Pengertian Evolusi Serta Macam – Macam Teori Evolusi Lengkap

Posted on

Pengertian serta Macam – Macam Teori Evolusi_Pada saat membicarakan evolusi, pandangan kita seolah di hadapkan pada kehidupan di masa lalu. Benarkah demikian? apakah hal demikian berarti bahwa bentuk kehidupan di masa kini ada kaitanya dengan kehidupan masa lalu? mari kita temukan jawabanya di bawah ini.

Pengertian Evolusi serta Macam – Macam Teori Evolusi

 

Penjelasan Pengertian Evolusi

Pengertian Evolusi adalah perubahan-perubahan dalam frekuensi gen suatu populasi dalam jangka waktu tertentu. Dan dalam bahasa inggris evolution artinya perkembangan bertahap.

Juga sebagai pemahaman terhadap evolusi secara singkat yaitu suatu unit yang berubah dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, unit tersebut terdiri dari individu yang mengadakan perkawinan dan yang keturunan merupakan unit yang reproduktif disebut populasi mendel.

Ciri-cirinya ialah komposisi genetiknya berubah rubah sepanjang masa yang bisa saja meliputi jutaan tahun.Perubahan komposisi genetik yang mengakibatkan perubahan fenotip disebut evolusi.

Baca juga : Pengertian Penelitian Ilmiah

Macam-macam Teori Evolusi

Dalam bahasan evolusi, cukup banyak pendapat daari ilmuan zaman dahulu yang mencoba membuat sebuah teori tentang evolusi. Teori evolusi sudah berusia sekitar 150 tahun, dan juga telah berpengaruh besar pada pandangan hidup yang di anut oleh masyarakat.

Di samping itu, teori ini tidak hanya mentah-mentah di terima, tetapi ada pembaruan, penyempurnaan dan modifikasi serta ada yang diterima ada juga yang tidak.

Berikut ini adalah macam-macam teori evolusi:

Terori Abiogenesis Aristoteles (384-322SM)

Tokoh teori Abiogenesis adalah Aristoteles. Dan dia adalah seorang filosof dan tokoh ilmu pengetahuan Yunani Kuno. Teori ini menyatakan bahwa mahluk hidup yang pertama kali menghuni bumi ini berasal dari benda mati.

Contoh:

  • Ikan dan katak berasal dari lumpur
  • Cacing berasal dari tanah
  • Belatung berasal dari daging yang membusuk

Walaupun telah bertahan selama ratusan tahun, namun tidak semua orang membenarkan paham abiogenesis. Demikian juga orang-orang yang ragu terhadap kebenaran paham abiogenesis tersebut terus mengadakan penelitian memecahkan masalah tentang asal-usul kehidupan.

Teori Penciptaan Khusus

Semua jenis mahluk hidup di bumi muncul bersama-sama pada suatu waktu dan tetap tidak berubah sejak mereka diciptakan oleh tuhan. Kekompleks-an mahluk hidup merupakan bukti kerja sang maha pencipta.

Teori Kastastropisme George Cuvier

Keanekaragaman mahluk hidup dihasilkan oleh nenek moyang yang umum, dan muncul atau punahnya mahluk hidup disebabkan oleh bencana alam.

Teori Jean Baptiste Lamarck

Pada tahun 1890, Lamarck mencoba menjelaskan evolusi dengan teorinya tentang “diwariskannya sifat-sifat yang di peroleh (acquired)”.

Disamping itu, idenya mengenai evolusi dituangkan dalam bukunya yangb berjudul “philosophic zoologique”. Aada 4 hal pokok yang dapat di ambil dari oteori tersebut, yaitu:

  • Lingkungan menyebabkan kebutuhan akan beberapa struktur tertentu pada organisme.
  • Organisme mencoba untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Sebagai respon terhadap usaha tersebut, struktur organisme berubah 9organ yang di gunakan akan berkembang sedangkan yang tidak di gunakan akan menyusut).
  • Perubahan struktur organisme ini di wariskan kepada generasi berikutnya. Sifat-sifat yang diperoleh akan di wariskan kepada keturunannya.

Teori Charles Darwin

Penolakan anggapan Darwin bahwa hidup adalah hasil dari suatu ciptaan mendadak dan tidak terjadi perubahan selama berada di bumi ini. Ia berpendapat bahwa perubahan bentuk adalah suatu yang harus terjadi.

Dan mahluk yang hidup saat ini adalah keturunan dengan mengalami perubahan bertahap dari nenek moyang yang tidak serupa. Penekanan bahwa seleksi alam adalah faktor yang menentukan arah perubahan tersebut, juga faktor penuntun.

Di tambah lagi Gagasan evolusi darwin di ilhami oleh beberapa teori ahli sebelumnya seperti Lamarck. Darwin mengemukakan teorinya dalam buku “On the origin of species by means of natural selection or the preservation of favored races in the struggle for life”, di terbitkan pada tahun 1859.

Dalam bukunya yang berjudul The Origins of Spesies, charles darwin menulis 4 pokok pikiran mengenai evolusi. Dan isi pikiran charles tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bentuk-bentuk tidaklah bersikap tetap tetapi mengalami perubahan secara bertahap dan terus menerus.
  • Spesies-spesies yang ada sekarang merupakan hasil dari evolusi dari spesies yang terdahulu.
  • Suatu spesies yang berkerabat dekat berevolusi dari ketururnan yang sama.
  • Seleksi alam merupakan mekanisme untuk terjadinya evolusi.

Hasil Observasi Charles Darwin

Pendapat Charles Darwin bahwa evolusi dapat terjadi karena seleksi alam. Seleksi alam charles darwin didasarkan pada hasil observasi yang di buatnya yaitu:

  • Lebih baik keturunan yang di hasilkan dari pada benar-benar mampu bertahan hidup.
  • Kemudian dalam suatu spesies tidak ada individu yang identik (sama) karena selalu terjadi variasi dan beberapa individu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan kondisi lingkungan yang ada dibandingkan individu yang lainya.
  • Karena setiap populasi umumnya akan bertambah terus karena bereproduksi.
  • Dan pertambahan populasi di batasi faktor-faktor pembatas yang membuat kenaikan populasi tidak berjalan mulus.
  • Sebagai tambahan, dengan adanya seleksi alam yang membuat setiap individu harus beradaptasi terhadap lingkunganny, dan yang berhasil hidup akan mewariskan sifat-sifat keturunannya.

Demikian penjelasan tentang Pengertian serta Macam – Macam Teori Evolusi. Semoga dapat menginformasi dan tentunya bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *