Pengertian Etika Profesi, Prinsip Serta Kode Etik Lengkap

Posted on

Sebelum kamu mengetahui apa itu pengertian etika profesi, sebaiknya kamu harus mengetahui apa itu pengertian dari etika dan juga pengertian dari profesi. Karena pengertian etika profesi merupakan gabungan dari pengertian dari kata etika dan juga pengertian dari kata profesi.

Kata etika berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti kebiasaan atau adat, watak, akhlak, cara berpikir.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata etika berarti kumpulan asas atau nilai yang berkaitan dengan akhlak atau nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Penjelasan Serta Kode Etika Profesi
Penjelasan Serta Kode Etika Profesi

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian etika adalah adat kebiasaan seseorang yang berkaitan dengan akhlak dan juga kepribadian.

Selain terbentuk dari kata etika, pengertian etika profesi juga dibentuk oleh kata profesi. Profesi berasal dari kata Proffesio yang artinya janji atau ikrar dan pekerjaan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian dari kata profesi adalah suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian ataupun keterampilan dari seseorang untuk melakukan tugasnya.

Pengertian Dari Etika Profesi

Setelah kamu mengetahui pengertian dari etika dan juga pengertian profesi, tentunya kamu dapat menyimpulkan sendiri pengertian dari etika profesi itu sendiri.

Jadi pengertian dari etika profesi adalah suatu konsep etika yang telah disepakati atau ditetapkan pada suatu tatanan profesi ataupun ruang lingkup kerja. Seperti contohnya jurnalistik, medis, scientist, dan lain sebagainya.

Etika profesi ini sangatlah berkaitan erat dengan pekerjaan yang sedang kamu geluti, sehingga diharapkan kamu mampu untuk menjaga profesi tersebut di berbagai kalangan termasuk konsumen.

Dengan kata lain, pengertian dari etika profesi merupakan sebuah aturan yang menjadi landasan seseorang dalam menentukan sikapnya dalam melakukan profesi yang sedang ia lakukan agar terhindar dari penyimpangan – penyimpangan yang ada.

Artikel Terkait : Pengertian Persekusi Dan Penjelasannya

Prinsip Dasar Dalam Etika Profesi

Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar yang harus kamu jadikan dasar dalam melakukan etika profesi :

Tanggung jawab

Seseorang diharuskan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam melakukan setiap pekerjaan yang ia lakukan. Berikut merupakan beberapa prinsip dasar tanggung jawab yang harus kamu terapkan dalam menjalankan etika profesi :

–    Tanggung jawab terhadap pelaksanaan pekerjaan yang sedang kamu lakukan dan juga terhadap hasilnya.

–    Tanggung jawab akan dampak dari profesi yang kamu lakukan terhadap kehidupan banyak orang dan masyarakat.

Prinsip berkeadilan

Maksud dari prinsip ini adalah kita diharapkan mampu untuk adil terhadap semuanya dan memberikan apa yang menjadi hak dari seseorang, tanpa memandang apapun.

Prinsip kompetensi

Prinsip ini bertujuan untuk melaksanakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan apa yang menjadi profesionalnya, ketekunan, dan kompetensi.

Prinsip perilaku profesional

Seseorang diharapkan mampu untuk berperilaku secara konsisten sesuai dengan profesinya.

Prinsip kerahasiaan

Prinsip ini sangat diperlukan, sebab untuk menjaga rahasia dari berbagai macam informasi dari profesi yang sedang kamu geluti.

Pengertian Kode Etika Profesi

Pengertian dari kode etika profesi adalah sebuah kriteria dari prinsip profesional yang sudah digariskan sehingga semua anggota sudah mengetahui kewajibannya masing – masing.

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya, apa fungsi dari kode etika profesi? Dan mengapa kode etika profesi ini sangat penting bagi seseorang? Kembali lagi ke pengertian dan tujuan awal terciptanya etika profesi itu sendiri.

Jadi etika profesi ini bertujuan sebagai norma yang mengatur seseorang dalam bersikap dan berperilaku sehingga bila norma itu telah diorganisir dengan baik, pastinya akan memuaskan seluruh pihak.

Fungsi dari kode etika profesi itu menurut Sumaryono ada 3 alasan, yakni diantaranya :

–     Sebagai sarana untuk mencegah kesalahpahaman dari berbagai konflik yang ada

–     Sebagai sarana untuk kontrol sosial

–     Sebagai sarana untuk mencegah adanya campur tangan dari pihak lain

Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kelemahan dari kode etika profesi itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah idealisme yang ada di dalam kode etika profesi itu faktanya tidak sesuai dengan apa yang terjadi.

Sehingga masih banyaknya ditemukan beberapa penyimpangan yang dilakukan para profesional yang hanya menjadikan kode etika profesi sebagai aturan yang bisa dilanggar semaunya saja.

Kelemahan lainnya dari kode etika profesi, masih kurang tegasnya sanksi yang diterapkan sehingga tidak menghukum para pelaku pelanggar kode etika profesi. Diperlukan adanya kesadaran dari masing – masing individu untuk melaksanakan kode etika profesi tersebut.

Itu dia beberapa informasi terkait dengan pengertian dari etika profesi hingga pembahasan mengenai pengertian dari kode etika profesi disertai dengan kelemahannya.

(Visited 210 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *