Pengertian Emosi, Ciri-Ciri Dan Jenis-Jenis Emosi

Diposting pada
Loading...

Setiap orang di dunia pasti sudah mengenal dan pernah mengalami istilah emosi. Emosi merupakan istilah yang di gunakan untuk menggambarkan reaksi alamiah yang timbul pada seseorang sebagai dampak terjadinya perubahan tertentu di sekitarnya. Rasa emosi pada manusia dapat berupa emosi positif dan emosi negatif.

Pengertian Emosi

Pada dasarnya, kata emosi berasal dari bahasa latin yaitu kata movere yang artinya bergerak atau pun menggerakkan yang di bubuhi awalan kata ‘e’ yang artinya menjauh. Jika di artikan dari dasar susunan katanya, maka kata emosi dapat diartikan sebagai sebuah gejala pergerakan menjauh.

Pengertian Emosi
Pengertian Emosi

Pengertian Emosi ialah suatu perasaan atau gejolak jiwa yang muncul di dalam diri seseorang sebagai akibat dari adanya rangsangan baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar.

Banyak yang mengartikan kata emosi sebagai bentuk amarah, tetapi sebenarnya kata emosi mewakili berbagai bentuk perasaan manusia.

Ciri-Ciri Emosi

Syamsu Yusuf mengatakan, ciri-ciri emosi pada manusia ada tiga. Adapun ciri-ciri emosi ialah sebagai berikut:

  • Subjektif, emosi lebih cenderung bersifat subjektif daripada peristiwa psikologi lainnya, contohnya berpikir.
  • Fluktuatif, emosi bisa berubah-ubah dalam waktu tertentu.
  • Berhubungan dengan panca indera, emosi dapat timbul ketika manusia melihat sesuatu yang terjadi di depan matanya.

Menurut Nana Syaodih Sukmadinata, ciri-ciri emosi ada empat, yaitu:

  • Perubahan fisik manusia, emosi menimbulkan fisik seseorang mengalami perubahan. Contohnya, ketika seseorang merasa ketakutan makan ia akan terlihat pucat.
  • Emosi di ungkapkan dengan perilaku, sebagai contoh ialah ketika seseorang sedang marah maka perilakunya cenderung meledak-ledak.
  • Terjadi karena pengalaman yang sifatnya pribadi, contohnya seseorang yang merasa takut terhadap suatu benda karena pernah mengalami pengalaman buruk dengan benda tersebut.
  • Emosi sebagai motif, seseorang bisa berbuat sesuatu karena dipicu oleh emosinya. Contohnya, seseorang melakukan tindakan kekerasan karena marah atau benci.

Baca Juga : Pengertian Halusinasi

Jenis-Jenis Emosi Pada Manusia

Seperti yang telah di sebutkan di atas, kata Emosi menggambarkan semua perasaan manusia. Berikut ini beberapa jenis emosi pada manusia:

Perasaan Cinta

Rasa cinta ialah emosi di dalam diri manusia di mana seseorang mempunyai perasaan terikat dengan orang lain, benda, ataupun hal lainnya. Contohnya persahabatan, kepercayaan, rasa dekat, kemesraan, hormat.

Perasaan Marah

Rasa marah yaitu kebalikan dari rasa cinta, yaitu emosi di dalam diri manusia yang memutuskan perasaan seseorang terhadap orang lain. Rasa benci merupakan emosi negatif sehingga bisa menurunkan motivasi seseorang terhadap berbagai kegiatan.

Contohnya benci, kesal, mengamuk, beringas, jengkel.

Perasaan Sedih

Rasa sedih adalah suatu emosi manusia yang di tandai dengan perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidak berdayaan. Contohnya putus asa, melankolis, mengasihani diri sendiri, muram.

Perasaan Malu

Rasa malu adalah emosi dalam diri manusia akibat sebuah tindakan yang di lakukannya sebelumnya, dan kemudian ingin di tutupinya.

Perasaan Benci

Rasa benci ialah suatu keadaan emosi manusia yang menggambarkan ketidak sukaan, permusuhan, dan antipati. Rasa benci juga bisa terjadi karena sakit hati, ada ketidak sesuaian dengan perasaan, sehingga timbul rasa untuk menghindar, menjauhi, atau bahkan melenyapkan hal-hal yang di benci tersebut.

Perasaan Takut

Rasa takut ialah emosi dalam diri manusia yang muncul pada saat situasi genting yang di hadapi seseorang. Contohnya cemas, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri.

Perasaan Cemburu

Rasa cemburu ialah emosi di dalam diri manusia yang merujuk pada pikiran negatif dan perasaan terancam, takut, dan khawatir kehilangan sesuatu yang di anggap berharga dalam hubungan antar manusia.

Perasaan Dengki

Rasa dengki ialah emosi negatif di dalam diri seseorang di mana orang tersebut merasa kurang senang melihat orang lain beruntung. Makna dengki di dalamnya bercampur dengan iri hati, cemburu, benci, tidak suka, dan sirik terhadap orang lain.

Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa emosi adalah perasaan di dalam diri seseorang yang mendorong orang tersebut untuk merespon perubahan, baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian emosi, ciri-ciri serta jenis-jenis emosi yang ada dalam diri manusia pada umumnya. Semoga bermanfaat.

(Visited 1.473 times, 6 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *