Pengertian Gaya Dalam Fisika, Jenis Dan Rumusnya

Posted on

Pengertian Gaya Dalam Fisika, Jenis Dan Rumusnya – Hello sahabat semua, selamat datang di Idpengertian.com, pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi ilmu tentang gaya dalam fisika. Apakah yang di maksud dengan gaya? Jadi gini gays, Gaya itu merupakan suatu tarikan ataupun dorongan yang terjadi pada suatu benda. Dan gaya ini banyak sekali jenis nya gays misalkan nih gaya otot, gaya pegas, gaya gesek, gaya statis dll, yang penting jangan gaya-gaya’an ya gays gak baik soalnya haha.

Gaes-gaes, tahu gak sih kalian bahwa definisi gaya dalam IPA dan teknologi itu memegang peran yang sangat penting loh. Dan banyak juga kegiatan yang berkaitan dengan gaya yang dapat kita lakukan atau kita amati di dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan saja nih kita mendorong sebuah benda sampai bergerak dan juga berpindah tempat, bahkan pada saat kita menjatuhkan benda pun menghasilkan gaya loh. Nah, itu tadi hanya penjelasan singkkatnya ya gays, di bawah ini mimin udah siapin lengkapnya buat kalian.

Pengertian Gaya Dalam Fisika, Jenis Dan Rumusnya
Pengertian Gaya Dalam Fisika, Jenis Dan Rumusnya

Pengertian Gaya

Didalam ilmu fisika gaya diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang diberikan kepada suatu benda. Pengertian gaya adalah tarikan atau dorongan yang terjadi terhadap suatu benda. Dan gaya yang di berikan pun dapat merubah bentuk benda, mengubah arah gerak benda hingga menyebabkan benda bergerak. Kemudian dengan kata lain sebuah gaya dapat menyebabkan suatu obyek dengan massa tertentu untuk mengubah kecepatannya.

Jenis-Jenis Gaya

Gaya Gesek

Jenis gaya yang pertama ini adalah salah  satu jenis gaya yang ditimbulkan karena adanya dua benda yang saling bergesekan. Selain itu, gaya ini muncul karena terjadinya persentuhan langsung antara dua permukaan benda. Dan gaya gesek adalah gaya yang arahnya selalu berlawanan dengan arah gerak benda atau arah gaya luar.

Di samping itu, gaya gesek di kelompokkan ke dalam gaya sentuh. Karena besar kecilnya gaya gesekan ditentukan oleh halus atau kasarnya permukaan benda. Maka, semakin halus permukaan, akan semakin kecil gaya gesekan yang muncul sehingga gaya yang dibutuhkan untuk membuat benda tersebut bergerak semakin kecil juga.

Baca Juga : Pengertian Pemanasan Global

Selian itu, gaya gesek di bagi kedalam dua jenis yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetik.

  • Gaya Gesek Statis, gaya ini adalah jenis gaya gesek yang terjadi ketika benda diam. Jenis gaya ini terjadi jika gaya luar yang diberikan kepada benda nilainya sama dengan gaya gesekan yang terjadi sehingga benda tersebut akan diam tidak bergerak karena resultan (penjumlahan) gaya yang terjadi padanya sama dengan nol. Dan contohnya adalah Gaya Gesek Statis ketika ada sebuah benda diletakan pada bidang miring dan benda tersebut kita tahan dengan tangan, maka benda itu tidak akan bergerak (tetap diam). Itu karena resultan gaya dari tangan kita sama dengan resultan gaya gesek yang terjadi, tapi jika kita melepaskannya, maka benda tersebut akan kembali bergerak.
  • Gaya Gesek Kinetik, Jenis gaya ini merupakan gaya gesek yang terjadi ketika benda dalam keadaan bergerak. Selain itu, gaya gesek kinetik terjadi ketika nilai gaya gesek selalu lebih kecil dibandingkan gaya luar yang bekerja padanya, sehingga gaya luar menang dan membuat benda tersebut bergerak. Dan contohnya adalah gaya gesek antara permukaan mobil dengan aspal ketika mobil bergerak, gaya gesek yang terjadi lebih kecil, dari gaya mesin sehingga mobil mampu bergerak.
Gaya Mesin

Pengertian gaya mesin adalah jenis gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin, seiring berkembangnya teknologi, mesin yang dibuatpun semakin canggih. Dan gaya mesin sangat membantu dalam meringankan aktivitas manusia. Contohnya seperti Kerja mesin motor, mesin diesel dan lain-lain.

Gaya Gravitasi Bumi (Gaya Berat)

Pengertian gaya gravitasi bumi adalah Gaya tarik bumi terhadap seluruh benda bermassa yang terdapat pada permukaannya. Tentu kalian semua sudah mengetahui bahwa dengan adanya gravitasi bumi, maka kita bisa berdiri tanpa masalah dipermukaannya, jika tidak terdapat gaya gravitasi bumi, maka setiap benda akan melayang seperti halnya di luar angkasa.

Gaya Magnet

Pengertian gaya magnet adalah gaya pada magnet yang mampu menarik benda – benda tertentu. Dan benda yang mampu ditarik oleh magnet disebut benda magnetis, umumnya terbuat dari besi atau baja, ataupun logam lainnya. Maka, semakin dekat magnet dengan benda magnetis, maka gaya tarik magnet tersebut semakin besar. Selain itu, gaya magnet bisa menarik benda walaupun tanpa menyentuhnya, oleh sebab itu Gaya magnet termasuk ke dalam kelompok Gaya Tak Sentuh. Misalkan saja paku yang menempel pada magnet ketika didekatkan.

Gaya Listrik

Ini adalah jenis gaya yang dihasilkan oleh benda – benda bermuatan listrik dalam medan listrik. Misalkan saja kipas angin bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Berikut ini adalah beberapa pengaruh gaya terhadap benda yaitu :

  • Dapat Mengubah Arah Benda, pengaruh gaya yang pertama adalah dapat mengubah arah benda, contohnya adalah air mancur. Dan seperti yang kita ketahui, air seharusnya bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, hal ini dikarenakan diberikan gaya air, maka air mancur dapat berubah arah geraknya.
  • Merubah Kecepatan, pengaruh gaya terhadap benda yang kedua adalah mmerubah kecepatan, contohnya buah kelapa yang jatuh dari pohonnya.
  • Dapat Menyebabkan Benda Diam Menjadi Bergerak Dan Sebaliknya, contohnya dalah ketika menendang bola. Kalian tentu pernah menendang bola bukan? Dan pastinya bola sebagai benda diam tersebut akan menjadi bergerak. Dan juga ketika mengerem sepeda, benda bergerak tersebut akan menjadi diam atau berhenti.
  • Bisa Merubah Posisi Benda, pengaruh gaya terhadap benda berikutnya adalah bisa merubah posisi benda. Misalkan saja mendiring meja hingga berpindah tempat.
  • Kemudian Dapat Mengubah Bentuk Benda, pengaruh gaya terhadap benda yang terakhir adalah dapat mengubah bentuk benda. Misalkan saja membuat mainan dari plastisin.

Rumus Dan Satuan Gaya

Seperti yang telah di jelaskan di atas, gaya di rumuskan dengan tiga tiga rumusan dasar yang menjelaskan kaitan gaya dengan gerak benda. Dan tiga rumusan tersebut adalah HUKUM NEWTON 1,2 dan 3.

Hukum Newton 1

Bila Resultan /Penjumlahan atau pengurangan gaya, yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang semula diam akan tetap diam, dan benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.

Rumus Hukum Newton 1

∑F = 0

Keterangan :

∑F = resultan gaya (Kg m/s2)

Hukum Newton 2

Percepatan (Perubahan dari kecepatan) gerak benda selalu berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda dan selalu berbanding terbalik dengan massa benda.

Rumus Hukum Newton 2

∑F = m.a

Keterangan :

∑F = resultan gaya (Kg m/s2)

m = Massa Benda (Kg)

a = percepatan (m/s2)

Hukum Newton 3

Pada setiap Aksi akan menimbulkan reaksi, artinya Jika Suatu benda mengerjakan gaya terhadap benda kedua makan, benda kedua akan membalas gaya dari benda pertama dengan arah yang berlawanan.

Rumus Hukum Newton 3

∑FAKSI = -∑FREAKSI

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Gaya  dalam Fisika yang mimin sajikan untuk sahabat Idpengertian semua. Semoga dapat menambah reverensi kalian dan semoga dapat bermanfaat ya gays, terima kasih.

“Pengertian Gaya Dalam Fisika, Jenis Dan Rumusnya”

(Visited 21 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *