Pengertian Ekonomi, Prinsip Dan Tujuannya

Posted on

Assalamualaikum sobat Idpengrtian.com yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Ekonomi. Nah, tahukan kamu apa itu Pengertian Ekonomi? Ya, Pengertian Ekonomi adalah segala upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya guna mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Pengertian Ekonomi Terlengkap
Pengertian Ekonomi Terlengkap

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Alfred Marshall

Menurutnya ekonomi adalah suatu cabang keilmuan yang berfungsi untuk mempelajari segala kehidupan manusia sehari-hari yang berhubungan dengan bidang tersebut.

Laurence A. Manullang

Ekonomi merupakan tudi yang membahas segala aktivitas yang dilakukan masyarakat sebagai usaha untuk mencapai kemakmuran. Dan kemakmuran inilah yang merupakan tujuan dari kegiatan ekonomi dengan cara pemenuhan kebutuhan dalam bentu barang maupun jasa.

Khursid Ahmad

Menurutnya ekonomi adalah sebuah usaha nyata yang memahami permasalahan di bidang perekonomian dan semua perilaku manusia dalam masalah tersebut berdasarkan pandangan islam. Dengan cara ini masalah-masalah tersebut menjadi lebih tersistematis.

Von Neumann dan Mogenstern

Ekonomi merupakan cabang ilmu yang wajib diperlakukan atau digunakan secara ilmiah. Dan ekonomi telah banyak dibahas dan diselidiki oleh para ahli terutama tentang solusi-solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi yang terjadi pada suatu masa yang berhubungan dengan ekonomi itu sendiri.

Aristoteles

Menurutnya ekonomi adalah sebuah cabang yang dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda yaitu dengan dipakai atau ditukar. Maka dari itu, ekonomi mempunyai dua nilai utama yaitu nilai penggunaan dan nilai pertukaran.

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional

Paul Anthony Samuelkon

Menurutnya ekonomi adalah suatu metode yang digunakan oleh seseorang maupun kelompok untuk memanfaatkan sumber agar memperoleh berbagai komoditi dan produk sehingga dapat dinikmati masyarakat.

Hermawan Kartajaya

Ekonomi erat kaitannya dengan industri. Dan ekonomi inilah yang merupakan tempat melekatnya sektor industri sehingga industri berkembang dan tersebar di dunia.

Adam Smith

Menurutnya bahwa ekonomi adalah suatu kegiatan berupa penyelidikan dan penelitian tentang kondisi, sebab, maupun asal muasal kekayaan suatu negara.

Abraham Maslow

Pendapatnya bahwa ekonomi merupakan suatu bidang ilmu yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah di kehidupan manusia dengan cara meningkatkan sumber-sumber ekonomi berdasarkan teori dan prinsip ekonomi secara efektif dan efisien.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

Pengertian Ekonomi Keuangan

Ekonomi keuangan adalah suatu kegiatan yang terdiri dari perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencaharian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Prinsip-Prinsip Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi terdapat beberapa prinsip yang mendasarinya. Dan mengacu pada pengertian ekonomi di atas, berikut ini adalah prinsip-prinsip ekonomi tersebut:

Produksi

Suatu prinsip produksi dalam ekonomi adalah perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa. Guna mendirikan tempat usaha dekat dengan bahan baku, tenaga kerja atau daerah pemasaran . Contoh penerapan dari prinsip produksi :

  • Menggunakan tenaga kerja yang terampil .
  • Bahan baku yang di gunakan berkualitas terbaik, namun dengan harga paling murah .
  • Pada sumber daya misalnya modal, tenaga kerja, dan waktu di atur seefisien mungkin.
  • Mesin yang di pakai modern dengan produktivitas yang tinggi namun dengan biaya yang rendah.
  • Menentukan harga jual yang menguntungkan .
  • Tentukan barang dan jasa yang akan di hasilkan.

Distribusi

Suatu nprinsip distribusi dalam ekonomi adalah kegiatan penyaluran/ distribusi suatu produk kepada para konsumen. Dan kegiatan distribusi ini harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik agar produk yang disalurkan tiba di lokasi penjualan tepat waktu. Contoh penerapan prinsip :

  • Meningkatkan kualitas pelayanan.
  • Penyaluran barang yang tepat waktu .
  • sarana distribusi yang di gunakan dengan harga murah.
  • Membeli barang dari produsen secara langsung .
  • Telah menyediakan barang dan jasa yang populer bagi konsumen .
  • Membeli barang di produsen yang tepat .
  • Telah menentukan lokasi perusahaan yang berada diantara produsen dan konsumen.

Konsumsi

Dan prinsip konsumsi dalam ekonomi adalah segala aktivitas penggunaan suatu produk yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Contoh penerapanya :

  • Membeli barang yang berkualiatas.
  • Membeli barang dengan harga terjangkau atau murah.
  • Membuat daftar barang yang dibutuhkan.
  • Memilih barang sebelum membelinya.
  • Mengadakan tawar menawar sebelum membeli barang.
  • Mampu mengendalikan pengeluaran dengan memperhatikan pendapatan.

Demikianlah artikel singkat mengenai Pengertian Ekonomi  dari saya. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat memberikan informasi dan juga manfaat untuk sobat yang membacanya, aamiin.

(Visited 73 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *