Pengertian Frekuensi, Jenis dan Contohnya Lengkap

Diposting pada
Loading...

Hello sobat Idpengertian.com semua, jumpa lagi dengan saya admin cantik Idpengertian yang akan memberi kalian informasi secara lengkap. Karena cuma di blog ini kalian akan mendapatkan suatu informasi secara akurat dan juga lengkap.

Sobatku, pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan informasi mengenai Pengertian Frekuensi secara lengkap untuk kalian semua. Langsung saja yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Frekuensi, Jenis dan Contohnya Lengkap
Pengertian Frekuensi, Jenis dan Contohnya Lengkap

 

Pengertian Frekuensi Secara Umum

Definisi frekuensi adalah banyaknya sesuatu yang terjadi setiap detiknya. Dan dalam kajian getaran, frekuensi dapat diartikan sebagai banyaknya getaran yang terjadi dalam satu sekon. Namun, dalam kajian gelombang, frekuensi dapat diartikan sebagai banyaknya gelombang yang terjadi setiap satu sekon. Dalam satuan yang digunakan untuk mengukur frekuensi adalah 1/s yang disebut juga Hertz disingkat Hz, yang diambil dari nama fisikawan Jerman Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894).

Jenis Frekuensi Dalam Fisika

Di dalam dunia fisika, ada beberapa jenis frekuensi yang harus diketahui. Semua pemahaman terkait jenis dari frekuensi ini menjadi penting untuk melengkapi pemahaman tentang pengertian frekuensi. Berikut ini adalah jenis-jenisnya yaitu :

Frekuensi radio

Frekuensi yang pertama ini mengacu pada spektrum elektromagnet. Dan spektrum tersebut dihasilkan dari arus bolak-balik yang menuju ke antena. maka dalam hal ini, frekuensi radio biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan suara melalui gelombang udara.

Dan hingga saat ini, frekuensi radio memiliki dua jenis yang berbeda. Kemudian dalam pembagiannya, frekuensi radio dibagi menjadi frekuensi radio AM dan juga frekuensi radio FM. Kalian tentu sudah sangat familiar dengan jenis frekuensi radio tersebut, bukan?

Baca Juga : Pengertian Gempa Bumi 

Frekuensi audio

Kemudian jenis frekuensi yang kedua dalam dunia fisika yang perlu diketahui adalah frekuensi audio. Seperti yang kita tahu, jenis frekuensi ini cukup sering disebut sebagai frekuensi suara. Dan jenis frekuensi ini merupakan getaran frekuensi yang bisa didengar oleh telinga dari manusia. Di dalam rentang gelombang, frekuensi audio ini memiliki standar getaran sekitar 20 hingga 20.000 Hz.

Di samping definisi frekuensi, memahami frekuensi audio juga merupakan hal penting. Dan jenis frekuensi ini dibagi menjadi tiga hal berbeda. Nah, pembagian frekuensi audio adalah frekuensi infrasonic, frekuensi audible dan frekuensi ultrasonic. Dan pembagian ini dibedakan menurut tingkat getaran dari gelombang tersebut.

Hal Lain Terkait Frekuensi

Guna mendapatkan pemahaman yang detail mengenai frekuensi, kalian harus mengetahui beberapa hal lain di sekitar frekuensi. Ini semua menjadi penting agar kalian memiliki pemahaman yang utuh dan tidak terpaku hanya pada definisi frekuensi saja. Dan dalam hal ini ada beberapa hal yang terkait dengan frekuensi adalah getaran, gelombang serta amplitudo. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari beberapa hal tersebut yaitu :

Definisi getaran

Dan selain dari frekuensi, getaran menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui. Memang benar frekuensi dan getaran bisa dikatakan sebagai dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jad, apakah definisi dari getaran tersebut?

Menurut para ahli, getaran adalah gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar zona kesetimbangan. Dan kesetimbangan sendiri merupakan keadaan di mana suatu benda akan berada dalam posisi diam ketika tidak ada gaya yang mengenai atau bekerja pada benda tersebut.

Di dalam dunia fisika, getaran sangat dekat dengan frekuensi serta amplitudo. Dalam satu gerak bolak-balik secara penuh dari suatu benda maka memiliki kesetaraan dengan satu getaran frekuensi.

Definisi gelombang

Kemudian kalian harus memahami gelombang. Di beberapa kalangan cukup susah membedakan apa itu getaran dan gelombang. Sangat perlu diketahui bahwa gelombang merupakan sebuah getaran yang merambat.

Intinya, menurut ilmu fisika, gelombang akan merambat dengan mengikuti gerakan sinusoida. Sebuah gelombang merambat melalui media. Dan media rambat gelombang bisa bermacam-macam, seperti udara, meja, air dan lainnya Nah, karena adanya gelombang inilah kita bisa mendengar bunyi.

Akan tetapi, gelombang tidak bisa merambat melalui ruang hampa karena dalam ruang hampa tidak ada partikel yang bisa digunakan untuk media rambat. Dan sebab itu, di ruang angkasa, Anda tidak akan bisa mendengar suara apapun.

Definisi amplitudo

Amplitudo amplitudo adalah jarak terjauh dari simpangan ataupun dari titik kesetimbangan. Dan amplitudo juga yang nantinya berhubungan erat dengan periode, di mana periode merupakan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu getaran.

Contoh Kasus Perhitungan Frekuensi

Contoh 1 : Menghitung Frekuensi

Diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik adalah 0,004 detik, berapakah Frekuensinya ?

Diketahui :

T = 0,004 detik

f = ?

Jawaban :

f = 1/T

f = 1/0,004

dan f = 250Hz

Jadi Frekuensinya adalah 250Hz.

Contoh 2 : Menghitung Periode (T)

Diketahui bahwa frekuensi listrik bolak-balik (AC) dari PLN Indonesia adalah 50Hz. Pertanyaannya adalah diperlukan waktu berapa lamakah untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik ?

Penyelesaiannya :

Diketahui :

f = 50Hz

T = ?

Jawaban

T = 1/f

T = 1/50

T= 0,02 detik

Jadi diperlukan 0,02 detik untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listirk.

Demikianlah ulasan singkat mengenai  Pengertian Frekuensi yang mimin sajikan untuk kalian semua. Semoga dapat menambah wawasan dan informasi untuk kalian semua ya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

(Visited 5.149 times, 21 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *