Pengertian Ekosistem, Komponen dan Macam-Macam Ekosistem

Posted on

Pengertian ekosistem – Sobat tentunya sudah tahu dong apa itu ekosistem? Setiap makhluk hidup yang ada di dunia pasti melakukan suatu interaksi timbal balik antar sesama makhluk hidup di muka bumi ini. Bahkan dengan adanya ekosistem dapat menyeimbangkan daya mempertahankan hidup setiap makhluk.

Pengertian Ekosistem

Pengertian ekosistem ialah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena hubungan timbal balik yang tidak dapat terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem juga dapat di bilang sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh serta menyeluruh antara unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Pengertian Ekosistem, Komponen dan Macam-Macam Ekosistem

Ekosistem juga merupakan penggabungan dari unit biosistem yang melibatkan hubungan interaksi timbal balik antara organisme serta lingkungan fisik. Sehingga aliran energi menuju struktur biotik tertentu hingga terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme.  Dan matahari adalah sumber dari semua energi yang ada dalam ekosistem.

Komponen Ekosistem

Apa saja komponen pembentuk ekosistem? Komponen pembentuk ekosistem adalah sebagai berikut :

Abiotik

Komponen abiotik atau komponen tak hidup ialah komponen fisik dan kimia yang substrat atau di mana kelangsungan hidup, atau lingkungan di mana untuk hidup. Sebagian besar abiotik bervariasi dalam ruang dan waktu.

Komponen abiotik juga dapat berupa bahan organik, senyawa anorganik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi organisme.  Faktor –faktor yang mempengaruhi yaitu, suhu, air,garam, sinar matahari, tanah dan batu, dan  iklim.

Biotik

Komponen biotik adalah suatu komponen yang tersusun dari sejumlah makhluk hidup maupun organisme. Di mana, organisme ini beragam mulai ukuran kecil sampai besar. Dan komponen biotik terdiri dari beberapa macam berikut ini :

Produsen

Yaitu makhluk hidup atau organisme yang dapat memproduksi makanan sendiri melalui fotosintesis, dan yang termasuk dalam kelompok ini adalah tumbuhan hijau, maupun tumbuhan – tumbuhan lainnya yang memiliki klorofil.

Konsumen

Merupakan suatu organisme yang tidak dapat menghasilkan suatu zat sendiri namun bisa mengggunakan zat makanan yang diciptakan oleh organisme lain.

Pengurai

Yaitu organisme yang berperan menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati maupun sisa pencernaan.

Detivritor

yaitu makhluk hidup yang menghancurkan bahan organik dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati.

Baca Juga : Pengertian Ekosistem Dan Contohnya

Macam-Macam Ekosistem

Pada umumnya ekosistem di bagi menjadi tiga macam yaitu, ekosistem darat, ekosistem air, dan ekosistem buatan.

Akuatik (air)

  1. Ekosistem air tawar

Sifat  ekosistem air tawar adalah, variasi suhu yang tidak mencolok, kurang penetrasi cahaya, dan dipengaruhi oleh iklim dan cuaca. Mayoritas tanaman yang hidup pada air tawar adalah jenis ganggang, sedangkan tanaman biji lainnya.

  1. Ekosistem laut

Habitat laut ditandai dengan kadar garam yang tinggi dengan ion cipher mencapai 55%, terutama di laut tropis, karena suhu tinggi dan penguapan besar. Dan pada daerah tropis, suhu laut sekitar 25 ° C.

  1. Ekosistem estuari

Estuari (muara) adalah sungai bergabung laut. Muara biasanya sering ditutupi oleh lempengan besar intertidal lumpur atau garam rawa-rawa. Ekosistem muara memiliki produktivitas yang sangat tinggi dan kaya nutrisi.

  1. Ekosistem pantai

Dinamakan ekosistem pantai karena yang paling banyak tumbuh di pasir tanaman gundukan yang Ipomoea pes caprae berdebar gelombang dan tahan angin. Tumbuhan yang biasanya hidup di ekosistem ini menyebar tebal dan subur.

  1. Ekosistem sungai

Ekosistem sungai adalah badan air yang mengalir dalam satu arah. Dan sungai airnya dingin dan jelas dan mengandung kurang sedimen dan makanan. Aliran air dan gelombang secara konstan dapat memberikan oksigen ke dalam air.

  1. Ekosistem terumbu karang

Ekosistem ini terdiri dari karang di dekat pantai. Dan ekosistem terumbu karang efisiensi yang sangat tinggi. Hewan-hewan yang biasanya hidup di organisme mikroskopis karang memakan dan sampah organik lainnya.

  1. Ekosistem laut dalam

Lebih dari 6.000 meter biasanya ada lele laut dan ikan laut yang dapat memancarkan cahaya. Sebagai produsen simbiosis karang dengan bakteri tertentu.

  1. Ekosistem lamun

Lamun atau seagrass adalah satu‑satunya kelompok tumbuhan berbunga yang hidup di lingkungan laut. Tumbuhan ini hidup di habitat perairan pantai yang sangat dangkal.

Ekosistem Darat (Terestrial)

Sebuah ekosistem sangat tergantung sama temperatur dan curah hujan pada wilayah tersebut. Akibatnya suatu iklim yang menjadi patokannya dan dapat mengontrol ekosistem darat ini.

Iklim sangat penting sekali dalam menentukan keadaan ekosistem terestrial yang terdapat pada suatu tempat. Adapun pola ekosistem darat ini dapat berubah dengan adanya beberapa gangguan seperti kebakaran, adanya petir, maupun ulah tangan manusia.

Contoh ekosistem darat

Ekosistem darat ialah suatu ekosistem yang berada pada suatu daratan dan hidup didalamnya.

  1. Padang rumput

Merupakan suatu daerah yang terbentang antara daerah tropis menuju daerah subtropis. Ciri-ciri padang rumput ialah mempunyai curah hujan antara 25-30 cm saja pertahun. Hujan yang turun tidak teratur waktunya, mempunyai  peresapan air yang tinggi serta aliran air yang deras.

Makhluk hidup yang menempati padang rumput ialah rumput, singa, zebra, gajah, jerapah, dan lain-lain.

  1. Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis terletak pada wilayah yang mempunyai suhu tropis maupun subtropis. Ciri-cirinya  adalah spesies pepohonan relatif sangat banyak. Mempunyai tinggi pohon yang panjang.

Dan di dalam hutan hujan tropis biasanya terdapat banyak sekali tumbuhan yang unik seperti anggrek, rotan.  Dan juga banyak hewan yang biasa hidup di dalamnya seperti kera, burung, harimau dan lain-lain.

  1. Sabana

Merupakan suatu wilayah yang mempunyai curah hujan 40-60 inci saja dalam satu tahun. Akan tetapi suhu pada daerah tersebut masih tergantung dengan musim.

Dan hewan yang hidup di sabana ialah mamalia dan serangga.

  1. Tundra

ialah sebuah wilayah yang terletak pada belahan bumi utara yaitu kutub utara dan berada pada puncak gunung yang sangat tinggi. Tumbuhan yang hidup di tundra biasanya tumbuhan yang mampu beradaptasi pada suhu dingin seperti alang-alang, tumbuhan perdu dan lain-lain.

  1. Taiga

Adalah wilayah yang terletak pada belahan bumi utara yang mempunyai suhu dingin yang rendah. Pada  umumnya bentuk taiga adalah sebuah hutan yang di dalamnya banyak terdapat tumbuhan pinus dan sejenisnya.

Hewan yang hidup di taiga adalah beruang hitam, burung imigrasi dan lain-lain.

Ekosistem Buatan

Yaitu sebuah ekosistem yang di ciptakan oleh manusia dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ekosistem buatan sangat di pengaruhi oleh peran dari organisme luar. Seperti manusia hewan dan tumbuhan yang hidup didalamnya.

Demikianlah pengertian ekosistem, komponen dan macam-macam ekosistem yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat buat kamu.

(Visited 298 times, 2 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *