Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Gen, Sifat Dan Fungsinya Lengkap

2 min read

Penjelasan Tentang Gen Lengkap

Hello sobat semua, jumpa lagi di Idpengertian.com, kali ini mimin akan berbagi informasi nih mengenai Pengertian Gen, Sifat Dan Fungsinya Lengkap. Dan disini kalian akan mengetahui apakah yang dimaksud dengan Gen? Apa saja sifat Gen? Dan juga apa fungsi Gen? Jika kalian ingin mengetahuinya, kalian dapat membacanya di artikel ini, jadi baca dan pahami baik-baik ya.

Pengertian Gen, Dengan Sifat Dan Fungsinya Lengkap
Pengertian Gen, Dengan Sifat Dan Fungsinya Lengkap

GEN

Pengertian gen adalah suatu bagian dari kromosom atau salah satu kesatuan kimia/DNA dalam kromosom yaitu dalam lokus yang mengendalikan ciri-ciri genetis dari suatu makhluk hidup. Sebuah gen dapat di turunkan atau di wariskan oleh satu individu kepada keturunannya, yaitu melalui suatu proses reproduksi.

Ini (gen) dapat di wariskan oleh satu individu kepada keturunannya, yaitu lewat suatu proses reproduksi. Di karenakan segala macam bentuk serta fungsi informasi kehidupan suatu organisme dapat terjaga keutuhannya. Suatu gen bisa berpasangan dalam satu lokus pada kromosom homolog. Kemudian gen-gen yang berpasangan tersebut di namakan dengan alel. Sebuah alel bisa membawa ciri-ciri sifat yang sama ataupun berbeda, seperti contohnya sifat tangkai panjang dan tangkai pendek.

Definisi GEN

Sesuai yang telah di kutip dari Wikipedia, bahwa Pengertian Gen adalah suatu unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Dan bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein, polipeptida, atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya. Mempunyai batasan modern gen adalah suatu lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator /pengendali, sasaran transkripsi, atau peran-peran fungsional lainnya. Pemakaian suatu gen dalam percakapan sehari-hari ,misalnya gen cerdas atau gen warna rambut, sering kali di maksudkan untuk alel atau pilihan variasi yang tersedia oleh suatu gen. Walaupun ekspresi alel dapat serupa, tetapi orang lebih sering menggunakan istilah alel untuk ekspresi gen yang secara fenotipik berbeda. Selain itu, gen di wariskan oleh satu individu kepada keturunannya melalui suatu proses reproduksi, bersama-sama dengan DNA yang membawanya. Maka dari itu, informasi yang menjaga keutuhan bentuk dan fungsi kehidupan suatu organisme dapat terjaga.

Dan menurut seorang ahli genetika & embriologi Amerika Serikat yang bernama Hunt Morgan, mengemukakan bahwa gen sebagai substansi hereditas, yaitu suatu kesatuan kimia yang memiliki sifat sebagai berikut:

  • Dapat berupa Gen zarah /zat yang berukuran sangat kecil yang kompak & mengandung informasi genetik.
  • Dan peran gen sangat penting dalam pengaturan perkembangan, metabolisme individu dan pewarisan sifat atau herediter.
  • Pada setiap gen menempati lokus gen kromomer di dalam kromosom.

Dari beberapa pendapat terkini mendefinisikan bahwa gen sebagai suatu lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator /pengendali, sasaran transkripsi, atau peran-peran fungsional lainnya.

Sebuah gen juga dapat di gambarkan sebagai unit penurunan sifat yang memiliki ciri-ciri tersendiri yang mempengaruhi karakter fenotipik. Dan para Ahli menempatkan gen-gen seperti itu pada lokus-lokus tertentu di dalam kromosom Di mana ahli- ahli genetik menggunakan lokus sebagai nama lain untuk gen.

Baca Juga : Pengertian Penelitian Ilmiah Menurut Para Ahli

Sifat GEN

Di antara sifat-sifat gen sebagai berikut :

  • Suatu gen di tentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogennya.
  • Kemudian, tiap gen memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda.
  • Dan mengandung informasi genetik.
  • Juga sebagai zarah yang terdapat di dalam kromosom.
  • Dan gen dapat melakukan duplikasi ketika waktu pembelahan mitosis dan meiosis.

Fungsi GEN

Adapun fungsi dari pada gen adalah sebagai berikut :

  • Dapat mengontrol, mengatur metabolisme dan perkembangan tubuh.
  • Lalu, menyampaikan informasi genetik dari generasi kegenerasi.
  • Dan menentukan sifat-sifat pada keturunannya
  • Kemudian proses reaksi kimia di dalam tubuh bisa terjadi secara bertubi-tubi. Lalu, pada tiap-tiap reaksinya di butuhkan enzim. Baik pembentukan dan juga pengendalian kerja enzim tersebut di laksanakan oleh gen. Selain itu, pada proses perkembangan yang membutuhkan hormon juga diatur oleh gen.

Struktur GEN

Berikut ini adalah struktur gen yaitu :

  • Suatu domain regulasi inisiasi transkripsi, yang terdiri antara lain dari: deret GCCACACCC, ATGCAAAT, kotak GC, kotak CCAAT dan kotak TATA.
  • Mempunyai Intron
  • Termuat Ekson, yang merupakan area kodikasi protein yang dapat ditranskripsi secara overlapping atau nonoverlapping. Dan sebagai contoh, pada kode dengan tiga deret nukleotida (kodon triplet) AUU GCU CAG, dapat secara dibaca nonoverlapping sebagai AUU GCU CAG atau dibaca secara overlapping sebagai AUU UUG UGC GCU CUC CAG. Meskipun pada sekitar tahun 1961, telah diketahui bahwa asam amino dikodikasi oleh kodon secara nonoverlapping, telah ditemukan protein berbeda hasil transkripsi dengan pergeseran overlapping kodon.
  • Terdapat Domain regulasi akhir transkripsi

Demikianlah Pengertian Gen, Dengan Sifat Dan Fungsinya Lengkap yang saya sajikan untuk kalian semua. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat ya sob.

(Visited 4.050 times, 2 visits today)
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *