isu bahwa sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan diambil alih oleh Kementrian Agama (Kemenag). Hal ini membuat masyarakat heboh dan penuh kontroversi. Namun hal ini dibantaholeh Kasubdit Produk Halal Kemenag, Siti Aminah.

“MUI tetap berperan. Sertifikasi halalitu tidak bisa dikeluarkan oleh Kementrian Agaman tanpa adanya fatwa Keputusan Penetapan Kehalalan Produk dari MUI,” kata Siti Aminah kepada detikcom, minggu (20/11) dilansir dari Detik.

  1. Hoax ulama Mesir jadi saksi ahli kasus tuduhan penistaan agama Ahok

Sebelum Basuki Tjahaja Purnama menjadi tersangka, beredar informasi bahwa ada ulama Mesir, Syaikh Mushthofa Amr Wardani yang akan jadi saksi ahli untuk Ahok. Namun Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, KH Muhyiddin Junaidi mendatangi Kedubes Mesir dan mengklarifikasikanya.

“Dia sama sekali tidak tahu menahu soal kasus penistaan agama di Indonesia. Ini sumua hasil rekayasa, ada kelompok tertentu yang coba terus menerus melakukan adu domba untuk menciptakan ketidak nyamanan, memperkeruh suasana politik dalam negeri,” tegas KH Muhyiddin seperti di kutip pojoksatu.

  1. Hoax Gempa Bumi di Malang, Jember, Banyuwangi dan lainya

Setelah gempa yang mengguncang wilayah Jawa Timur pada rabu (16/11) lalu, muncul isu terkait dengan akan terjadinya gempa bumi dan berpotensi tsunami dengan kekuatan 8.6 SR pada hari ini, Jumat 18 november 2016 yang akan terjadi di daerah pesisir pantai selatan Malang, Jember, Banyuwangi, Pacitan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Kediri dan tempat-tempat lainya.

Tapi ternyata kabar tersebut di bantah oleh BMKG dan menyatakan bahwa kabar tentang gempa bumi dan tsunami yang akan terjadi jumat ini bukan dari BMKG dan hal tersebut tidak benar alias hoax. Apalagi hingga saat ini menurut BMKG, gempa bumi tektonik belum bisa diprediksi secra ilmiah dengan baik.

Berita hoax sangat berbahaya dan juga merugikan kita semua. Jadi sebaiknya berhati-hati dalam mempercayai sebuah berita, jangan terlalu mudah percaya pada berita karena bisa jadi berita yang kita baca tersebut adalah berita yang hanya karangan yang di buat seseorang demi keuntungan pribadi orang atau golongan tertentu.

“Pengertian Hoax Asal-Usul Dan Contohnya Lengkap”

(Visited 53 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *