Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO

Diposting pada
Loading...

Hello sobat Idpengertian.com yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO
Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO

Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Pada umumnya Pengertian Gizi menurut para ahli sama, tetapi memiliki sedikit perbedaan, dan berikut ini adalah beberapa pengertian gizi menurut ahli yaitu :

Menurut Tuti Sunardi

Pengertian gizi adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi proses perubahan dari semua jenis makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh, yang gunanya dapat mempertahankan kehidupan kita.

Menurut Nirmala Devi

Ia mendefinisikan gizi yang merupakan substansi yang diperoleh dari berbagai makanan dan digunakan untuk membantu proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan pada jaringan tubuh.

Menurut Chairinniza K. Graha

Pengertian gizi adalah unsur yang terkandung di dalam makanan, yang dimana unsur-unsur itu dapat memberikan suatu manfaat bagi tubuh yang ketika mengkonsumsinya dapat menjadi sehat.

Menurut Ida Purnomowati, Diana H, Cahyo

Mendefinisikan bahwa gizi merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu proses pertumbuhan, mempertahankan dan memperbaiki jaringan yang ada di tubuh tubuh, mengatur proses dalam tubuh, dan menyediakan energi guna untuk fungsi tubuh. Dan  dapat  juga diartikan sebagai komponen untuk pembangun tubuh manusia.

Menurut Lioni Ellis H

Ia menjelaskan bahwa, gizi merupakan komponen penting yang sangat diperlukan tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang

Menurut Joyce James, Colin Baker, Helen Swain

Pengertian Gizi adalah suatu komponen kimia dalam makanan yang telah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan dapat membantu pertumbuhan, perbaikan, dan membantu perawatan sel-sel tubuh.

Baca Juga : Pengertian DEPKES

Menurut Dr. I.K.G. Suandi, Spa

Definisi gizi merupakan suatu bagian dari proses kehidupan dan proses tumbuh kembang anak, maka sehingga pemenihan kebutuhan gizi harus secara akurat turut menentukan kualitas untuk tumbuh kembang, dan sebagai sumber daya manusia untuk dimasa yang akan datang.

Menurut I Dewa Nyoman Suparisa dkk

Beliau menjelaskan bahwa gizi adalah suatu proses organisme yang menggunakan makanan yang dimakan atau dikonsumsi secara normal melalui tahapan proses degesti, absorpsi, dan transportasi. Dan penyimpanan, metabolisme serta pengeluaran zat yang dianggap tidak digunakan untuk dapat mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsi normal dari semua organ-organ serta menghasilkan energi.

Menurut Sunita Almatsier

Ia menjelaskan tentang zat-zat gizi yang dapat memberikan energi di dapat dengan karbohidrat, lemak, dan protein, oksidasi yang terjadi di zat-zat gizi ini menghasilkan energi yang dapat diperlukan tubuh untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas. Kemudian ketiga zat gizi merupakan termasuk zat organik yang mengandung senyawa karbon yang dapat dibakar, jumlah zat gizi tersebut yang paling banyak terdapat dalam pangan dan ini disebut juga zat pembakar.

Status Gizi Menurut WHO

Mendefinisikan bahwa ilmu gizi adalah sebagai ilmu yang mempelajari proses-proses yang terjadi pada hidup organisme hidup. Dan proses tersebut dapat mencakup pengambilan dan pengolahan antara zat padat dan cair yang berasal dari makanan yang diperlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan, serta berfungsinya organ-organ tubuh dan menghasilkan energi.

Macam-Macam Zat Gizi

Karbohidrat

Zat ini menyediakan berbagai macam kebutuhan dasar yang dibutuhkan manusia. Dan berbagai jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat antara lain adalah jagung, kentang, nasi, dan lain sebagainya.

Protein

Zat ini terdiri atas 2 macam, antara lain protein hewani serta protein nabati. Pada sumber protein hewani sebagai berikut : ikan, keju, telur, susu, dan lain sebagainya. Dan sumber protein nabati sebagai berikut : tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Dalam kebutuhan protein tersebut berbeda untuk setiap orang.

Lemak

Ada 2 macam sumber lemak secara umum, yaitu lemak nabati serta lemak hewani. Sebagai contoh sumber lemak nabati antara lain : margarine, kemiri, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Begitupun sumber lemak hewani antara lain : susu, daging, keju, dan lain sebagainya. Karena kebutuhan lemak bagi setiap orang tentu berbeda. Dan kebutuhan lemak bagi orang yang bertempat tinggal di iklim yang dingin lebih banyak yaitu sekitar 1/2-1 gram/kg berat badan.

Vitamin

Zat vitamin adalah komponen gizi yang sangat penting dibutuhkan tubuh. Selain itu, vitamin dapat membantu untuk memperlancar proses metabolisme tubuh, akan tetapi vitamin tidak dapat menghasilkan energi. Tetapi, walau tubuh membutuhkan vitamin dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun keberadaan vitamin sangat penting. Dan hal ini karena avitaminose atau kekurangan vitamin dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada proses metabolisme tubuh, hal ini disebabkan karena fungsi zat gizi vitamin yang tidak dapat untuk digantikan oleh senyawa lain.

Mineral (Garam-garaman)

Zat mineral dibutuhkan oleh manusia juga sama dengan vitamin, yaitu dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Tapi walaupun begitu, kebutuhan mineral sangatlah penting.

Fungsi Zat Gizi

Penghasil energi tubuh

Suatu zat makanan yang dikonsumsi oleh sistem pencernaan tubuh yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan energi. Dan dengan adanya energi, maka manusia dapat untuk melakukan berbagai macam aktifitas atau kegiatan sehari-hari. Begitupun zat-zat penghasil energi adalah lemak, karbohidrat, dan protein.

Pembentuk sel jaringan tubuh

Suatu zat gizi pembentuk sel jaringan tubuh adalah protein, air, dan mineral. Dan ketiga zat tersebut secara bersama-sama akan diolah oleh organ tubuh sampai terbentuk sel jaringan tubuh baru khususnya sebagai pengganti jaringan yang rusak.

Stimulansi atau pengatur fungsi reaksi biokimia yang ada dalam tubuh

Agar fungsi dan reaksi biokimia yang ada dalam tubuh dapat berjalan dengan baik dan cepat, maka tubuh memerlukan berbagai jenis zat sebagai stimulansia dalam proses tersebut. Kemudian zat vitamin yang dapat membantu dalam proses reaksi biokimia pada tubuh sampai berjalan dengan baik.

Keperluan Gizi Untuk Tubuh Manusia

  • Adanya pasokan vitamin pada tubuh. Kamu dapat menemukan vitamin dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, minimal satu hari sekali Anda tidak melewatkan untuk memakan sayuran dan buah-buahan. Dan tubuh yang kekurangan vitamin akan mudah terkena penyakit. Contohnya saja kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan gangguan syaraf otak. Dan juga kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan pada mata, sedangkan kekurangan vitamin C dapat menurunkan kekebalan tubuh.
  • Kemudian tubuh anda membutuhkan karbohidrat. Yang kita tahu bahwa karbohidrat musuh terbesar buat mereka yang sedang menjalani diet ketat. Tapi, karbohidrat sangat dibutuhkan untuk tubuh dan banyak pelaku diet yang mengalami sejumlah masalah karena benar-benar meninggalkan karbohidrat dalam menu diet mereka.
  • Lalu kebutuhan tubuh pada mineral. Adanya fosfor, kalium, zat besi, kalsium, yodium, flourin, magnesium, dan natrium merupakan mineral yang wajib dikonsumsi oleh tubuh. Itu karena dengan banyak mengkonsumsi mineral, dapat membantu kesehatan otak Anda, kesehatan jantung, menjaga sel-sel Anda tetap kuat, kekeblan tubuh terjaga, juga dengan asupan mineral yang terjaga tubuh Anda akan tetap sehat dan Anda akan produktif sepanjang hari.
  • Selain itu kebutuhan tubuh akan lemak sehat sepertihalnya omega-3 sangat penting. Yang fungsi lemak ini untuk adalah untuk mengangkut, menyimpan, dan menyerap vitamin A, E, D, dan K.
  • Lalu kebutuhan pada protein. Zat protein dapat ditemukan pada telur, ikan, daging, keju, kacang-kacangan, yoghurt, dan biji-bijian. Dan protein dapat membantu memperbaiki sel-sel syaraf Anda, membantu mempercepat proses penyembuhan, membantu menurunkan berat badan, membuat kuku dan rambut Anda juga sehat.
  • Terakhir kebutuhan tubuh pada serat. Karna serat mampu untuk mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, sembelit, dan menigkatkan gerakan usus. Dan makanan yang kaya akan serat yaitu beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian, popcron, buah, dan sayuran.

Demikianlah ulasan materi mengenai Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO untuk sobat semua. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua dan semoga bermanfaat ya sobat, terima kasih.

(Visited 2.141 times, 3 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *