Pengertian Gempa Bumi Penyebab Serta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Kamu mungkin sering mendengar istilah gempa bumi. Tidak hanya mendengar, bahkan kamu mungkin sering mengamati gempa bumi terjadi dengan korban berjatuhan seperti yang baru-baru ini terjadi di Lombok.

Menakutkan sekali tentunya jika kita secara langsung menyaksikan dan bahkan menjadi korban dari gempa bumi itu sendiri. Gempa bumi adalah bencana alam yang terjadi di planet bumi dan menjadi sumber kerusakan yang besar sesuai dengan skala gempanya.

Pengertian Gempa Bumi
Pengertian Gempa Bumi

Baiklah, kali ini kita akan kupas lebih jauh lagi apa Pengertian Gempa Bumi. Mengingat, gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia karena letak geografisnya yang berada pada siklus Pasifik dan memiliki banyak deretan pegunungan.

Pengertian Gempa Bumi

Dari segi bahasa, kita bisa telisik arti gempa bumi dari dua kata penyusunnya. Gempa berarti getaran atau guncangan sedangkan bumi adalah planet dimana kita tinggal saat ini. Singkatnya, gempa bumi berarti gelombang atau guncangan yang terjadi di bumi.

Pengertian tersebut adalah pengertian singkat dari dua kata penyusunnya atau juga berdasarkan fakta yang kita saksikan setiap harinya.

Pengertian gempa bumi yang lain adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh adanya gelombang seismik.

Gempa bumi terjadi akibat adanya geseran kerak bumi dari dasar bumi sehingga perlu adanya proses penyesuaian untuk kembali pada bentuk bumi seperti sediakala.

Apa Saja Penyebab Gempa Bumi?

Gempa bumi terjadi karena banyak sebab. Diantaranya adalah:

  1. Adanya  pergeseran lempeng bumi

Pergeseran lempeng bumi merupakan salah satu penyebab terjadinya gempa bumi. Pergeseran lempeng bumi bersamaan dengan lepasnya energi dimana energi yang dilepaskan itu akan semakin membesar dan maksimum. Saat bumi tidak mampu mengendalikan pelepasan energi tersebut, otomatis akan terjadi gempa bumi.

  1. Adanya pergerakan dua lempeng yang saling menjauh dan saling mendekat

Pengertian gempa bumi salah satunya disebabkan oleh adanya pergerakan dua lempeng yang saling menjauh. Dua lempeng yang menjauh itu membuka ruang baru yang lambat laun akan di isi oleh lempeng baru lagi.

Reaksi kedua lempeng lama yang mengimpitnya adalah dengan menekan lempeng yang baru muncul itu sehingga menghasilkan energi yang luar biasa besarnya. Energi tersebut menyebabkan getaran yang menyebabkan gempa bumi.

Gerakan dua lempeng yang saling mendekat pun menyebabkan terjadinya gempa bumi. Dua lempeng yang berdekatan lambat laun membentuk gunung baru yang menyebabkan gempa bumi sebab kondisi permukaan bumi tidak sedang dalam kondisi stabil.

  1.  Adanya Pergeseran Magma

Penyebab lain terjadinya gempa bumi adalah karena adanya pergeseran magma yang terdapat di dalam gunung berapi. Tekanan gas dengan kekuatan yang sangat besar pada bagian sumbatan kawah menyebabkan getaran yang kuat dan menjadi gejala awal terjadinya letusan gunung berapi.

  1. Karena Ulah Manusia

Pengertian gunung berapi tidak selamanya terjadi karena kondisi alam yang sedang tidak stabil. Bencana alam ini salah satunya disebabkan oleh karena ulah manusia yang meledakkan bom di lokasi tertentu.

Pengertian gempa bumi di atas biasanya terjadi dengan wujud gempa bumi primer dan gempa bumi sekunder.

Gempa bumi primer bentuknya adalah merambat di atas permukaan bumi. Sama halnya dengan gempa bumi sekunder dimana arah geraknya juga merambat di permukaan bumi namun secara kecepatan lebih lambat daripada gempa bumi primer.

Baca Artikel Lainnya : Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap

Dari segi jarak pusat gempa bumi ke permukaan bumi, ada tiga jenis gempa yang terjadi, yaitu gempa bumi dalam, gempa bumi menengah dan gempa bumi dangkal.

Gempa bumi dalam adalah gempa bumi yang hiposentrumnya terjadi pada jarak 300 km atau lebih dari muka bumi. Gempa bumi menengah hiposentrumnya berada di titik antara 300 hingga 60 km dari muka bumi. Sedangkan gempa bumi dangkal, hiposentrumnya terjadi di titik kurang dari 60 km dari muka bumi.

Adapun pengertian gempa bumi yang umumnya dirasakan oleh manusia adalah gempa bumi dangkal yang menyebabkan kerusakan yang dahsyat.

Ada banyak sekali dampak negatif dari gempa bumi ini, diantaranya adalah tanah longsor, kebakaran, tsunami, banjir, dan sebagainya. Pengertian gempa bumi ini penting untuk kita ketahui sebagai referensi dan antisipasi atas terjadinya gempa bumi.

(Visited 186 times, 3 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *