Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Enzim, Fungsi Beserta Contohnya Lengkap

2 min read

Macam-Macam Enzim Lengkap

Enzim secara umum dapat diberi pengertian sebagai zat yang membantu mempercepat reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup. Tugas yang mereka kerjakan secara umum adalah mengikat molekul dan mengubahnya dengan cara tertentu. Enzim sendiri berperan penting dalam kegiatan seperti bernafas, mencerna makanan, pergerakan otot dan bahkan fungsi saraf.

Macam-Macam Enzim Lengkap
Macam-Macam Enzim Lengkap Dengan Penjelasannya

Agar lebih jelas, di sini akan dibahas secara ringkas mengenai enzim yang ada dalam tubuh manusia. Enzim sendiri ada yang bisa ditemukan di makhluk hidup lain, tapi hal ini akan lebih complex. Kamu cukup mengetahui enzim dalam manusia saja untuk mendapatkan inti pengertian enzim. Sumber Wikipedia

Apa Sebenarnya Enzim Itu?

Enzim pada dasarnya terbuat dari protein yang dibuat sedemikian rupa hingga memiliki bentuk yang rumit. Pembentuk enzim sendiri adalah organ – organ tubuh. Jika dilihat dari sisi ini, enzim memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding sel. Dari bentuknya ini, banyak pengertian yang membuat enzim berbeda dengan zat yang serupa. Zat yang sama dengan enzim namun memiliki perbedaan tugas contohnya adalah hormon dan antibody.

Enzim tersebar hampir di seluruh tubuh manusia. Sebagaimana pengertian enzim, tugas utama mereka di setiap bagian tubuh adalah menjalankan reaksi kimia untuk menjaga kamu tetap hidup. Reaksi kimia yang ada dalam tubuh sebetulnya tidak normal, contoh sederhananya saja saat bernafas. Kamu harus tahu bahwa pengikatan oksigen bertukar dengan karbon dioksida hanya sekejap dalam tubuh. Tapi jika di udara secara biasa, pertukaran ini hanya ada di Stratosfir di mana melukul oksigen berbecah dan bergabung dengan molekul udara lain.

Enzim biasanya bekerja jika suatu zat datang ke tempat mereka bekerja. Sesuai dengan pengertian yang sudah di jelaskan di atas, enzim nantinya akan mengolah zat tersebut menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh tubuh. Saat hasil dari reaksi kimia selesai, enzim akan menarget zat baru yang belum di proses. Kejadian ini terus berulang selama ada zat yang belum di proses datang ke tempat enzim bekerja.

Agar pengertian jelas, bayangkan saat bernafas tadi. Oksigen diikat ke darah oleh enzim dan enzim juga menarik karbon dioksida untuk di keluarkan dari tubuh. Proses ini akan terus berlangsung selama kamu masih bernafas.

Apa Fungsi Enzim?

Kamu telah tahu pengertian enzim secara umum dari penjelasan di atas, sekarang waktunya melihat enzim secara lebih spesifik. Berikut adalah beberapa contoh peran dan fungsi enzim yang penting bagi tubuh manusia:

  • Enzim pada sistem pencernaan

Enzim yang ada di pencernaan membantu tubuh untuk menghancurkan makanan yang masuk ke perut. Proses penghancuran ini membuat benda – benda besar yang penuh dengan gizi menjadi molekul kecil yang mudah diserap tubuh. Contoh molekul kecil ini adalah glukosa atau gula sederhana. Zat glukosa ini nantinya akan disebar ke tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar.

  • Mereplikasi DNA

Setiap sel dalam tubuh mengandung DNA. Setiap kali sel membelah diri, DNA tersebut akan dikopi agar menghasilkan sel yang identik. Enzim memiliki tugas di sini untuk memproses pemisahan DNA serta mengkopi strukturnya. Hal ini penting agar DNA yang dikopi memiliki informasi yang sama.

  • Enzim pada hati

Enzim pada hati bertugas menetralkan racun yang berhasil masuk di tubuh. Masuknya racun bisa saja dari pencernaan ataupun dari permukaan kulit. Dalam hal ini enzim memisahkan zat berbahaya dan yang berguna untuk tubuh menjadi molekul kecil. Molekul racun ini akan lebih mudah di buang. Pembuangan ini bisa berupa keringat ataupun air kencing.

Contoh – Contoh Enzim dan Namanya

Dari penjelasan tentang pengertian dan fungsi di atas, sekarang waktunya kamu mengenal tentang enzim secara spesifik. Dalam tubuh manusia sebenarnya ada beribu ribu jenis enzim yang berbeda. Namun agar kamu lebih mengetahui tentang pengertian dan tugas masing masing enzim, berikut beberapa contoh dan penjelasan singkatnya:

  • Lipases – Nama kumpulan enzim yang bekerja di perut untuk mencerna lemak
  • Amylase – Merupakan enzim yang bertugas mengubah karbohidrat menjadi gula. Enzim ini bisa di temukan pada saliva.
  • Maltase – Enzim yang satu ini juga dapat ditemukan di saliva. Enzim yang ini bertugas mengubah gula complex menjadi gula glukosa.
  • Trypsin – Enzim yang bertugas menghancurkan protein agar menjadi asam amino. Biasanya Enzim ini ditemukan di usus kecil.
  • Lactase – Merupakan enzim yang bertugas memecah susu menjadi glukosa dan galaktosa.

Kesimpulan

Secara sederhana pengertian enzim mudah dimengerti, tapi secara spesifik enzim memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Tugas utama semua enzim dapat disimpulkan sebagai pendukung tubuh untuk tetap hidup dan menjalankan kegiatan sehari – hari.

Pengertian enzim yang lebih spesifik dapat dipisahkan berdasarkan nama dan tugasnya. Jika kamu tertarik, kamu bisa cari info lebih soal enzim yang ada di daerah pencernaan, saraf, otot dan tempat – tempat lain dalam tubuh.

(Visited 1.505 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *