Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Dampak, dan Pengaruhnya

Diposting pada

kamu pastinya sudah sangat sering mendengar kata Globalisasi bukan? Apa yang dimaksud dengan Globalisasi? Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.

Secara etimologi kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu globalize yang artinya universal atau menyeluruh. Penambahan imbuhan kata “ization” pada kata Globalization artinya adalah proses mendunia, sehingga arti globalisasi adalah proses sesuatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Dampak, dan Pengaruhnya

Dan proses globalisasi dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya; teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dan lain-lain.

Pada umumnya globalisasi berhubungan dengan perubahan yang menyeluruh pada bidang ekonomi, industri, gaya hidup, dan aspek-aspek kehidupan lainnya.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih paham dengan pengertian globalisasi mari simak penjelasan pengertian globalisasi menurut para ahli berikut ini :

Anthony Giddens

Menurutnya pengertian globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Laurence E. Rothernberg

Definisi globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Emanuel Ritcher

Menurutnya arti globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Martin Albrow

Pengertian globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal atau komunitas global.

Selo Soemardjan

Menurutnya pengertian globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

Achmad Suparman

Arti globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi wilayah.

Baca Juga : Pengertian Globalisasi Adalah

Dampak Globalisasi

Melihat pada pengertian globalisasi di atas, globalisasi bisa berdampak langsung bagi kehidupan masyarakat suatu negara secara universal. Dampak globalisasi tersebut bias berdampak positif tapi bisa juga berdampak negatif.

Dampak positif globalisasi

Berikut ini adalah beberapa dampak positif globalisasi:

  1. Teknologi informasi berkembang sangat pesat
  2. Kemudahan dalam mendapatkan kebutuhan dan keperluan pribadi
  3. Kemudahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan
  4. Penyebaran informasi lebih cepat dan mudah didapat
  5. Meningkatkan sikap toleran dan cosmopolitan masyarakat dunia
  6. Kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia
  7. Hubungan internasional antar negara semakin baik
  8. Kemudahan dalam bertransaksi secara online, baik dalam negeri maupun ke mancanegara
  9. Peningkatan hubungan antar negara di sektor ekonomi.

Dampak negatif globalisasi

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif globalisasi:

  1. Potensi terjadinya kriminalitas semakin meningkat karena meniru peristiwa di negara lain
  2. Masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi negara yang menimbulkan konflik di masyarakat
  3. Masyarakat lebih konsumtif ketimbang produktif dan cenderung kehilangan kreativitas di dalam dirinya karena meniru tren-tren di luar negeri
  4. Masyarakat juga terpengaruh budaya negara lain yang tidak sesuai dengan budaya lokal sehingga budaya lokal semakin terkikis
  5. Timbulnya berbagai informasi yang tidak akurat bahkan menyebarkan berita hoax yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat
  6. Sebagian masyarakat menjadi lebih tertutup dan berfikiran sempit karena tidak ingin terpapar oleh globalisasi
  7. Sebagian masyarakat menjadi lebih individual dan egois
  8. Berkurangnya peminat di sektor pertanian, karena bidang teknologi dan informasi dianggap lebih potensial dan lebih canggih
  9. Timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat, karena masyarakat berlomba-lomba untuk memperkaya diri sendiri dan tidak perduli akan sekitarnya
  10. Hilangnya rasa nasionalisme masyarakat karena sering membanding-bandingkan dengan negara lain yang dianggap superior atau yang lebih baik.

Dari penjelasan itu kita dapat menyimpulkan bahwa globalisasi bisa berdampak buruk dan juga berdampak baik bagi masyarakat di suatu negara. Untuk menyikapi terjadinya globalisasi, sebaiknya kita mempersiapkan diri agar bisa menyerap hal-hal yang baik dari globalisasi dan membentengi diri agar bisa menolak atau meminimalisir dampak buruk dari globalisasi.

Pengaruh Globalisasi

Kehadiran globalisasi pasti akan membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk indonesia. Diantaranya pengaruh globalisasi adalah sebagai berikut :

Berpengaruh dalam bidang politik

Dengan adanya globalisasi yang terjadi maka pemikiran politik berbagai negara pun akan menjadi lebih terbuka untuk memperoleh sistem ketatanegaraan yang lebih baik dari sebelumnya untuk meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat.

Berpengaruh dalam bidang ekonomi

Dalam bidang ekonomi globalisasi juga memberikan dampaknya sendiri, dengan adanya globalisasi maka pemenuhan barang yang di butuhkan oleh masyarakat menjadi lebih mudah, karena berbagai barang bisa mudah masuk kedalam negri dari luar negri.

Berpengaruh di bidang politik

Semakin besarnya pengaruh sistem demokrasi dalam masyarakat hingga dapat berturut aktif dalam mengadakan kehidupan bersama, menghargai hak dan kewajibab, dan menghormati hak asasi manusia. Globalisasi akan mempengaruhi pelaksanaan kekuasaan, organisasi internasional, kedaulatan negara,  dan hubungan internasional.

Dan juga termasuk yang didalamnya yaitu perbatasan antara negara tetangga atau bentuk beberapa perihal atau kesepakatan hubungan internasional. Seperti hubungan indonesia dengan Negara malaysia yang pada awalnya menjalin persahabatan, kemudian berselisih hanya karena permasalahan TKI ilegal, lepasnya pulau Ligitan dan Sipadan dari wilayah indonesia yang menjadi wilayah kekuasaan malaysia dan penyelundupan kayu logging dari Malaysia.

Berpengaruh di bidang budaya

Semakin besarnya pengaruh kebudayaan asing yang sudah melekat  dalam setiap lapisan masyarakat dan semua orang, seperti adanya perubahan pola perilaku dengan cara berpakaian dan berbahasa karena pengaruh musik dan film yang ada di negara lain, contohnya korea. Globalisasi sudah mempengaruhi semua dimensi yang ada pada masyarakat, termasuk salah satunya budaya.

Berpengaruh dibidang sosial

Lahirnya sebuah kesadaran global dimana manusia selalu merasa menggantungkan diri dan saling membutuhkan satu sama lain.

Berpengaruh dalam bidang ekologi

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia pada sumber daya alam sehingga terus melakukan eksploitasi secara berlebihan.

Berpengaruh di sektor hukum

Globalisasi telah meningkatkan interpendensi antar negara dimana salah satunya memiliki bentuk berlakunya beberapa standar baku internasional dari beberapa bagian kehidupan, melemahnya ikatan nasional, etnosentrisme, dan primordial yang lantas berpengaruh pada sektor hukum. Indonesia juga tidak terlepas dari pengaruh globalisasi hukum.

Berpengaruh di sektor agama dan kepercayaan

Pada sistem globalisasi yang berdimensi secara global dapat mempengaruhi kebiasaan beragama yang mempunyai kekuatan nilai, norma serta arti yang memberikan dasar norma untuk kehidupan dari masyarakat. Namun,  akibat dari perubahan teknologi komunikasi dan informasi dapat menyebabkan terjadinya suatu pergeseran agama, budaya dan nilai.

Demikianlah artikel tentang pengertian globalisasi menurut para ahli, dampak, dan pengaruhnya, semoga informasi tentang pengertian globalisasi menurut para ahli, dampak, dan pengaruhnya bisa bermanfaat dan menambah wawasan tentang pengertian globalisasi.

(Visited 353 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *