Pengertian Education Menurut Para Ahli Serta Manfaatnya

Posted on
Pengertian Education Menurut Para Ahli Lengkap
Pengertian Education Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Dan Definisi Education Menurut Para Ahli Serta Manfaatnya – Sahabat Idpengertian.com tahukan kalian apa yang dimaksud dengan education? Education adalah Pendidikan, Pendidikan dalam arti luas adalah cara di mana tujuan dan kebiasaan sekelompok orang hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Semua orang pasti menginginkan generasi yang baik di masa depan, maka dari itu mereka mempunyai prinsip bahwa untuk mendapatkan generasi yang baik mereka harus mempunyai pendidikan yang baik pula. Dan generasi yang tidak perpendidikan hanya akan merusak suatu kelompok atau suatu negara sekalipun. Maka dari itu sobat, kita sebagai generasi penerus bangsa, haruslah rajin belajar harus mempunyai pendidikan tinggi untuk memajukan negara kita negara Indonesia tercinta ini.

Education juga memiliki berbagai pengertian menurut para ahli dan juga memiliki fungsi dan manfaat. Salah satu fungsinya adalah untuk mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.  Tentu selain itu ada banyak fungsi yang kita dapat dari pendidikan, karena dengan pendidikan manusia dapat naik derajat. Dan bukan hanya naik derajat saja sobat, dengan pendidikan yang tinggi manusia akan mampu menyejahterakan dirinya sendiri bahkan bangsa dan negaranya. Wah, pasti keren ya kalau kita mempunyai pendidikan yang tinggi terus dapat berpengaruh dalam kesejahteraan negara. Mimin punya tips nih sobat supaya kalian dapat banyak pembelajaran atau pendidikan, yaitu dengan cara galilah ilmu sebanyak-banyak nya untuk bekalmu di masa yang akan datang. Dan rajin-rajin lah membaca blog Idpengertian tentunya wkwkwk.

Definisi Education Dan Penjelasannya

Pengertian Education atau Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Dan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian Education Menurut Para Ahli

Seperti yang telah di jelaskan di atas, education atau pendidikan juga di jelaskan definisinya menurut para ahli. Banyak sekali pendapat yang di kemukakan oleh para ahli. Dan berikut ini adalah pengertian education atau pendidikan menurut para ahli yaitu :

Plato (Filsuf Yunani, 429 SM – 346 SM)

Menurut plato, pendidikan adalah segala sesuatu yang membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesempurnaan.

Abdullah Ibnu al-Muqaffa (Filsuf Persia,–756)

Menurutnya, pendidikan Pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan dan mencapai peradaban yang tinggi (kesempurnaan) yang merupakan santapan akal dan rohani.

Baca Juga : Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Jean-Jacques Rousseau (Filsuf Perancis, 1712 – 1778)

Berpendapat bahwa pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.

John Stuart Mill (Filsuf Inggris, 1806-1873)

Yaitu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan untuk orang lain oleh dia, dengan tujuan mendekatakan dia kepada tingkat kesempurnaan.

John Dewey (Filsuf Amerika Serikat, 1859-1952)

Menurutnya, pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental baik menyangkut daya pikir atau daya intelektual maupun daya emosional atau perasaan ke arah alam dan sesama manusia. Kemudian pendidikan merupakan proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan sosial. Semua proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

Mary McLeod Bethune (Pakar Pendidikan, 1871 – 1955)

Ia mengartikan bahwa di dalam pengertian yang sempit pendidikan berarti perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan.

Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, 1889-1959)

Pengertian pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, maksudnya pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Dan pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan bathin), pikiran (intelektual) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Edgar Dale (Pakar Pendidikan, 1900 – 1985)

Pakar pendidikan ini mengartikan bahwa pendidikan merupakan usaha secara sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah. Dan di sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar bisa mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Martinus Jan Langeveld (Pakar Pendidikan, 1905 – 1989)

Sebuah kata pendidikan merujuk kepada berbagai usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan orang dewasa kepada anak-anak agar menuju proses pendewasaan atau lebih tepatnya membantu anak-anak agar lebih cakap dalam melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Dan pendidikan tersebut merupakan suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk mengubah tabiat (behavior) manusia. Dan behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang. Kemudian pendidikan merupakan setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak di lapangan atau dalam kedaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.

Paulo Freire (Pakar Pendidikan, 1921 – 1997)

Menurutnya, pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praktik mengubah keadaan itu. Dan tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.

Carter V. Good (Pakar Pendidikan)

Berpendapat bahwa pendidikan adalah Seni, praktik atau profesi mengajar, ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid.

Jeff Thompson (Pakar Pendidikan, 2010)

Mengemukakan bahwa pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap seorang individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan tetap dalam kebiasaan berperilaku, berfikir, dan sifatnya.

Redja Mudyahardjo (2001)

Di dalam bukunya, Pengantar Pendidikan yaitu sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan Indonesia. Dan dikemukakan bahwa pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup, serta pendidikan dapat diartikan sebagai pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal.

Manfaat dan Fungsi Pendidikan (Education) Untuk Kehidupan

Dalam lembaga pendidikan menurut Horton dan Hunt yang berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes) berikut:

  • Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  • Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  • Menjamin integrasi sosial.
  • Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  • Sumber inovasi sosial.

Terdapat empat macam manfaat pendidikan menurut David Popenoe yakni sebagai berikut :

  • Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
  • Untuk mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
  • Melestarikan kebudayaan.
  • Berguna untuk menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.

Demikianlah pengertian education atau pendidikan untuk sahabat semua. Semoga dapat menginformasi dan juga menambah referensi bagi sahabat semua ya. Saya selaku admin Idpengertian mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kunjungannya,  see you.

“Pengertian Education Menurut Para Ahli Serta Manfaatnya”

(Visited 24 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *