Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian Serta Contohnya

Posted on

Hay sahabat Idpengertian.com semua, kali ini saya akan mengulas materi tentang Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian Serta Contohnya. Yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian Serta Contohnya
Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian Serta Contohnya

Pengertian Definisi Umum

Adalah merupakan suatu pernyataan atau definisi umum yang berisi tentang objek yang akan di kaji, dan menjelaskan secara garis besar pemahaman tentang hal tersebut, yang dapat berupa nama latin, asal usul, kelas, dan informasi tambahan tentang hal yang di laporkan.

Ciri Definisi Umum

  • Memakai atau menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu
  • Menggunakan kata adalah dan merupakan
  • Memakai kata yang sebagai pembeda pada kalimat definisi

Contoh Definisi Umum

Nama Cocos nucifera atau umum disebut pohon kelapa (pohon nyiur), merupakan suatu tanaman tunggal dalam keluarga cocos yang berasal dari klasifikasi arecaceae. Terlebih pohon ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 31 meter dengan diameter batang yang tidak menentu. Dan kelapa merupakan nama untuk buah yang dihasilakn dari pohon ini. Tanaman ini di sebut sebagai tumbuhan seribu manfaat karena banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di samping itu, yang menjadi nilai lebih dari tumbuhan ini adalah tunasnya yang dijadikan sebagai lambang pramuka Indonesia. Tanaman ini di prediksi berasal dari asia dan pesisir samudera hindia.

Baca Juga : Pengertian Definisi

Pengertian Deskripsi Manfaat

Adalah suatu bagian yang menunjukkan bahwa setiap objek yang di amati memiliki manfaat atau fungsi dalam kehidupan.

Contoh Deskripsi Manfaat

Pohon kelapa di sebut sebagai tumbuhan seribu manfaat bukan tanpa alasan. Ini semua di sebabkan karena memang seluruh bagian tumbuhan ini dapat di manfaatkan mulai dari batang hingga pelepahnya sekalipun. Dan buah kelapa sendiri di teliti dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti luka bernanah, kolera, disentri, TBC hingga waasir. Di samping itu air serta daging buah kelapa juga bagus untuk pencernaan sehingga dapat di manfaatkan untuk mengobati keracunan. Kemudian batang pohonnya dapat di gunakan sebagai bahan bangunan, juga pelepahnya dapat di manfaatkan untuk membuat janur, kulit ketupat, maupun di bakar ketika kering, lidinya pun juga dapat di manfaatkan untuk membuat sapu.

Pengertian Deskripsi Bagian

Adalah suatu bagian yang menjelaskan detail atau keseluruhan mengenai objek atau bagian-bagiannya atau perincian bagian- bagian hal yang di laporkan.

Ciri Deskripsi Bagian

  • Mencantumkan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci).
  • Memakai istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektit.
  • Mengenakan kata sambung : yaitu, dan, selain itu, di samping itu,dari segi, rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan lain-lain.

Contoh Deskripsi Bagian

Tanaman ini tersusun atas buah (kelapa), batang, akar dan pelepah. Dan buah dari tumbuhan ini (kelapa) sendiri terdiri dari daging buah, kulit daging, tempurung buah, sabut, hingga kulir luar kelapa, selain itu kelapa juga mengandung air di tengah buahnya. Tumbuhan ini dapat dengan mudah kita temukan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Demikianlah Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian Serta Contohnya. Semoga dapat menambah informasi dan menambah referensi buat kalian semua, terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

(Visited 26 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *