Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Dan Pakar Lengkap

Diposting pada
Loading...

Sejarah Lahirnya Demokrasi di perkenalkan sejak abad ke-5 sebelum masehi di athena, Yunani. Demokrasi berasal dari kata Demos artinya rakyat, dan kratos atau cratein yang artinya pemerintahan. Jadi, pengertian demokrasi adalah sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Pengertian Demokrasi Lengkap
Pengertian Demokrasi Lengkap

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi menurut para ahli memiliki pengertian yang luas, dan arti yang berbeda-beda tergantung oleh para ahli yang memberi pengertian demokrasi yang di lihat dari berbagai sumber ilmu pengetahuan yang telah dirangkum.

Berikut ini adalah pengertian dari demokrasi yang di kemukakan oleh para ahli.

Baca Juga : Pengertian Persekusi Lengkap

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI)

Dalam KBBI, Demokrasi memiliki 2 arti yaitu:

  • Demokrasi merupakan suatu bentuk atau sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya ikut serta dalam memerintah, yaitu melalui perantara wakit terpilih mereka.
  • Demokrasi merupakan suatu gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negaranya.
  1. Menurut Hans Kelsen

Demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. dalam hal ini, wakil-wakil rakyat yang terpilih merupakan pelaksaan kekuasaan negara, dimana rakyat telah memiliki keyakinan bahwa segala kehendak serta kepentingan mereka akan selalu diperhatikan dalam pelaksanaan pemerintahan tersebut.

  1. Menurut Charles Costello

Demokrasi adalah sistem sosial  politik pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum serta kebiasaan dalam melindungi hak-hak individu warga negara.

Dalam demokrasi, terdapat pengakuan terhadap kehendak rakyat yang dijadikan sebagai landasan dalam legimitasi serta kewenangan pemerintahan (kedaulatan rakyat). Kehendak tersebut nantinya akan dituangkan dalam suatu iklim politik terbuka, yaitu dngan melaksanakan  pemilihan umum yang di adakan secara bebas dan berkala. Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih pihak yang akan memerintah serta juga dapat menurunkan pemerintahan yang sedang berjalan kapanpun mereka mau.

  1. Abraham Licoln

Dalam pidato Gettyburgnya, presiden Amerika Serikat yanf ke-16 Abraham Licoln menyatakan Bahwa demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat , oleh rakyat dan untuk rakyat.  Maka dapat disimpulkan bahwa rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam suatu pemerintahan, dimana masing-masing dari mereka memiliki hak dalam memperoleh kesempatan serta hak dalam bersuara yang sama dalam upaya mengatur kebijakan pemerintahan. Dalam sistem ini, keputusan diambil berdasarkan hasil suara terbanyak.

  1. Menurut hannry B.Mayo

Dalam demokrasi suatu kebijaksanaan uum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang secara efektif diawasi oleh rakyat melalui berbagai macam pemilihan yang dilakukan berdasarkan pada prinsip kesamaan politik serta diselenggarakan dalam suasana dimana kebebasan poliyik terjadi.

  1. Menurut Jhon L Esposito

Demokrasi yaitu bentuk pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat.  Oleh karenanya, rakyat memiliki hak untuk ikut berpartisipasi, baik berperan aktif maupun pada saat melakukan pengontrolan terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. selain itu, dalam lembaga resmi pemerintahan terdapat pemisahan berbagai macam unsur seperti unsur eksekutif, legislatif, maupun unsur yudikatif.

  1. Menurut Meriam, Webster Dictionary

Demokrasi dapat di definisikan sebagai:

  • Suatu pemerintahan oleh rakya, terutama kedaulatan mayoritas
  • Suatu pemerintahan dimana kekuasaan yang tertinggi dipegang oleh rakyat, yang secara langsung maupun tidak langsung pelaksanaanya dilakukan oleh mereka melalui sistem perwakilan yang di lakukan dengan cara mengadakan pemilihan umum secara berkala.
  1. Menurut Yusuf Al Qordhawi

Masyarakat dapat menunjuk seseorang untuk mengurus dan mengatur segala urusan mereka melalui suatu wadah yang dinamakan demokrasi. Maka, ada beberapa hal yang harus mereka perhatikan seperti:

  • Pemimpin bukanlah orang yang dibenci oleh masyarakat.
  • Peraturan-peraturan yang berlaku bukanlah merupakan peraturan yang tidak mereka kehendaki.
  • Masyarakat berhak untuk meminta pertanggung jawaban kepada pemimpin atau wakil yang mereka pilih apabila bersalah.
  • Masyarakat juga memiliki hak untuk menurunkan para pemimpin atau wakil terpilih apabila terbukti melakukan penyelewengan.
  • Masyarakat tidak boleh dibawa dalam suatu sistem pemerintahan yang tidak mereka kenal dan mereka sukai, baik itu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, serta politik.
  1. Menurut Amien Rais

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar suatu negara disebut sebagai negara demokrasi. Kriteria tersebut antara lain:

  • Keikutsertaan dalam pembvuatan keputusan
  • Memiliki kesamaan di hadapan hukum
  • Pendistribusian pendapat yang dilakukan secara adil
  • Memiliki kesempatanyang sama dalam memperoleh pendidikan
  • Ketersediaan serta keterbukaan informasi
  • Memperhatikan atau mengindahkan fatsoen atau tatakrama politik
  • Kebebasan perorangan atau individu
  • Semangat untuk bekerjasama
  • Adanya hak untuk melakukan protes.

Terdapat 4 macam kebebasan yakni:

  • Kebebasan dalam berpendapat
  • Kebebasan dalam persurat kabaran
  • Kebebasan dalam berkumpul atau berorganisasi
  • Kebebasan dalam beragama.

Jadi, itulah pengertian demokrasi menurut para ahli, banyak sekali bukan?. Karena setiap orang kan mempunyai pendapatnya masing-masing. Semoga infomasi ini dapat meningkatkan wawasan anda mengenai pengertian demokrasi.

(Visited 530 times, 5 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *