Pengertian Energi Dalam Fisika Dan Bentuk-Bentuknya

Posted on

Bila orang yang kuat di katakan mempunyai energi karena ia dapat dengan mudah dan ringan menggerakkan mobil yang mogok dan berat. Sebuah air terjun di katakan mempunyai energi karena ia dapat menggerakkan turbin air. Bahkan cahaya di katakan mempunyai energi karena ia dapat memutar baling-baling hitam putih yang terdapat pada suatu radiometer.

Sahabat Idpengertian.com, ternyata energi banyak contohnya ya. Lalu, apakah yang di maksud dengan Pengertian Energi Dalam Fisika? Berikut penjelasannya.

Pengertian Energi Dalam Fisika Dan Bentuk-Bentuknya
Pengertian Energi Dalam Fisika Dan Bentuk-Bentuknya

Energi Dalam Fisika

Pengertian energi dalam fisika adalah suatu kesanggupan untuk dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan. Di dalam satuan energi dalam SI di nyatakan dalam Joule (J). Dan selain dari Joule, satuan lain dari energi adalah Kalori (Kal).

Bentuk-Bentuk Energi

Energi Kimia

Definisi  energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia. Coba kamu perhatikan sebuah senter yang ada di rumahmu atau yang ada di laboratorium sekolah, kemudian nyalakan. Kamu tahu tidak mengapa lampu senter bisa menyala? Sebuah lampu senter bisa menyala karena ada sumber energi yaitu batu baterai. Di dalam batu baterai terdapat energi kimia. Contoh di dalam kehidupan sehari-hari sumber energi kimia antara lain: makanan, bahan bakar minyak, kayu bakar, dan aki.

Energi Kinetik

Pengertian energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Coba kalian perhatin ketika sebuah bola yang di tendang mengenai kaca, maka kaca akan pecah. kalian tahu mengapa demikian? Sebuah bola yang bergerak memiliki energi kinetik sehingga mampu memecahkan kaca. Misalnya saja : mobil yang bergerak, angin yang berhembus, dan baling-baling kipas angin yang bergerak.

Baca Juga : Pengertian Gaya Dalam Fisika

Energi Listrik

Pengertian listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan. Sebuah energi listrik timbul dan perpindahan muatan-muatan listrik. Contohnya : listrik untuk peralatan rumah tangga (magic jar, setrika, kompor listrik), peralatan elektronik, dan lampu penerangan.

Energi Kalor

Suatu energi listrik dapat diubah menjadi energi kalor/panas. Contohnya : pada setrika listrik, kompor listrik, solder listrik, dan alat pengering rambut (hair dryer).

Energi Cahaya

Coba kamu perhatikan ruangan rumahmu pada malam hari, jika tanpa cahaya lampu maka ruangan itu akan gelap. Dan tanpa cahaya kita tidak bisa melihat apapun yang ada di sekitar kita. Mengapa kita bisa melihat? Itu karena ada sumber cahaya atau benda memantulkan cahaya ke mata kita. Di samping itu juga, cahaya di butuhkan juga oleh semua tumbuhan, dan sember energi cahaya antara lain: cahaya Matahari dan cahaya lampu.

Energi Otot

Pengertian energi otot adalah suatu yang di hasilkan oleh otot tubuh kita. Baik itu manusia atau hewan bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan aktivitas karena memiliki energi otot.

Energi Bunyi

Pengertian energi bunyi adalah suatu energi yang di hasilkan oleh getaran suatu benda. Misalnya, bunyi bel listrik, bunyi orang berbicara, dan bunyi alat-alat musik. Sebuah bunyi mempunyai suatu energi, buktinya ialah bunyi halilintar yang dapat memecahkan kaca jendela.

Energi Nuklir

Adanya suatu energi nuklir terjadi karena reaksi fisi atau reaksi fusi dalam atom dan unsur radioaktif seperti uranium. Dan energi nuklir dapat  di manfaatkan untuk sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Energi Potensial

Pengertian energi potensial adalah suatu energi yang di miliki oleh benda karena letak atau kedudukannya. Dan semua benda yang berada di atas permukaan Bumi mempunyai energi potensial karena adanya gravitasi Bumi. Misalnya, buah mangga di pohonnya.

Hukum Kekekalan Energi

Coba kamu perhatikan anak yang sedang bermain ayunan, mengapa dengan sekali dorong anak dapat berayun berulang kali?. Karena anak yang sedang bermain ayunan, energi mekaniknya selalu tetap.

Nah, itu artinya jumlah energi kinetik dan energi potensialnya selalu tetap. Dan bila energi kinetiknya membesar maka energi potensialnya mengecil, begitu juga sebaliknya.

Jika ketika ayunan berada pada simpangan terjauh (posisi A dan C), energi potensial anak maksimum, sedangkan energi kinetik anak sama dengan nol.

Kemudian pada saat berada pada posisi paling bawah (posisi B), energi potensialnya paling kecil, sedangkan energi kinetiknya maksimum.

Bunyi Hukum Kekekalan Energi

Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi hanya dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk energi lain.

Rumus Hukum Kekekalan Energi

Suatu hukum kekekalan energi mekanik menyatakan bahwa besar energi mekanik pada benda yang bergerak selalu tetap. Dan secara matematis di rumuskan sebagai berikut ini yaitu :

Em1 = Em2

Ek1 + Ep1 = Ek2 + Ep2

Keterangan:

Em1, Em2 : energi mekanik awal dan energi mekanik akhir (J).

Ek1, Ek2 : energi kinetik awal dan energi kinetik akhir (J).

Ep1, Ep2 : energi potensial awal dan energi potensial akhir (J).

Sumber Energi Pengganti

Cara untuk menghindari akan habisnya sumber energi, yaitu dengan  mencari sumber energi pengganti. Ada banyak penelitian yang telah di lakukan untuk menemukan sumber energi pengganti tersebut. Dan diantaranya adalah bahan bakar sintetis, energi sampah, energi dari usaha tani, kayu, energi pasang surut air laut, energi matahari, energi angin, dan energi nuklir.

Penghematan Energi

Dengan kita menghemat energi, maka kita dapat menghindari habisnya sumber energi tersebut. Bahan energi seperti minyak,  batu bara, dan gas alam merupakan bahan tambang yang tidak dapat diperbaharui. Dan semakin sering di gunakan maka bahan-bahan tambang tersebut akan semakin cepat habis.

Contoh Penerapan Hukum Kekekalan Energi

Mobil atau Kendaraan Bermotor

Kendaraan mobil atau motor, mempunyai prinsip yang selalu sama. Dan energi kimia yang terdapat dalam bahan bakar diubah menjadi energi kinetik pada mesin mobil. Karena energi kinetik tersebutlah yang menggerakkan mobil. Dan karena besarnya energi kinetik yang menggerakkan mobil lebih kecil dari besarnya energi kimia pada bahan bakar. Suatu bagian area atau sebagian besar energi yang tidak berubah menjadi energi kinetik tersebut, akan tetapi berubah menjadi energi dalam bentuk lain seperti panas, getaran, dan lain-lain.

Di samping itu, sebagian energi kinetik yang terbentuk hilang karena gesekan pada piston mesin atau hilang karena hambatan lain. Jadi, hanya sebagian kecil dari total energi awal pada mobil yang digunakan murni untuk menggerakkan mobil (hanya sekitar 15%). Semua energi-energi yang tidak termanfaatkan tersebut disebut kerugian-kerugian. Akan tetapi, kerugian-kerugian tersebut tidak menghilangkan energi, akan tetapi mengubah energi menjadi bentuk yang tidak dapat dimanfaatkan, dan hal ini tak dapat terelakkan.

Teko Pemanas Air

Di saat kita menggunakan teko pemanas air, kita sebenarnya melihat prinsip kekekalan energi. Karena teko  pemanas air mengubah energi listrik dari kabel menjadi energi panas pada element pemanas. Sebuah elemen pemanas inilah yang kemudian memanaskan air sehingga energi panas berpindah ke air pada teko. Dan terdapat pula beberapa kerugian-kerugian energi yang hilang dalam bentuk panas ke lingkungan, suara, dan lain-lain.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Energi Dalam Fisika yang telah mimin rangkum untuk sahabat Idpengertian semua. Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan informasi untuk kalian semua ya, terima kasih.

(Visited 12 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *