Pengertian Geografi, Manfaat Dan Objeknya

Posted on

Pengertian Geografi, Manfaat Dan Objeknya – Bentuk penampakan bumi sangatlah unik, oleh karenanya ada ilmu yang secara khusus mempelajari struktur permukaan bumi yang di sebut dengan ilmu Geografi. Ada banyak sekali para ahli dan pakar yang mendefinisikan Geografi dengan pandangan yang berbeda.

Apa yang di maksud dengan Pengertian Geografi? Sahabat, banyak orang yang kurang paham dan hanya tahu bahwa geografi adalah cabang ilmu pengetahuan tentang bumi. Padahal, pengertian dan definisi geografi lebih dari itu, karena mencakup prinsip geografi, ruang lingkup geografi serta aspek-aspek geografi lain dalam hubungannya dengan kehidupan manusia. Sahabat Idpengertian.com, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai Pengertian Geografi secara lengkap, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Geografi, Manfaat Dan Objeknya
Pengertian Geografi, Manfaat Dan Objeknya

Pengertian Geografi

Kata atau istilah Geografi berasal dari bahasa Yunani geo yang artinya bumi dan graphien yang artinya pencitraan. Pengertian Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi Geografi yang di kemukakan para ahli geografi, antara lain sebagai berikut :

Bintarto (1977)

Berpendapat bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifatsifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsurunsur bumi dalam ruang dan waktu.

Hartshorne (1960)

Menurutnya Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. Ia juga mengatakan tentang pandangannya bahwa geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional. Contoh, seorang ahli geografi setelah melakukan analisis kewilayahan mampu membagi suatu wilayah menjadi beberapa satuan lahan yang potensial maupun lahan yang tidak potensial. Dalam pembagian ini di dasarkan pada beberapa parameter kebumian yang sesuai dengan syarat-syarat peruntukannya.

Baca Juga : Pengertian Gempa Bumi 

Yeates (1963)

Pengertian Geografi adalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi. Dan dalam pandangan Yeates, geografi adalah ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.

Alexander (1958)

Menurutnya Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas tentang hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam. Contoh, penebangan hutan yang tidak terkendali oleh manusia mengakibatkan terjadinya kerusakan lahan dan penggundulan hutan, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Karl Ritther (1859)

Mengemukakan bahwa Geografi adalah suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia. Dan di dalam kajiannya, studi geografi mencakup semua fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik alam organik maupun alam anorganik yang terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia juga turut dibahas. Sebagai contohnya, sungai adalah bagian dari alam anorganik yang mempunyai kaitan langsung dengan kehidupan manusia.

Eratosthenes

Pengertian menurut Eratosthenes yang berpendapat pada abad ke-1, istilah geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

Claudius Ptolomaeus

Pengertian geografi menurut Claudius Ptolomaeus adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Preston E. James

Pengertian geografi menurut Preston E. James dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

Lobeck

Mengemukakan bahwa  pengertian geografi ini dikemukakan pada tahun 1939. Sebuah geografi merupakan suatu studi yang membahas tentang hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

Ullman

Pengertian geografi menurut Ullman adalah interaksi antar ruang. Kemudian pendapat mengenai definisi geografi dari Ullman ini dikemukakan di tahun 1954.

Strabo

Suatu geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Dan pendapat dari Strabo di tahun 1970 ini kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place.

Ekblaw dan Mulkerne

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan sehari-hari, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

Dengan berdasarkan hasil seminar dan lokakarya di kota Semarang pada tahun 1988, Ikatan Geografi Indonesia atau IGI berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Herioso Setiyono

Pendapat Herioso Setiyono di tahun 1996 yaitu geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

Halford Mackinder

Menurut Halford Mackinder, definisi geografi merupakan ilmu yang mempunyai fungsi utamanya guna untuk menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda-beda berdasarkan lokasinya.

Friederich Ratzel

Friederich Ratzel mengemukakan konsep geografi menurut pendapatnya dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Dan kemudian konsep tersebut di beri nama Lebensraum yang memiliki arti bahwa wilayah geografis merupakan sarana bagi organisme untuk berkembang.

Elsworth Huntington

Geografi merupakan sebuah studi mengenai fenomena pemukaan bumi serta penduduk yang menghuninya. Elsworth Huntington menjelaskan terdapat hubungan timbal balik antara gejala sera sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

Manfaat Geografi Untuk Manusia

Suatu ilmu geografi memberikan berbagai macam manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia.

Dan berikut ini adalah macam-macam manfaat geografi untuk hidup manusia :

Berkaitan Dengan Bidang Atmosfer

  • Adanya prakiraan cuaca yang dapat membantu kegiatan pertanian dan perikanan.
  • Pemanfaatan lapisan udara untuk gelombang radio.
  • Dengan pemanfaatan kilatan petir untuk sebagai sumber daya energi listrik.

Berkaitan Dengan Bidang Hidrosfer

  • Dengan pemanfaatan kawasan berair seperti sungai, laut, dan danau untuk pembangkit listrik.
  • Pemanfaatan air tanah untuk kebutuhan memasak, mencuci, atau minum.
  • Dengan pemanfaatan gelombang atau ombak di pantai untuk olahraga selancar.

Berkaitan Dengan Bidang Biosfer

  • Padang rumput yang dimanfaatkan sebagai area peternakan.
  • Sebuah kawasan pantai yang di manfaatkan sebagai objek wisata yang dapat menjadi sumber pencaharian bagi masyarakat sekitar.
  • Pegunungan salju yang dijadikan sebagai pusat olahraga ski

Berkaitan Dengan Bidang Antroposfer

  • Sensus penduduk sebagai data untuk perencanaan pembangunan.
  • Dengan pemanfaatan kawasan sungai, danau, dan pantai sebagai sarana mata pencaharian.
  • Membantu menentukan kawasan industri dan perdagangan.

Ruang Lingkup Geografi Berdasarkan Lingkungannya

Di dalam kaitannya dengan lingkungan, geografi mengkaji beberapa ruang lingkup lingkungan berikut ini:

Lingkungan Fisik (Physical Environment)

Lingkungan fisik disebut juga sebagai lingkungan abiotik. Suatu elemen-elemen yang terdapat dalam lingkungan fisik bersifat tak hidup dan memiliki peran sebagai penunjang kehidupan manusia.

Dan contoh elemen yang terkandung dalam aspek lingkungan fisik adalah udara, tanah, air, dan sinar matahari.

Lingkungan Biologis (Biological Environment)

Maka di sebut juga dengan lingkungan biotik, ruang lingkup lingkungan biologis meliputi unsur-unsur yang hidup di sekitar lingkungan seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Lingkungan Sosial (Social Environment)

Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia yang diwujudkan melalui tindakan dan aktivitas, baik berhubungan dengan lingkungan maupun dengan hubungan antar manusia.

Objek Geografi Secara Material dan Formal

Objek Material

Suatu objek material dalam ilmu geografi berkaitan dengan fenomena yang terdapat di permukaan geosfer, yakni bentang lahan fisik dan budaya.

Dan bentang lahan fisik meliputi atmosfer (meteorologi dan klimatologi), litosfer (geologi dan geomorfologi), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), serta biosfer (zoologi dan botani).

Di samping itu, lahan budaya manusia terdiri dari geografi sosial, geografi penduduk, geografi ekonomi, dan sebagainya.

Objek Formal

Suatu objek formal merupakan objek material yang dikaji melalui sudut pandang geografi.

Dan cara pandang terhadap objek material tersebut dapat dilihat melalui segi lingkungan, ruangan, kompleks wilayah, dan waktu.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Geografi dari mimin hari ini, semoga dapat bermanfaat ya, terima kasih.

“Pengertian Geografi, Manfaat Dan Objeknya”

(Visited 24 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *