Pengertian Halalan Thayyiban Secara Umum

Posted on

Dalam ajaran Islam kita sebagai umat beragama diperintahkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan thayyib. Namun tak sedikit orang yang kurang paham mengenai arti istilah tersebut dan berujung dengan mengabaikannya. Pengertian halalan thayyiban adalah sebuah istilah yang digunakan sebagai aturan dalam mengkonsumsi makanan bagi umat Islam.

Pengertian Khalalan Thayyiban
Pengertian halalan Thayyiban

Makanan Yang Halalan Thayyiban

Halalan thayyiban sangat erat kaitannya dengan makanan, karena memang menjadi aturan dan mengkonsumsi makanan.

Sekarang ini dimana kehidupan sehari-hari kita menjadi serba canggih membuat kehidupan kita semakin praktis, termasuk dalam menyajikan dan mengkonsumsi makanan.

Dalam hal ini kita sering kali menyepelekan kandungan dari makanan yang kita makan, yang kita pikirkan hanyalah untuk mencapai kekenyangan.

Hal inilah yang membuat tubuh kita mudah terserang penyakit karena zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dan wajar dimakan, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung zat giji.

Kamu pasti tau betul bukan , zat gizi apasaja yang dibutuhkan tubuh kita. Ya zat gizi berupa karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan juga mineral.

Semua zat itu haruslah dipenuhi setiap harinya untuk menjaga kesehatan sel tubuh dan zat-zat nutrisi tersebut dapat kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi.

Untuk itulah kita selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, yakni 4 sehat 5 semppurna.

Baca Juga : Pengertian Zakat Lengkap

Pengertian Halal Menurut Agama

Jelaskan pengertian halalan thayyiban – Halal adalah sebuah kata yang memiliki makna yang sangat dalam. Halal memiliki pengertian membebaskan, memecahkan, melepaskan, membubarkan dan juga dapat pula diartikan membolehkan.

Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk menggunakan dan mengkonsumsi sesuatu yang halal. Adanya kata halal ini bukanlah untuk menghambat atau membatasi kita dalam mengkosnsumsi makanan.

Melainkan melindungi kita dari jenis-jenis makanan yang tidak baik bagi tubuh kita. Karena sesuatu yang diharamkan Allah tentunya sudah pasti yang tidak baik bagi kita. Halal artinya terbebas dari bahaya duniawi dan juga bebas dari bahaya ukhrawi, kata ini sering digunakan untuk mendeskripsikan makanan, minuman, dan juga rezeki.

Pengertian Thayyib Menurut Agama Dan Umum

Pengertian kata thayyib adalah baik, artinya menjunjukkan sesuatu yang tidak menyakitkan dan tidak pula menjijikkan melainkan yang dirasakan enak oleh indra dan juga oleh jiwa kita.

Seperti yang telah kamu baca di atas, makanan cepat saji itu memnag enak untuk dikonsumsi namun makanan tersebut tidak termasuk thayyiban karena tidak bagus untuk kesehatan.

Artinya sebaiknya kamu mengurangi mengkonsumsi jenis makanan yang demikian karena tidak mengandung gizi dan tidak memberikan manfaat untuk jiwa dan raga. Malah akan mendatangkan mudratat dikemudian hari.

Dasar Dan Kriteria Makanan Halalan Thayyiban

Pada dasarnnya jika kita meniliki dari kenyataan fisik, manusia dapat mengkonsumsi atau memakan segala jenis makanan yang ada di bumi.

Akan tetapi kita ketahui tidak semua makanan yang ada tersebut cocok untuk tubuh dan jiwa manusia dan tidak memberikan efek positif apapun bagi tubuh selain kenyang, malah kebanyakan efek negatif yang hadir.

Untuk itu dibutuhkan beberapa kriteria makanan yang harus dipenuhi agar makan tersebut memiliki nilai makanan yang halalan thayyiban dan kriteria tersebut adalah jenis makanan tersebut haruslah diperbolehkan dalam islam yaitu halal dan juga baik bagi tubuh yaitu thayyiban.

Kriteria Makanan Halal

Jika kamu jeli saat membaca quran, kamu pasti tau jika di dalamnya telah dijelaskan kriteria makanan yang dihalalkan dalam ajaran Islam, yaitu:

1. Makanan jenis nabati yaitu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan

2. Makanan jenis hewani yaitu makanan dan minuman yang berasal dari hewan.

3. Makanan olahan atau sintetik yaitu makanan yang diolah oleh manusia dengan menggunakan bahan-bahan dari kedua poin di atas.

Artikel Lainnya : Pengertian Puasa Dan Syaratnya Lengkap

Kriteria Makanan Thayyiban

Perlu kamu ketahui, dalam ajaran Islam kehalalan menjadi syarat pertama dan yang paling utama dalam memilih makanan bergizi.

Namun sebagaimana kita ketahui tak semua makanan yang halal itu baik untuk tubuh manusia, untuk itu kamu harus menyaring lagi dari sekian banyak makanan yang halal mana pilihan makanan yang baik untuk tubuh, itulah yang dikenal dengan istilah halalan thayyiban. Makanan yang thayyiban memiliki pengertian sebagai berikut:

1. Sehat dengan gizi seimbang

2. Proporsional artinya tidak berlebihan dan tidak pula kekurangan

Seperti penjelasan di atas makanan thayyiban akan mendatangkan banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita, baik dalam segi kesehatan maupun segi kesempurnaan.

Cukup sampai disini penjelasan tentang Pengertian Halalan Thayyiban yang dapat saya jelaskan, semoga bisa di fahami dan bermanfaat untuk semuanya.

(Visited 1,168 times, 28 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *